Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
link:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning  Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)
 Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)


Deskripsi Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning yaitu tumbuhan berkayu merambat yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman akar kuning ini biasanya sanggup kita temui di tepi hutan, akrab sungai dan kawasan yang berkapur.  Nama latin tumbuhan akar kuning yaitu Arcangelisia Flava Merr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan akar kuning mempunyai nama Yellow Fruited Moonseed. Menurut sejarah asalnya tumbuhan akar kuning ini berasal dari China. Persebaran tumbuhan akar kuning dari kawasan Hainan (China), Indo-China, selatan semenanjung Thailand, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Filipina, Sulawesi, Maluku utara ke New Guinea. Ciri-ciri tumbuhan akar kuning ini mempunyai daun yang berbentuk lingkaran berwarna hijau dan juga tumbuhan ini merambat pada flora lain. Fungsi dan kegunaan tumbuhan akar kuning bagi sebagian masyarakat bijinya dipakai untuk racun ikan. Namun yang jarang kita tahu ternyata tanaman obat akar kuning ini sanggup dipakai untuk pengobatan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Akar Kuning

Sunda : Ki Koneng
Jawa : Sirawan
Maluku : Daun Bulan
Malaysia: mengkunyit
Philippines: abutra (Ilokano, Bisaya), suma (Tagalog, Pampango)
Thailand: khamin khruea (Chanthaburi), kamphaeng jedchunum
Vietnam: vảy dắng.

Klasifikasi Tanaman Akar Kuning

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Magnoliidae
Ordo: Ranunculales
Famili: Menispermaceae
Genus: Arcangelisia
Spesies: Arcangelisia flava Merr

Anatomi dan Morfologi Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning merupakan salah jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan berbunga (Menispermaceae). Tanaman akar kuning termasuk tumbuhan liana (merambat) berkayu dengan ukuran tumbuhan sanggup mencapai 20 m. Batanag tumbuhan akar kuning berkayu dengan ukuran diameter batang 5-10 cm. Bagian dalam batang kayu tumbuhan akar kuning berwarna kuning dikala kita membelah batangnya akan mengeluarkan getah berwarna kuning juga. Daun tumbuhan akar kuning ini berbentuk lingkaran lonjong dengan ukuran 10-25 cm x 5,5-19 cm. Pertulangan daun tumbuhan akar kuning menjari lima pada pangkalnya. Tangkai daun tumbuhan akar  kuning menggembung pada kedua pangkal daun, tidak berdaun penumpu. Bunga tumbuhan akar kuning ini malai muncul pada ketiak daun dan dibatang. Warna kelopak dan mahkota bunga tumbuhan akar kuning ini berwarna kuning. Akar tumbuhan akar kuning ini berakar tunggang dengan akar yang berwarna coklat. Buah tumbuhan akar kuning berbentuk lingkaran kotak dengan tiga rusuk, kulit buahnya berbulu berwarna hijau dikala masih muda dan akan berwarna coklat dikala sudah tua. Biji tumbuhan akar kuning tunggal berukuran kecil berwarna coklat. Budidaya tumbuhan akar kuning ini berkembangbiaknya dengan cara biji. Habitat tumbuhan akar kuning ini berada pad kawasan yang lembang dengan sedkit skinar matahari dengan elevansi tumbuh kurang dari 1000 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Akar Kuning Yang Digunakan

Kayu dan daun.

Kandungan Tanaman Akar Kuning

Tanaman akar kuning mengandung zat saponin, flavonoid, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Kuning UntukTubuh
  1. Tanaman akar kuning untuk mengobati sakit kuning.
  2. Manfaat tumbuhan akar kuning  untuk menyembuhkan sakit malaria.
  3. Tanaman akar kuning berguna sebagai obat penyakit rematik.
  4. Tanaman akar kuning berguna untuk obat penyakit gatal-gatal.
  5. Tanaman akar kuning dipakai sebagai obat penyakit penyakit perut ibarat cacingan, gangguan pencernaan, keluhan usus.
  6. Khasiat tumbuhan akar kuning untuk mengobati sakit luka, borok dan iritasi kulit lainnya
  7. Tanaman akar kuning sebagai obat penyakit demam, penurun panas, ekspetoran atau obat batuk, dan sariwan.
  8. Tanaman akar kuning untuk menumbuhkan rambut atau tonik.
Catatan

Bagi perempuan hamil tidak dianjurkan untuk memakai herba tumbuhan ini. Untuk belum dewasa takaran yang dipakai dilarang terlalu banyak.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Akar Kuning (Arcangelisia Flava Merr)"

Posting Komentar