Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Asoka (Ixora Coccinea)

 Tanaman asoka ialah flora hias yang sering kita jumpai berada disekiar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Asoka (Ixora Coccinea)
Tanaman Asoka (Ixora Coccinea)




Deskripsi Tanaman Asoka

Tanaman asoka ialah flora hias yang sering kita jumpai berada disekiar kita. Tanaman asoka ini biasanya di flora di pot atau ditanam di pekarangan dan halaman depan rumah. Nama latin flora asoka ialah Ixora Coccinea. Dalam bahasa Inggris flora asoka mempunyai nama Jungle Geranium, Flame Of the Woods, dan Jungle Flame. Menurut sejarah asal dari flora asoka ini berasal dari kawasan India Selatan dan Sri Langka. Persebaran flora asoka ini dari kawasan Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, Laos dan Thailand. Ciri-ciri flora asoka ini mempunyai daun yang berukaran agak besar berwarna hijau dan bunga yang bertandan kecil-kecil berwarna merah. Fungsi dan kegunaan tanamana asoka bagi sebagian masyarakat di Indonesia mungkin hanya dianggap sebagai flora hias saja alasannya flora asoka mempunyai bunga yang indah. Namun kita tidak tahu flora asoka ini banyak mempunyai manfaat dan khasiat untuk pengobatan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Asoka

Jawa : Asoka
Sumatera : Kembang Santen Merah
Sunda : Soka Beureum
Ternate : Saya Mami

Klasifikasi Tanaman Asoka

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo : Rubiales
Famili : Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus : Ixora
Spesies : Ixora coccinea L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Asoka

Tanaman asoka merupakan salah satu jenis flora yang berasal dari  keluarga flora kopi-kopian. Tanaman asok ini termasuk flora perdu dengan ukuran 1 hingga 4 m. Batang flora asoka ini tegak, berkayu percabangan banyak. Daun flora asoka ini berdaun tunggal letaknya saling berhadapan. Daun flora asoka berbentuk lonjong dengan pangkal daun yang meruncing dengan tepi daun yang rata. Pertulanagan daun flora asoka ini menyirip dengan ukuran panjang daun 3-7 cm, dan lebar 3-5 cm. Tanaman asoka mempunyai daun yang berwarna kekuningan dikala muncul dikala daun tumbuh akan berwarna hijau.  Bunga flora asoka ini majemuk, dan berkelamin dua berwarna merah. Tanaman asoka mempunyai kelopak bunga yang berbentuk corong dengan benang sari yang berjumlah empat, dengan ukuran bunga 0,5 cm. Kepala benang sari flora asoka menempel pada mahkota. Buah flora asoka ini buahnya buni lingkaran lonjong berwarna merah. Bunga flora asoka ini akan berbunga sepanjang tahun. Biji flora asoka berbentuk pipih lonjong dan berwarna putih. Akar flora asoka ini akar tunggang berwarna kecoklatan. Budidaya flora asoka ini berkembangbiaknya dengan cara biji dan stek. Habitat flora asoka berada pada kawasan lembab dengan sinar matahari yang sedang yang mana flora ini sanggup di tanam pada kawasan yang tingginya dibawah 600 m dari permukaan laut.

Bagian Tanaman Asoka Yang Digunakan

Bunga, daun, dan batang dan akar

Kandungan Tanaman Asoka

Tanaman asoka mengandung zat asam ursolic, asam oleanolic, sitosterol, rutin, lecocyanadin, anthocyanin, proanthocyanidins, dan glikosida dari kaempferol dan quercetin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Asoka Bagi Tubuh
  1. Tanaman asoka untuk obat sakit perut menyerupai mual, diare, merangsang sekresi lambung.
  2. Tanaman asoka berguna untuk mengobati sakit borok, abuh kronis dan luka.
  3. Tanaman asoka bermanfaat sebagai obat analgesik.
  4. Tanaman asoka berguna untuk antiseptik.
  5. Tanaman asoka dipakai astringent.
  6. Tanaman asoka sebagai obat diuretik.
  7. Tanaman asoka untuk obat penenang alami.
  8. Tanaman asoka berguna sebagai obat sakit gonore. 
  9. Tanaman asoka bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker.
  10. Tanaman asoka dipakai untuk menambah nafsu makan.
  11. Tanaman asoka berguna sebagai obat sakit batuk darah (Hemoptisis), demam dan sakit kepala.
  12. Tanaman asoka untuk mengobati sakit keputihan, nyeri haid
Catatan 

Konsumsilah herbal flora asoka ini dengan bijak dan sesuai takaran. Tidak di anjurkan untuk perempuan yang sedang hamil.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Asoka (Ixora Coccinea)"