Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)

Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)
link:Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)

 Tanaman mur ialah tumbuhan wewangian yang sering kita jumpai berada sekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Mur (Commiphora Myrrha Arn.)
Tanaman Mur (Commiphora Myrrha Arn.)


Deskripsti Tanaman Mur

Tanaman mur ialah tumbuhan wewangian yang sering kita jumpai berada sekitar kita. Nama latin tumbuhan mur ialah Commiphora Myrrha Arn. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan mur mempunyai nama myrrh. Menurut sejarah tumbuhan mur ini berasal dari Mediterania Timur dan khususnya di Semenanjung Arabia. Penyebaran tumbuhan mur ini dari wilayah  Yaman, Semenanjung Arab, Oman, Kenya Somalia, Eritrea dan Etiopia timur. Ciri-ciri tumbuhan mur ini mempunyai tumbuhan berkayu daun kecil dan mempunyai banyak duri. Fungsi dan kegunaan tumbuhan mur bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai wewangian, ritual keagamaan, dan materi adonan kemenyan alasannya ialah getah dari tumbuhan mur ini mempunyai amis yang khas. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan mur ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit yang ada ditubuh

Nama Daerah Tanaman Mur

Indonesia : Getah Wangi, Getah Mur



Klasifikasi Tanaman Mur

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Burseraceae
Genus: Commiphora
Spesies: Commiphora myrrha Arn.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Mur

Tanaman mur merupakan salah satu jenis flora berbunga dari keluarga tumbuhan Burseraceae. Tanaman mur ini pohon kecil yang tumbuhnya kokoh dengan ukuran sanggup mencapai 4 m. Tanaman mur mempunyai batang yang pendek. Batang kulit tumbuhan mur berwarna coklat keputihan dengan sedikit mengelupas pada bagian-bagian tertentu yang mana bab dalamnya berwarna kehijauan. Getah tumbuhan mur sedikit beraroma dikala masih kental dikala mengeras akan berwarna kekuningan tembus menyerupai beling menyerupai getah tumbuhan damar. Di semua percabangan tumbuhan mur terdapat duri. Daun tumbuhan mur mempunyai daun yang terdiri dari tiga anak daun dengan letak yang berselang-seling (trifoliate), bertekstur menyerupai kertas (chartaceous), berwarna hijau keabu-abuan, dengan ukuran panjang  6-44 mm, lebar 3-4 mm dan bergerigi disetiap sisi daunnya. Bentuk daun tumbuhan mur lanset, tipis dan bundar memanjang. Tangkai daun tumbuhan mur mempunyai ukuran 1-10 mm. Bunga tumbuhan mur berbentuk menyerupai gelas memanjang dengan jumlah kelopak bunga berjumlah 3-5, berwarna merah kenuningan. Buah tumbuhan mur muncul pada batang berbentuk lonjong berparuh membulat berwarna merah. Biji tumbuhan mur bundar halus sedikit membengkak. Cara berkembang tumbuhan mur ini ada dua cara stek dan biji. Habitat tumbuhan mur ini berada pada berbatu kapur dengan ketinggian 250 hingga 1300 mdpl, dan curah hujan tahunan antara 230-300 mm.

Bagian Tanaman Mur Yang Digunakan

Getah, dan daun.

Kandungan Tanaman Mur

Tanaman mur mengandung terpenoid, seskuiterpen, alpha pinene, cadinene, dipentene, limonene, eugenol, cuminaldehyde, m-kresol, cinnamaldehyde, asam asetat, asam format, dan heerabolene.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Mur Untuk Kesehatan
  1. Tanaman mur untuk anti septik.
  2. Tanaman mur berguna untuk obat kumur, bibir pecah-pecah, radang gusi, (gingivitis), dan sariawan.
  3. Tanaman mur dipakai untuk obat luka lecet.
  4. Tanaman mur bermanfaat mengobati sakit nyeri dan kesleo
  5. Tanaman mur berguna untuk membunuh bakteri.
  6. Tanaman mur sebagai obat wasir.
  7. Tanaman mur berguna untuk menyembuhkan sakit batuk dan pilek.
  8. Tanaman mur dipakai untuk mengobati sakit tenggorokan, dan asma.
  9. Tanaman mur bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan dan maag.
  10. Tanaman mur berguna untuk menyembuhkan sakit kanker dan kusta. 
  11. Tanaman mur sebagai obat untuk penyakit sifilis.
  12. Tanaman muri untuk memperlancar haid atau menstruasi.
Catatan

Konsumsilan herbal tumbuhan mur ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Flora Mur (Commiphora Myrrha Arn.)"

Posting Komentar