Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)

Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)
link:Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)

 Tanaman adem ati yaitu tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berda disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)
Tanaman Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)


Deskripsi Tanaman Adem Ati

Tanaman adem ati yaitu tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berda disekitar kita. Tanaman adem ati dap ditemukan pada tempat pinggiran hutan, hutan, tepi sungai, rawa, dan lain-lain. Nama latin tumbuhan adem ati ialah Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan adem ati mempunyai nama  soft bollygum, bolly beech, Bollywood, bollygum, brown bollygum, brown Bollywood, sycamore dan brown beech. Menurut sejarah tumbuhan adem ati ini berasal dari India. Persebaran tumbuhan adem ati di India, China selatan, Malaysia, Indonesia, Philipina, Australia, dan pulau-pulau Pasifik barat. Ciri-ciri tumbuhan adem ati tumbuhan berkayu dengan bunga yang berwarna putih dan mempunyai buah berbentuk bundar berwarna hijau sewaktu muda dan berwarna hitam saat sudah masak. Fungsi dan kegunaan dari tumbuhan adem ati yaitu bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai pakan ternak, dan kayu bakar. Namun  yang tidak kita ketahui ternyata tanamana adem ati ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat guna mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Adem Ati 

Jawa : Adem Ati, Kapu Ketek, Nyampu Wingka, dan Wuru Beling.
Sunda: Huru Batu, Huru Beusai, Huru Tangkalak, Madang Kapas.

Klasifikasi Tanaman Adem Ati

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Magnoliidae
Ordo: Laurales
Famili: Lauraceae
Genus: Litsea
Spesies: Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Adem Ati

Tanaman adem ati merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan suku kamfer-kamferan. Tanaman adem ati pohon yang mempuyai ukuran tingginya sanggup mencapai 3-15 m. Batang tumbuhan adem ati berkayu dan mempunyai banyak cabang. Daun tumbuhan adem ati berbentuk lonjong elips dengan ukuran  3,5-10 × 1,5-11 cm, berwarna hijau.   Bunga tumbuhan adem ati berbentuk malai. Mahkota bunga tumbuhan adem ati berwarna putih kekuningan.Tanaman adem ati berbunga antara bulan Maret dan Juni dan buah-buahan muncul pada bulan September-Oktober. Bunga jantan tumbuhan adem ati mempunyai 8-20 benang sari. Buah tumbuhan adem ati berbentuk bundar dengan diameter kurang lebih 8 mm. Buah tumbuhan adem ati sewaktu masih muda akan berwarna hijau dan sehabis bau tanah akan berwarna hitam. Akar tumbuhan adem ati ini tunggang berwarna coklat muda. Tanaman adem ati berkembang biak dengan 2 cara yaitu dengan biji dan stek. Habitat tumbuhan adem ati di tepi hutan, tepi sungai, semak-semak dan hutan sekunder dan primer yang mempunyai ketinggian antara 500 hingga 1.900 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Adem Ati Yang Digunakan

Daun, Akar, dan Kulit Batang

Kandungan Tanaman Adem Ati

Tanaman adem ati mengandung zat aktif alkoloid (golongan fenantrena dan aporfina), flavonoid, tanin, polifenol, dan minyak atsiri

Manfaat dan Khasiat Tanaman Adem Ati Untuk Kesehatan
  1. Tanaman adem ati untuk anti inflamasi.
  2. Tanaman adem ati dipakai sebagai penghilang sakit analgesik.
  3. Tanaman adem ati berguna untuk menghilangkan pendarahan.
  4. Tanaman adem ati bermanfaat sebagai obat diare.
  5. Tanaman adem ati berguna untuk menyembuhakan penyakit kencing manis.
  6. Tanaman adem ati untuk mengobati sakit radang usus, dan radang payudara.
  7. Tanaman adem ati dipakai untuk menyembuhkan sakit radang kulit bernanah (obat luar).
  8. Tanaman adem ati berguna sebagai obat sakit bisul.
  9. Tanaman adem ati bermanfaat untuk mengobati luka berdarah.
  10. Tanaman adem ati berguna sebagai obat penenang.
Catatan

Konsumsilah herbal tumbuhan adem ati ini dengan bijak dan sesuai dosis




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Flora Adem Ati (Litsea Glutinosa (Lour.) C. B. Rob.)"

Posting Komentar