Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jakang (Homalocladium Platycladum)

 Tanaman jakang ialah tanaman hias yang biasanya sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Jakang (Homalocladium Platycladum)
 Tanaman Jakang (Homalocladium Platycladum)


Deskripsi Tanaman Jakang

Tanaman jakang ialah tanaman hias yang biasanya sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman jakang biasanya sanggup ditemui di halaman depan rumah, tepi hutan, dan juga terkadang ditanam didalam pot. Nama latin tanaman jakang ialah Homalocladium Platycladum. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman jakang ini mempunyai nama Centipede Plant, Tapeworm Plant dan Ribbonbush. Menurut sejarah asal tanaman jakang ini berasal dari tempat Kepulauan Solomon, Papua Nugini. Persebaran tanaman jakang ini berada pada Puerto Rico, India, Bolivia, Madagaskar, Nikaragua, Pakistan, Indonesia. Ciri-ciri tanaman mempunyai daun yang berbentuk pita, beruas-ruas berwarna hijau dengan bunga yang berwarna putih. Fungsi dan kegunaan tanaman jakang bagi sebagaian masyarakat dipakai sebagai tanaman hias alasannya ialah tanaman ini mempunyai daun yang unik. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman jakang ini sanggup dipakai juga sebagai obat tanaman jakang dalam pengobatan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Jakang

Jawa : Cakra Birawa
Indonesia : Jakang

Klasifikasi Tanaman Jakang

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Hamamelidae
Ordo: Polygonales
Famili: Polygonaceae
Genus: Homalocladium
Spesies: Homalocladium platycladum (F. Muell.) L.H. Bailey

Anatomi dan Morfologi Tanaman Jakang

Tanaman jakang merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Polygonaceae). Tanaman jakang ini termasuk tanaman semak perdu tahunan tumbuh tegak dengan ukuran 1-3 meter. Batang tanaman jakang ini berdiameter 1-3 cm berkayu bercabang banyak. Cabang tanaman jakang berbentuk pita memanjang dan beruas-ruas dengan ukuran panjangnya sekitar 10-30 cm, lebar 1-1-5 cm, berwarna hijau, dan tipis sekitar 7-12 mm. Daun tanaman jakang ini muncul pada setiap ruas cabang tanaman dengan bentuk memanjang tangkai dan ujung daun yang meruncing berwarna hijau dengan ukuran yang kecil. Bunga tanaman jakang ini berkelamin ganda berbentuk membulat, kelompak bunga tanaman jakung berwarna putih ukurannya kecil berkelompok, muncul pada setiap ruas percabangan. Bunga tanaman jakang akan muncul pada bulan September hingga Oktober.  Buah tanaman jakang ini berbentuk lingkaran lonjong berwarna merah. Akar tanaman jakang ini akar tunggang berwarna putih kecoklatan. Budidaya tanaman jakang ini berkembangbiak dengan cara stek. Habitat tanaman jakung berada pada tanah berpasir yang agak kering dengan sinar matahari yang penuh.

Bagian Tanaman Jakang Yang Digunakan

Seluruh bab tanaman

Kandungan Tanaman Jakang

Tanaman jakang mengandung senyawa saponin, flavonoid dan tanin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Jakang Untuk Kesehatan
  1. Manfaat tanaman jakang untuk mengobati benjol pada kulit, luka bakar, luka luar menyerupai alasannya ialah terjatuh.
  2. Khasiat tanaman jakang untuk obat sait antraks
  3. Tanaman jakang mempunyai kegunaan untuk pengobatan sakit nyeri dan rematik.
  4. Tanaman jakang untuk mengobati luka gigitan ular dan serangga.
  5. Tanaman jakang sebagai obat astringent untuk mengecilkan pori-pori kulit
Catatan

Konsumsilah herba tanaman jakang ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Jakang (Homalocladium Platycladum)"