Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)
link:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)

 
 Tanaman Kesum yaitu tanaman menjalar yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)
Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)



Deskripsi Tanaman Kesum

Tanaman Kesum yaitu tanaman menjalar yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman kesum biasanya tumbuh di pekarangan rumah, ladang, dihutan, dan tempat lainnya. Nama ilmiah tanaman kesum yaitu Persicaria Odorata. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman kesum mempunyai nama lain yaitu Vietnamese mint, Asian Mint, Vietnamese cilantro, Cambodian mint, hot mint, laksa leaf, dan praew leaf. Menurut sejarah asal permintaan tanaman kesum ini berasal dari tempat Asia Tenggara. Ciri-ciri tanaman kesum ialah mempunyai daun yang lancip berwarna hijau dan ukurannya agak kecil. Fungsi dan kegunaan tanaman kesum berdasarkan sebagian masyarakat dipakai sebagai bumbu kuliner dan salad. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman kesum ini juga mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kesum

Indonesia : Kesum

Klasifikasi Tanaman Kesum


Kingdom: Plantae
Clade : Angiosperms
Clade : Eudicots
Order : Caryophyllales
Family : Polygonaceae
Genus : Persicaria

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kesum

Tanaman kesum ialah salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Polygonaceae). Tanaman kesum umumnya dikenal sebagai ketumbar Vietnam atau mint Vietnam, yaitu herba tender awet dari keluarga knotweed yang biasanya tumbuh setinggi 6-18 ”.  Daun kesum dipakai secara luas dalam kuliner Vietnam untuk membumbui sup, semur, dan salad. Daun tanaman kesum mempunyai aroma ibarat ketumbar dan rasa pedas, pedas, pedas. Batang tanaman kesum berwarna hijau kemerahan dibalut dengan daun hijau bundar besar-bulat-bulat-bulat panjang (panjang 2-4 ”) yang ditandai dengan gejala warna cokelat. Bagian bawah daun diwarnai dengan merah anggur-merah. Membajak bunga putih (masing-masing sampai 1 1/4 "panjang) mekar di simpulan demam isu panas, tetapi mekar jarang terjadi di iklim dingin. Budidaya tanaman kesum memakai biji dan diperbanyak dengan stek batang dengan 4 - 6 ruas (panjang 8 - 10 cm) yang diambil dari pecahan atas batang dewasa. Habitat tanaman kesum berada pada  tempat beriklim tropis sampai hangat. Membutuhkan tanah yang lembab, berhasil dalam air dangkal. Tanah subur dengan kelembaban tanah yang memadai sangat penting untuk produksi optimal. Tanaman kesum tumbuh paling baik di bawah naungan parsial, tetapi sinar matahari penuh ditoleransi kalau tersedia cukup kelembaban .

Bagian Tanaman Kesum Yang Digunakan

Daun, Akar

Kandungan Tanaman Kesum

Tanaman kesum minyaknya mengandung aldehid ibarat decanal (28%), dan alkohol dodecanol (44%) dan decanol (11%). Sesquiterpen ibarat α-humulene dan β-caryophyllene terdiri sekitar 15% dari minyaknya.

Homoisoflavanones C-Metilasi (3- (4'-metoksi-benzil) -5,7-dihidroksi-6-metil-8-metoksi-kroman-4-one, 3- (4'-metoksi-benzyl) -5,7 -dihydroxy-6,8-dimethyl-chroman-4-one, 3- (4'-hydroxy-benzyl) -5,7-dihydroxy-6,8-dimethyl-chroman-4-one, 3- (4'- hydroxy-benzyl) -5,7-dihydroxy-6-methyl-8-methoxy-chroman-4-one dan 3- (4'-hydroxy-benzyl) -5,7-dihydroxy-6-methyl-chroman-4- satu) sanggup ditemukan di rimpang akar tanaman kesum. 

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kesum Bagi Kesehatan
  • Tidak ada penelitian ilmiah yang mengukur efek tanaman kesum pada libido. Secara tradisional, di Vietnam, ramuan ini diyakini sanggup menekan dorongan seksual. 
  • Tanaman kesum dipakai sebagai obat diuretik, antipiretik, penurun panas, tonik pencernaan, atau anti-afrodisiak.
  • Jus yang disiapkan dari daun yang dihancurkan pada satu waktu diambil sebagai penangkal untuk mengobati gigitan ular beracun.
  • Secara eksternal, daun yang dilumatkan dipakai melawan demam, muntah, kurap dan fagedaena.
Catatan

Konsumsilah herbal  tanaman kesum ini dengan bijak dan sesuai takaran. Ibu hamil dan menyusui dihentikan untuk mengkonsumsi tanaman herbal ini.




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kesum (Persicaria Odorata)"

Posting Komentar