Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jure ( Nerium Indicum Mill)

 Tanaman jure ialah tanaman bunga yang sering kita jumpai berada di sekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Jure ( Nerium Indicum Mill)
Tanaman Jure ( Nerium Indicum Mill)



Deskripsi Tanaman Jure

Tanaman jure ialah tanaman bunga yang sering kita jumpai berada di sekitar kita. Tanaman jure ini biasanya sanggup di jumpai di halaman depan rumah, di pekarangan dan lain-lain. Nama latin tanaman jure ialah Nerium Indicum Mill. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman jure mempunyai nama Oleander. Menurut sejarah tanaman jure ini berasal dari Afrika Utara dan Mediterania Timur. Persebaran tanaman jure ini dari kawasan Maroko, Portugal, Mediterania, China, Asia Selatan, Semenanjung Arab, Indonesia, Amerika, Inggris. Ciri-ciri tanaman jure mempunyai daun yang kecil memanjang dan bunga berwarna pink. Fungsi dan kegunaan tanaman jure bagi sebagian masyarakat dipakai untuk tanaman hias alasannya ialah bunga tanaman jure ini mempunyai warna yang indah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman jure ini sanggup dipakai untuk obat herbal alami dalam pengobatan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Jure

Jawa : Jure, kembang mentega
Bali : Kenyeri 
Indonesia : Bunga Mentega, Bunga Oleander, Bunga Jepun
Filipina: baladre, adelfa
China: jia zhu tao 

Klasifikasi Tanaman Jure

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Nerium
Spesies: Nerium oleander L. Synonim : Nerium indicum Mill.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Jure

Tanaman jure merupakan  salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Apocynaceae). Tanaman jure ini termasuk semak perdu tumbuh tegak dengan ukuran tinggi tanaman 2 hingga 5 m. Daun tanaman jure ini berbentuk garis lanset, tebal, bertangkai sekitar 2 cm yang agak membengkok dengan ibu tulang yang menonjol. Tanaman jure mempunyai panjang daun sekitar  7-20 cm dan lebar 1-3 cm. Daun tanaman jure berwarna hijau, ujung dan pangkal daun meruncing dan tepi daun rata. Bunga tanaman jure berkelompok dengan bunga yang berbentuk malai muncul pada ujung ranting atau batang.  Mahkota bunga tanaman jure berbentuk corong menyerupai tabung pada pangkalnya mengecil. Bunga tanaman jure berwarna merah muda terkadang juga  ada yang berwarna putih. Akar tanaman jure ini akar tunggang berwarna coklat. Buah tanaman jure mempunyai ukuran panjang 15 hingga 25 cm, berbentuk bundar dengan alur memanjang menyerupai buah tanaman kamboja. Biji tanaman jure ini kecil memanjang dimana pada bab atas berambut putih berguna untuk terbang dalam penyebaran bijinya saat bijinya sudah matang. Tanaman jure ini mempunyai getah berwarna putih, beracun.dan pahit. Budidaya tanaman jure ini berkembangbiak dengan cara perbanyakan stek batang dan biji. Habitat tanaman jure pada kawasan kering dengan sinar matahari yang banyak dan curah hujan yang sedikit yang mana hidup dari 1-700 m diatas permukaan laut

Bagian Tanaman Jure Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Jure

Tanaman jure mengandung zat eriodorin, karabin, asam tanat, kanerin, asam 12, 13-dihidroursolat, glikosida jantung (oleandrin), 16-dehidroadinerigenin, neritalosid, odorosid, asam kanerat, asam nerikumarat, asam isonerikumarat, oleanderol, kanerodian, asam oleanderolat, kanerin, dan neriuminin, serta neridiginoside.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Jure Untuk Kesehatan
  1. Tanaman jure untuk menguatkan jantung.
  2. Tanaman jure berguna peluruh kencing (deuritik).
  3. Tanaman jure dipakai obat peluruh dahak (ekspetoran).
  4. Tanaman jure berguna untuk menyembuhkan penyakit hespes.
  5. Tanaman jure bermanfaat sebagai obat anti kanker.
  6. Tanaman jure untuk obat antibakteri.
  7. Tanaman jure berguna sebagai obat antijamur.
  8. Tanaman jure sanggup dipakai sebagai insektisida alami.
  9. Tanaman jure berguna untuk mengobati sakit bengkak,
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman jure ini dengan bijak dan sesuai takaran. Tanaman jure ini juga mengandung sedikit racun maka diharapkan takaran khusus dalam mengokonsumsinya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jure ( Nerium Indicum Mill)"