Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Tangguh Keris Pusaka

Kaweruh dalam bahasa Jawa, yaitu suatu ilmu dalam dunia Perkerisan untung mengetahui sebuah Tangguh Keris yang di perkiraakan pembuatanya. Jaman kini tidak perlu repot-repot untuk mempelajari ilmu ini alasannya yaitu semuanya sudah di rangkum dalam kebudayaan Indonesia.

 yaitu suatu ilmu dalam dunia Perkerisan untung mengetahui sebuah Tangguh Keris yang di p Mengetahui Tangguh Keris Pusaka

Tangguh sebuah Keris yaitu asumsi jaman pembuatanya, dan ini haruslah di ketahui biar dapat menelusuri siapa pembuat serta pemiliknya dan masa kejayaanya. Ilmu Kaweruh memang di khususkan untuk mencari tahu asal muasal dan masa kejayaanya yang di sebut Tangguh Keris. Kaprikornus simpelnya untuk berfikir tangguh yaitu jaman pembuatan Keris, sedangkan ilmu Kaweruh untuk mengetahuinya.

Ilmu Kaweruh Untuk Mengetahui Tangguh Keris

Pemilik ilmu ini tidak dapat memastikan dengan sempurna kapan pusaka yang di telitinya itu di buat, akan tetapi dapat memastikan masa kejayaanya melalui melihat Rancangan, Kekerasan Besi dan Pamor dari Keris yang ia teliti. Dan yang harus di maklumi yaitu kesalahan dalam memperkirakakan taksiran tersebut, walaupun demikian sangat jarang ada kesalahan dalam mengetahui Tangguh sebuah Keris, alasannya yaitu pada masa kejayaanya Keris di buat dengan ciri khas tersendiri, untuk mengetahui Tangguh sebuah Keris berikut masa kejayaanya.

Tangguh-Tangguh Keris di Indonesia

  1. Kuno
    Zaman Budha antara 125 M - 1125 M, mencakup Kerajaan: Purwacarita, Medang Sliwanda, Medang Kawulan, Tulisan, Gilingwesi, Mamenang, Pengging Witaradya, Kahuripan dan yang terakhir Kediri.

  2. Madyo Kuno
    Zaman Pertengahan Kuno antara 1126 M - 1250 M, pada masa ini yaitu Kerajaan: Jengala, Singosari, Pajajaran dan Cirebon.

  3. Sepuh Tengah
    Disebut juga Tua Tengahan antara 1251 M - 1459 M, pada masa Kerajaan: Jenggala, Kediri, Tuban, Madura, Majapahit dan Blambangan.

  4. Tengahan
    Antara 1460 M - 1613 M, masa ini yaitu Kerajaan: Demak, Pajang, Madiun dan Mataram.

  5. Nom
    Dalam bahasa Jawa yaitu Muda (Nom) Zaman Pertengahan antara 1460 M - 1945, dan masa ini yaitu kerajaan: Kartasura dan Surakarta.

  6. Kamardikan
    Tangguh yang terakhir ini mencakup tahun 1945 sampai seterusnya, sehabis ini belum di ketahu lagi nama tangguh sebuah Keris, Kamardikan yaitu tangguh Keris yang dibentuk ketika 1945 atau juga Keris-keris yang di buat pada zaman sekarang.
Dari Nama-nama diatas niscaya kita sudah dapat sedikit mengetahui tangguh sebuah Keris yang kita lihat, walaupun demikian hanya dapat memperkirakan saja.

Sebenarnya masih banyak lagi, keunikan sebuah Keris untuk di pelajari, dan mungkin di lain waktu akan kita bahas lagi sedikit demi sedikit.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Tangguh Keris Pusaka"