Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Flora Adas Bagus (Anethum Graveolens L.)

rempah yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Adas Manis (Anethum Graveolens L.)
Tanaman Adas Manis (Anethum Graveolens L.)




Deskripsi Tanaman Adas Manis

Adas anggun yakni tanaman rempah-rempah yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman adas wangi sanggup kita jumpai pada derah ladang, tepi hutan dan hutan. Nama latin tanaman adas anggun yakni Anethum Graveolens L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman adas anggun mempunyai nama Dill, Indian Dill. Menurut sejerah tanaman adas anggun ini berasal dari tempat Timur Tengah atau Asia Barat. Persebaran tanaman adas wangi ini mencakup wilayah Asia Barat, Timur Tenggah, Mesir, Eropa, Amerika, Karibia, India, Pakistan, Cina, Rusia barat, Hungaria, dan Indonesia. Ciri tanaman adas anggun ini yakni mempunyai bunga berwarna kuning dengan daun berbentuk serabut. Fungsi dan kegunaan tanaman adas anggun ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman adas anggun ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Adas Manis 

Sumatera : Adhas Damu, Adhas Obat, dan Ender.
Indonesia :  Adas Manis, Adas China, Adas Sowa

Klasifikasi Tanaman Adas Manis 

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Anethum
Spesies: Anethum graveolens L. 

Anatomi dan Morfologi Tanaman Adas Manis 

Tanaman adas anggun merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga adas-adasan (Apiacea). Tanaman adas anggun ini tanaman herbal tahunan dengan ukuran 30-150 cm. Batang tanaman adas anggun tegk kokoh berbentuk silinder dengan diameter 2-12 mm berwarna hijau pucat dengan cabang-cabang berwarna hijau muda. Daun tanaman adas wangi alternatif beragam berselubung membentuk kerucut terbuka yang mencangkup batang dasar dengan ukuran panjang 1-5 cm.  Tangkai daun tanaman adas ini tergolong panjang dengan ukuran hingga 13 cm. Bunga tanaman adas wangi ini beragam berwarna kuning dengan amis yang wangi. Akar tanaman adas anggun berwarna kekuningan berbentuk ibarat tanaman wortel dengan diameter 1 hingga 1,5 cm. Buah tanaman adas berukaran kecil dimana mempunyai rasa pedas dan pahit. Biji tanaman adas berbentuk ibarat jintan dengan rasa yang anggun dan berbau wangi. Cara berkembang biak tanaman adas ini dengan biji. Habitat tanaman adas ini berada pada tempat perbukitan dan gunung pada ketinggian 1200-2000 mdpl dengan syarat hidup curah hujan yang sedang dengan banyak sinar matahari dan bersuhu agak panas.

Bagian Tanaman Adas Manis Yang Digunakan

Seluruh bab tanaman

Kandungan Tanaman Adas Manis 

Tanaman adas mengandung minyak atsiri, limoneen, potassium, magnesium, phosphorous, sodium, vitamin A, niacin, pinene, diterpene, dihydrocarvone, cineole, myrcene, Para myrcene, dillapiole, isomyristicin, myristicin, myristin, apiol and dillapiol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Adas Manis Untuk Kesehatan
  1. Tanaman adas anggun untuk payudara memperlancar ASI pada ibu menyusui.
  2. Tanaman adas anggun berguna untuk mengobati sakit kembung.
  3. Tanaman adas anggun dipakai untuk menyembuhkan sakit Flu, batuk dan pilek.
  4. Tanaman adas anggun mempunyai kegunaan sebagai deuritik.
  5. Tanaman adas anggun bermanfaat untuk mengobati sakit pada ketika haid.
Catatan 

Konsumsilah herbal tanaman adas anggun ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Flora Adas Bagus (Anethum Graveolens L.)"