Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan Berliku Paling Extrem Di Dunia

Jalan merupakan sarana yang di buat Manusia untuk mempermudah, seseorang dalam menempuh sebuah perjalanan. Sebuah jalan biasanya di berdiri di tempat yang banyak dilalui oleh orang, baik itu jalan yang berada di tempat yang datar maupun jalan yang di berdiri daera pegunungan dan tempat-tempat yang memiliki kontur wilayah yang sulit. Dan dari aneka macam macam jalan yang pernah di buat oleh umat insan ini, terdapat beberapa jalan yang memiliki jalur Extrem, baik itu dari letak daerahnya maupun bentuk jalan itu sendiri. Dan diantara beberapa jalan yang memiliki jalur Extrem itu anehdidunia.com telah merangkum beberapa Jalan Berliku Paling Extrem Di Dunia, versi anehdidunia.com

Kelok Sembilan Indonesia



Jalan yang pertama kali dibangun oleh pemerinta Hindia-Belanda pada tahun 1932 dan merupakan bab dari ruas jalan penghubung utama Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Jalan yang letaknya berada diantara Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau ini, memiliki 9 kelokan ke kiri dan 9 kelokan kekanan, hal ini juga sekaligus menjadi pandangan gres nama dari jalan ini yaitu Kelok 9.

Kelok 9 terkenal dengan jalurnya yang bisa terbilang Extrim namun di ketika yang sama juga indah, belokan-belokan yang ada di jalur ini bisa dibilang bakal membuat orang yang bernyali ciut  berfikir dua kali untuk melintasi jalur ini. Tapi di ketika yang bersamaan keindahan alam yang ada di Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau niscaya bakal memanjakan para pecinta alan yang melintasi jalur ini. hal ini terbukti dengan wilayah kelok sembian yang selain merupakan jalur penghubung antar provinsi sekarang juga menjadi Keliru satu destinadi wisata favorit para pelancong yang tengah berkunjung ke wilayah itu. Pada tahun 2003 alasannya ialah kepopuleranya Kelok menerima pelengkap pembangunan jalan dan sebuah jembatan dengan lebar 13,5 meter dan pelindung sisi setinggi 1 meter.


Furka Pass (Swiis)



Bagi para pecinta film seri James Bond niscaya tak asing dengan jalur Extrem Furka Pass. Jalur yang membentang di ketinggian pegunungan Alpen Swiis ini pernah menjadi tempat pengambilan gambar untuk Keliru satu adegan iconik film James Bond : Goldfinger pada tahun 1964. Jalur ini sendiri berada di ketinggian 2.429 dan merupakan Keliru satu jalan paling tinggi yang ada di Eropa. Jalur Extren Furka Pass bakal menunjukkan pengalaman berkendra yang tak terlupakan serta panorama lingkungan sekitarnya yang sangat indan namun juga sekligus mematikan. Lereng terjal di Furka Pass terang bukan jalur yang bisa dilalu oleh para pengemudi yang masih pemula. Terlebih ketika malam hari jalur yang nyaris tanpa penerangan ini kelas bakal membuat siapapun berfikir dua kali untuk melalui jalur Extrem ini di malam hari terutama pada ketika demam isu salju.


Col du Chaussy Perancis



Col du Chaussy merupakan sebuah jalur pegunungan yang berada di ketinggian 1.533 meter. Jalur yang berada di Perancis ini selain di kenal alasannya ialah jalurnya yang extrem juga di kenal sebagai Keliru satu jalur pegunugan terindah di dunia. Untuk mencapai puncak dari jalur yang memiliki panjang sekitar 3 KM ini, kita harus melewati 17 tikungan tajam yang berjulukan “lacets de Montvernier," tak hanya itu saja orang yang mengemudikan kendaraanya di jalur ini juga bakal di hadapkan dengan pemandangan vertikal dari tebing setingi 400 meter. Selain memiliki tikungan-tikungan yang tajam serta letak geografis yang menakutkan. Jalan ini juga tergolong sempit hingga tak bisa di lalui oleh dua kendaraan sekaligus, jadi jikalau seseorang berpapasan dengan orang lain dipastikan bahwa Keliru satunya harus ada yang mau mengalah.


Skippers Canyon Road (Selandia Baru)



Skippers Canyon Road merupakan sebuah jalur Extrem yang berjarak 25 menit dari kota Queenstown tepatnya pada tebing Aurum Recreation Reserve, New Zealand. Jalur yang bernama Skippers Canyon Road terletap pada sebuah tebing curam yang sempurna di bawahnya terdapat sebuah sungai yang mengalir dengan cukup deras. Menurut sebuah survey yang pernah dilakukan untuk mengetahui tingkat ketakukan orang ketika melewati jalur Extrem ini, 7 diantara 10 orang menyatakan bahwa, jalur pegunungan ini memiliki rute yang sangat berbahaya untuk dilalui, terlebih dengan tebing di sampingya yang sangat curam serta lebar jalan yang tak seberapa memmbuat jalur ini hanya bisa di lalui oleh yang memiliki kemampuan mengemudi yang cukup handal bahkan sebuah izin khusus untuk melewatinya. Jalan yang memiliki tikungan tajam sempurna di tengah rute perjalanan ini tentu membutuhkan kesabaran serta konsentrasi extra ketika melaluinya. Saking extremnya jalur ini, sebuah perusahaan mengemudi dari Inggris, "Driving Experience" memberi julukan pada jalur Skippers Canyon Road, sebagai "Jalur luar biasa seram yang Indah"


Halsema Highway Filipina



Haselma Highway, merupakan jalan raya tertinggi yang ada di negara Filipina. Jalan yang menghubungkan rute dari dua kota yaitu kota Baguio dan kota Bontoc ini memiliki jalur berliku dan terkenal bakal menjadi sangat licin ketika hujan turun ini, terkesan tak terawat dan berbahaya. Jalur ini semakin berbahaya alasannya ialah letaknya yang cupup terpecil dan sunyi membuat siapaun yang melintasi jalur ini bakal berkir dua kali untuk bermain-main ketika mengemudi di jalur ini mengingat sulitnya mencari proteksi di tempat ini. Dengan panjang yang mencapai 150mil, tikungan zigzag, jalan yang licin serta berbatu serta lokasinya yang berada di tempat terpencil, orang yang ingin melalui jalur ini harus membawa bensin extra, alasannya ialah bisa gawat jikalau hingga kendaraan kehabisan di wilayah terpecil yang tak memiliki tempat pengisian materi bakar ini. Selain itu alasannya ialah letaknya yang berada di ketinggian 7.398 kali, jalur ini semakin Extrem dengan kabut yang sering turun di Halsema Highway.


Bayburt D915 Turki



Terletak di Provinsi Trabson, Turki, Jalur Bayburt atau yang lebih terkenal dengan sebutan jalan D915, merupakan sebuah jalur yang paling menantang didunia ini. Jalur ini terang tak cocok bagi orang yang gres saja bisa mengemudi dan behati kecil. Jalur extrem yang berbatasan lansung dengan jurang sedalam ratusan meter ini sama sekali tak memiliki pagar pembatas jalan sama sekali ini niscaya bakal membuat jantung orang yang tak biasa melewatinya bakal berdetak dengan kencang. Jalan Extrem D915 sendiri merupakan jalur penghubung antara Provinsi Trabzon dan kota Bayburt memiliki panjang mencapai 106 km dengan 29 tikungan tajam di tepi jurang. Jalur ini sendiri kondisinya tak begitu layak, alasannya ialah hanya bab awal dan tamat jalur yang di aspal, sedangkan sebagian besar jalur Extrem D915 masih berupa tanah dan kerikil, di beberapa area jalan ini juga memiliki lebar jalan yang tak memadai untuk di lalui dua kendaran setrik bersamaan terutama bagi kendaraan yang berpapasan. Dengan letaknya yang berada di pegunungan dengan tiinggi mencapai 2.035 meter nacaman ancaman dari jalur D915 tak hanya terletak pada kecuraman jurang serta tikunganya yang tajam, melainkan juga dari salju dan tanah di pegunungan ini yang bisa longsor kapan saja ketika demam isu dingin. Sangking berbahanya jalur D915 bahkan biasanya di tutup ketika demam isu hirau taacuh untuk menghindari jatuhnya korban.

Referensi :
http://www.oddee.com/item_99702.aspx
http://www.kaskus.co.id/thread/532bbd4cc2cb17617c8b4720/10-jalan-raya-terindah-di-dunia--jalan-unik-di-indonesia/

Posting Komentar untuk "Jalan Berliku Paling Extrem Di Dunia"