Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Flora Akar Binasa (Plumbago Indica Linn)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa  Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)
 Tanaman Akar Binasa (Plumbago Indica linn)

 

Deskripsi Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa yaitu tumbuhan hias yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman akar binasa ini sanggup jumpai pada tempat tepi hutan dan halaman depan rumah. Nama latin tumbuhan akar binasa yaitu Plumbago Indica linn. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan akar binasa mempunyai nama Indian Leadwort, Scarlet leadwort dan Whorled Plantain. Menurut sejarah tumbuhan akar binasa berasal dari daratan Asia. Tanaman akar binasa tersebar dari Afrika menuju India, Indo-China, dan Asia Tenggara. Ciri-ciri tumbuhan akar binasa ini mempunyai ukuran tumbuhan yang kecil dengan bunga yang berwarna merah. Fungsi dan kegunaan tumbuhan akar binasa bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai tumbuhan hias alasannya yaitu mempunyai bunga yang indah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tumbuhan akar binasa  ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Akar Binasa

Indoenesia : Ceraka Merah, Akar Binasa, Mehulatu

Klasifikasi Tanaman Akar Binasa

Kerajaan : Planteae
Ordo:Caryophyllales
Famili:Plumbaginaceae
Genus:Plumbago
Spesies:Plumbago indica linn

Anatomi Dan Morfologi Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan berbunga (Plumbaginaceae).  Tanaman akar binasa ini termasuk tumbuhan perenial atau sanggup juga dikatakan tumbuhan semak belukar yang hidup secara liar dengan ukuran 0,6-1,6 m. Tanaman akar binasa ini berbatang tegak lurus tetapi tidak begitu berpengaruh sehingga diharapkan penyangga dikala batangya tumbuh. Tanaman akar binasa mempunyai daun tunggal,  berselang-seling, dan bertangkai pendek. Helaian daun tumbuhan akar binasa ini berbentuk membulat lancip, dengan ukuran daun  5–15 cm X 2–8 cm. Bunga tumbuhan akar binasa ini berwarna merah dan mempunyai kelopak bunga yang berjumlah 5. Bunga tumbuhan akar binasa ini berjenis kelamin uniseksual dengan panjang tangkai 0,1 mm. Tanaman akar binasa kelopak bungnya bertekstur lembut menyerupai bulu, dan menyerupai indera pendengaran dengan ukuran 2,5-4,5 cm. Tanaman akar binasa batang akarnya berbau harum berserabut dan berwarna kemerahan. Tanaman akar binasa berbunga sepanjang tahun. Cara bertanam tumbuhan akar binasa ini dengan cara stek. Habitat tumbuhan akar binasa ini berada pada ketinggian 1-1.000 mdpl dengan suhu udara rata-rata 25-35° C serta curah hujan dan cahaya matahari yang cukup.

Bagian Tanaman Akar Binasa Yang Digunakan

Akar, getah akar, dan Daun

Kandungan Tanaman Akar Binasa

Tanaman akar binasa mengandung plumbangin, leukodelfinidin, steroid, plumbagol, dan zat samak.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Akar Binasa Untuk Kesehatan
  1. Tanaman akar binasa untuk perangsang kulit
  2. Tanaman akar binasa dipakai untuk mencegah kelumpuhan
  3. Tanaman akar binasa berguna sebagai anti mikroba.
  4. Tanaman akar binasa bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.
  5. Tanaman akar binasa berguna untuk mengobati penyakit rematik dan sakit kepala.
  6. Tanaman akar binasa berguna sebagai obat diuretik.
Catatan 

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi tumbuhan akar binasa alasannya yaitu dalam flora ini mempunyai zat untuk melepuhkan kulit maka diharapkan penanganan khusus dalam mengkonsumsinya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Flora Akar Binasa (Plumbago Indica Linn)"