Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Wannacry Inilah Virus Komputer Jahat Yang Pernah Menghebohkan Dunia

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan serangan sebuah virus berjulukan Wannacrypt atau yang lebih sering disebut Wannacry. Virus berjenis Ransomware (Malware Pemerasan) ini telah sukses menyabotase komputer milik mengembangkan instasi di lebih dari 100 negara semenjak pertama kali memulai seranganya pada 12 Mei yang lalu. Setelah berhasil mengambil alih komputer yang diserangnya, virus ini kemudian akan mengunci seluruh file dan data penting dalam sistem komputer dengan sebuah enkripsi khusus yang hanya bisa dibuka kembali dengan membayar uang tebusan sejumlah 600 USD dalam bentuk bitcoin. Ngerinya lagi jumlah uang tebusan ini akan terus naik sering dengan berjalanya waktu. Enkripsi yang ada pada Wannacrypt ini sendiri konon begitu rumit sebab bahwasanya virus ini merupakan milik NSA (Lembaga Keamanan Amerika) yang dicuri pada 14 April lalu.

Hal inilah yang membuat dunia dilanda kekauan ketika ini, akhir sulitnya menangani virus yang bisa membuat orang menagis ini. Tapi bagi mereka yang mengerti dunia IT serangan virus ibarat ini bahwasanya bukanlah hal baru. Karena semenjak tahun 90an, agresi Hecker dan serangan virus setrik global sudah sering terjadi. Pada masa itu virus komputer bahkan menyerang dengan lebih bengis dan sulit ditaklukan sebab perangkat keamanan ibarat anti virus yang belum semaju ketika ini. Nah informasi perihal serangan virus yang pernah menghebohkan dunia inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagi kisahnya dalam, Virus Komputer Jahat Yang Pernah Menghebohkan Dunia, versi anehdidunia.com


Melissa




Melissa merupakan nama dari salah satu virus komputer yang menawarkan imbas kerusakan massal di masa modern. Virus yang pertama kali muncul dan membuah kehebohan pada tahun 1999 yang kemudian ini, populer tak hanya sebab kemampuan dalam merusak sistem komputer namun juga sebab virus ini sanggup menyebar dengan begitu cepat. Virus ini sanggup menyebar dengan sangat cepat sebab bisa memanipulasi sistem komputer untuk mengirim klonya ke 50 alamat pertama pada Outlook komputer yang terjangkit. Setelah menyebar luas, Melisa tercatat telah menjangkiti sekitar 20 persen komputer diseluruh dunia dengan asumsi kerugian mencapai lebih dari 80 juta dollar. Kehebohan virus Melisa ini sendiri kesannya berakhir sehabis pembuat sekaligus penyebarnya David L. Smith, ditangkap oleh FBI dan dijebloskan ke dalam penjara.


Skulls.A Trojan




Banyak orang bilang ketika ini yaitu masa dimana virus tak lagi hanya menyerang komputer namun juga smartphone. Kian hari makin banyak saja virus gres bermunculan, meski sistem operasi smarphone ketika ini terbilang rajin mendapat update. Tapi bahwasanya inveksi virus IT pada perangkat mobile, bukan hanya terjadi akhir-akhir ini saja. Karena pada tahun 2004 yang lalu, sempat terjadi kehebohan akhir sebuah virus yang menjangkiti perangkat mobile berbasis sistem Symbian. Virus berjulukan Skulls.A Trojan ini sukses menyusup ke OS penguasa pasar perangkat mobile pada masa itu dengan menyusup dalam file unduhan beberapa aplikasi tertentu. Setelah berhasil masuk ke sitem ponsel virus ini akan membuat ponsel nyaris tak berfungsi dan hanya bisa dipakai untuk menelpon saja. Selain itu semua ikon sajian yang ada dalam ponsel juga kan berkembang menjadi gambar tengkorak dengan dua tulang bersilang. Karena ikon tengkorak inilah, virus ini kemudian dikenal dengan sebutan Skulls.A Trojan.


MyDoom




Masih dari tahun 2004, pada tahun ini dunia IT sempat dibentuk heboh dengan sebuah virus komputer yang menyebar dengan sangat cepat. Virus tersebut diberi nama MyDoom yang artinya "kiamat kecil." Selain sanggup menyebar dengan amat cepat, virus bertipe "worm" ini juga bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem yang bahkan sampai berdampak pada turunya kinerja prosesor. Komputer yang telah dijangkiti virus ini akan jadi sangat lemot, akhir jumlah worm yang terus bertambah dan menambah beban kerja prosesor. Selain itu virus yang menyebar setrik global ini, juga terbilang kebal terhadap mengembangkan macam software anti-virus yang ada pada masanya dan nyaris tak bisa di usir kecuali dengan instalasi ulang sistem operasi komputer. Munculnya MyDoom juga juga menjadi awal mula munculnya stigma jelek Windosw sebagai sisoftware anti-virus, sekaligus menjatuhkan nama baik Microsoft diseluruh dunia.


Sircam




Sircam merupakan virus yang menjadi cikal bakal dari Malware yang kita kenal ketika ini. Cara kerja virus ini hampir ibarat dengan WannaCry yang sedang heboh ketika ini, yaitu dengan menyerang file Microsoft Office setrik acak pada komputer yang terjangkit, kemudian setrik acak mengirimkan surat berantai melalui daftar kontak yang ada di komputer. Dengan trik ini Sircam sanggup menyenbar dengan sangat cepat dan menawarkan kerusakan yang tidak mengecewakan para pada komputer yang di jangkiti. Hanya saja virus ini tak merubah enkripsi pada komputer dan menguncinya ibarat WannaCry yang mengakibatkan virus ini agak sulit untuk diketahui tanda kemunculanya di komputer. Hal ini membuat penyebaran virus ini awalnya tak terendus dan sukses mencuri data yang cukup banyak dari lembaga-lembaga penting. Hal ini mengakibatkan kerugian yang amat besar, sebab berdasarkan analisis yang dilakukan oleh University of Florida, diharapkan dana kira-kira 3 miliar Dollar, hanya untuk sekedar memberantas virus ini.


Storm Trojan




Meski kian hari jaringan komputer makin canggih, bukan berarti kita akan makin kondusif dari ancaman virus. Karena pada ketika yang sama para Hecker juga merancang virus dengan teknologi yang kian canggih. Salah satu buktinya yaitu abses masal virus Storm Trojan yang merajalela pada tahun 207 yang lalu. Sesuai dengan namanya virus gres yang amant canggih ini sukses membawa kerusakan yang dahsyat pada komputer yang dijangkitinya ibarat badai. Menyebar melalui email spam yang diselipi Malware, virus ini sukses menjangkiti setidaknya 8 persen komputer di seluruh dunia. Virus ini juga sukses membuat jaringan botnet pada sekitar 10 juta komputer sebelum kesannya berhasil dihancurkan. Namun penghancuran Storm Trojan ini tak berjalan gampang sebab sang kreator virus ini merancang Storm Trojan untuk merubah kodenya sendiri setiap 10 menit.


Zeus




Jika dalam dongeng mithologi Zeus merupakan ilahi tertinggi di Yunani, maka Zeus dalam dunia IT berarti sebuah virus jahat yang menandai awal dari masa perampokan setrik online. Virus yang diduga merupakan hasil pengembangan dari organisasi kejahatan dunia ini menginfeksi komputer eksklusif seseorang dan menjangkitinya dengan Malware khusus. Malware ini kemudian melaksanakan phising dan keylogging protocol untuk mencuri detil dari online banking seseorang, sehabis itu menguras habis rekeningnya rekeningnya. Kerugian akhir virus ini sendiri diperkirakan mencapai 70 juta dollar, data ini diperoleh dari para pelaku yang kesannya tertangkap. Tapi sayangnya meski sudah usang berhasil di atasi, virus yang ibarat dengan Zeus sampai sekarang masih banyak beredar dan dipakai untuk mencuri data personal seseorang.


Malware WhatsApp




Di tengah masa serba cepat dan instan ibarat ketika ini, mobile bangking merupakan sarana andalan yang wajib dimiliki untuk mempermudah aktifitas bisnis. Namun sayangnya meski teknologi smartphon sudah lumanyan tinggi, bukan berarti data personal kita akan aman. Karena informasi detil perihal mobile banking seseorang ternyata bisa dengan gampang dicuri oleh hacker dengan dukungan Malware virus. Parahnya lagi virus ini ternyata menyebar melalui aplikasi percakapan yang banyak dipakai orang ketika ini yaitu WhatsApp. Cara kerja virus ini sendiri yaitu dengan menyusup pada file dokumen yang dikirimkan via pesan WhatsApp. Saat telah berhasil masuk, virus ini kemudian akan menyalin semua data persolan termasuk diantaranya detai informasi akun perbankan yang ada di smartphone. Saat hal ini sudah terjadi maka insiden selanjutnya sudah tak perlu dipertanyakan lagi, sebab dalam sekejab isi rekening bank kita bisa ludes.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kasus inveksi Virus komputer yang telah menghebohkan dunia. Dan untuk kasus Wannacry yang sedang hebih ketika ini, kita bahwasanya tak perlu takut. Karena jikalau kita rajin melaksanakan update pada sistem komputer dan juga anti-virus yang ada, maka abses virus pada kompuer akan bisa dihindari. Hanya saja tetap harus waspada dan tidak membuka file-file asing yang masuk ke email kita atau jangan mengunjungi situs-situs berbahaya yang rawan disusupi virus jahat, kalau tak mau menyesal pada akhirnya.

Referensi:
https://www.merdeka.com/teknologi/7-virus-komputer-jahat-yang-sukses-bikin-kacau-dunia-it.html
https://inet.detik.com/security/d-3500962/penjelasan-kasper

Posting Komentar untuk "Selain Wannacry Inilah Virus Komputer Jahat Yang Pernah Menghebohkan Dunia"