Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kartun Propaganda Buatan Disney Selama Perang Dunia Ii

Selama ini Walt Disney, dikenal sebagai salah satu produsen serial kartun yang penuh nilai moral dan dibentuk supaya sanggup dinikmati oleh segala lapisan umur. Karena itu mereka hampir nyaris tak pernah menyusupkan adegan sampaumur maupun pesan berbau politik dalam kartun buatanya. Namun tanpa diketahui banyak orang ketika ini, selama masa Perang Dunia II, Walt Disney telah membuat beberapa kartun berisi propaganda kebencian terhadap Nazi atas perintah pemerintah Amerika. Walt Disney kala itu menyetujui undangan pemerintah Amerika kala itu alasannya merasa apa yang dilakukan Nazi telah melampaui batas. Dan untuk mengimbangi kartun berunsur propaganda ini pada masa itu mereka juga membuat bermacam-macam kartun antiperang dengan pesan perdamaian antar umat manusia. Termasuk diantaranya beberapa seri kartun yang menandakan simpati pada warga Jerman. Tindakan Disney ini dilakukan untuk tetap menjaga gambaran mereka sekaligus memberikan pesan bahwa insan seharusnya tak berperang. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan membuatkan informasi wacana kartun bertema propaganda buatan Disney dalam Kartun Propaganda Buatan Disney Selama Perang Dunia II, versi anehdidunia.com


Der Fuehrer’s Face (1943)



Der Fuehrer’s Face (Wajah Sang Jendral) merupakan kartun buatan Disney pada tahun 1943 yang bercerita wacana kehidupan Donald Duck sebagai seorang prajurit Nazi. Dalam Kartun ini suatu pagi tiba-tiba Donald Duck, telah terbangun di sebuah dunia yang telah sepenuhnya di kuasai oleh Nazi. Di dunia tersebut ia harus bekerja di sebuah pabrik yang membuat senjata sekaligus foto dari wajah Hitler (Der Fuehrer’s). Selama bekerja ia diwajibkan untuk selalu menyampaikan "Heil Hitler" setiap melihat foto sang Jendral besar Nazi.

Hal ini tentu membuat Donald Duck yang dikenal penggerutu merasa lelah dan dengan gaya khasnya dalam mengeluh ia terus menggerutu dengan situasinya tersebut. Saat ia menggerutu inilah maka puluhan senapan akan mulai ditodongkan padanya. Namun untungnya itu hanyalah mimpi, alasannya kemudian Donald Duck terbangun dari tidurnya. Sahabat anehdidunia.com sesudah ia berdiri Donald begitu bersyukur alasannya ia masih menjadi warga Amerika dan dunia belum dikuasai oleh Nazi. Dengan alur dongeng ini tampaknya Disney berusaha memberikan pesan bahwa dunia akan menjadi sebuat daerah yang mengerikan sekaligus menggambarkan kalau Hitler merupakan seorang diktator yang tak kenal kompromi. Der Fuehrer’s Face sendiri memenangkan piala Academy Award untuk untuk kategori film animasi pendek pada tahun 1943.


Comando Duck (1944)



Comando Duck merupakan kartun Disney keluaran 1944 yang bercerita wacana perjalanan Donald Duck sebagai tentara Amerika yang bertempur di wilayah Jepang. Dalam kartun ini Donald diceritakan harus terjun menggunakan parasut ke wilayah Jepang. Seperti biasanya Donald yang penakut selalu mengigil ketakutan selama dalam pesawat menuju wilayah musuh tersebut. Namun setibanya di wilayah musuh ia justru kaget alasannya ternyata tentara Jepang begitu sopan dan senantiasa membukukkan tubuh ketika bertemu orang. Karena itu Donald mulai merasa percaya diri, disinilah kemudian ia mulai di serang oleh para penembak ampuh dari tentara Jepang setrik bertubi-tubi.

Namun alasannya peluru tentara Jepang sangat kecil tiap tembakan itu hanya terasa menyerupai gigitan nyamuk saja. Selain kartun ini juga dihiasi humor khas Disney, dimana salah satu adeganya Donald digambarkan begitu susah payah menaiki kapal karet guna menghindari tembakan tentara Jepang. Kartun ini sendiri diakhiri dengan adegan dimana, Donald menulis surat kepada pemerintah Amerika yang isinya kurang lebih menyebutkan kalau Jepang bukanlah ancaman serius bagi Amerika. Dan Jepang hanyalah negara kecil yang masyarakatnya penuh akan budaya dan sangat sopan. Sahabat anehdidunia.com setrik tak pribadi lewat kartun ini Disney ingin menggambarkan kalau Jepang bukanlah ancaman bagi Amerika dan warga Amerika tak perlu mengkhawatirkan ancaman kecil dari wilayah Asia Timur ini.


Stop That Tank! (1942)



Selama masa Perang Dunia II armada tempur Nazi populer akan kekuatan tempur Tank-tank mereka yang begitu canggih dan kuat. Hal ini tentu menimbulkan keresahan bagi warga Amerika dan sekutunya. Karena itu pada tahun 1942 Disney mengeluarkan sebuah mini kartun yang setrik tak pribadi dibentuk untuk melunturkan gosip tersebut. Sahabat anehdidunia.com mini kartun yang diberi judul Stop That Tank tersebut bercerita wacana perjuangan Hitler untuk menguasai desa-desa yang ia lewati dengan Armada Tank miliknya. Namun dalam kartun ini Armada Tank Hitler yang sangat besar lengan berkuasa itu di gambarkan dengan bentuk yang begitu kecil, bahkan lebih menyerupai Tank mainan.

Dengan komando dari Hitler Tank-tank ini kemudian menyerang sebuah desa dimana semua warganya digambarkan tengah tertidur. Setelah mulai menyerang inilah kemudian armada tank Hitler kemudian dikejutkan dengan pasukan Amerika yang dilengkapi senjata khusus anti Tank. Akibat sergapan yang mendadak ini alhasil Hitler mundur dan jatuh ke neraka. Selain untuk meyakinkan warganya bahwa mereka sanggup mengalahkan tank milik Hitler. Kartun yang selalu diputar sebelum penayangan film di bioskop ini juga dimaksudkan untuk mengalang dana dari warga Amerika supaya pihak militer sanggup membangun kavaleri anti tank yang sangan mereka butuhkan untuk memenangkan Perang Dunia II.


The Spirit Of '43



Tak melulu soal senjata perang dan kelemahan musuh, kartun propaganda buatan Disney pada masa Perang Dunia II, juga coba membuat rakyat Amerika sadar bahwa dana yang cukup sangatlah penting bagi militer Amerika. Karena itu merea membuat sebuah kartun yang setrik tak pribadi menyuruh tiap warganya untuk tertip dalam membayar pajak. Dalam kartun yang berjudul The Spirit Of '43 (Semangat 43) ini, abjad Donald Duck kembali dipakai sebagai contoh. Ketika itu Donald yang gres saja mendapat gaji, bersama-sama telah ingat untuk menyisihkan sedikit uangnya guna membayar pajak. Namun ditengah perjalananya pulang ia mendapat godaan untuk membelanjakan uangnya untuk banyak sekali kesenangan dunia. Nah disinilah kemudian muncul sisi baiknya yang mengingatkan kalau Amerika sedang membutuhkan banyak dana untuk membangun kekuatan militer supaya dunia tak jatuh ke tangan Nazi. Sahabat anehdidunia.com dalam kartun ini juga diperlihatkan kalau Amerika akan menang kalau sanggup mengimbangi kekuatan armada tempur Nazi. Disisi lain kartun ini juga setrik tak pribadi memberikan pesan kalau orang yang melalaikan pajak, sama saja telah mendukung Nazi dan Hitler.'


Education For Death: The Making Of A Nazi



Animasi pendek berdurasi kurang lebih sekitar 10 menit ini, menceritakan wacana gambaran kehidupan rakyat Jerman di bawah kepemimpinan Nazi. Dalam animasi ini diceritakan perubahan seorang anak lucu berjulukan Hans yang berkembang menjadi prajurit Nazi berdarah dingin. Sahabat anehdidunia.com Hans yang terlahir di Jerman pribadi di daftarkan ke sekolah pemerintah Nazi semenjak usianya 10 tahun. Namun ketika pertama masuk Hans yang merupakan anak yang bagus dan baik hati, mendapat kritikan keras dari para pengajarnya. Hal ini membuat orang bau tanah Hans khawatir.

Namun berkat pembinaan keras yang ia terima beberapa tahun kemudian Hans digambarkan menjadi tentara ideal Nazi dengan segala kepatuhan dan menjunjung tinggi perintah pimpinan mereka Hitler. Lewat kartun ini nampaknya Disney mencoba memperlihatkan pesan bahwa warga Jerman intinya yakni orang baik. Namun alasannya kegiatan basuh otak yang dilakukan oleh Hitler lah yang membuat mereka menjadi tentara robot yang begitu idealis. Dan berkat perlakuan inilah mereka alhasil menjadi mesin tempur bagi Hitler yang rela melaksanakan apapun bahkan mati demi memuaskan ambisi pemimpin mereka yaitu Hitler.'

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kartun beraroma propaganda buatan Disney sepanjang masa Perang Dunia II. Sebagain kartun tersebut dibentuk untuk membuat warga Amerika tetap tenang dan tak takut terhadap ancaman Nazi. Namun Disney tampaknya tetap tak lupa menyusupka pesan bahwa, apa yang dilakukan Nazi dan Jerman khususnya merupakan ulah satu orang saja yaitu Hitler. Sedangkan warga Jerman dan dunia laianya hanyalah korban dari ambisi satu orang yang ingin menguasai dunia ini.

Referensi:

http://listverse.com/2017/02/05/10-disney-propaganda-cartoons-from-world-war-ii/

Posting Komentar untuk "Kartun Propaganda Buatan Disney Selama Perang Dunia Ii"