Konsep Islam Mengikis Korupsi

Konsep Islam Mengikis Korupsi - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Konsep Islam Mengikis Korupsi, kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel lainnya, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Konsep Islam Mengikis Korupsi
link:Konsep Islam Mengikis Korupsi
Artikel Menarik:

Konsep Islam Mengikis Korupsi

Drs. H. Ladzi Safroni, M.Ag

 
Korupsi, yaitu duduk kasus yang tidak absurd bagi bangsa Indonesia. Karena hampir setiap hari berita-berita menayangkan tindak pidana ini. Pada dasarnya korupsi, di samping tidak boleh negara, juga tidak boleh oleh agama. Maka, orang yang melaksanakan korupsi, berarti melanggar anutan agama sekaligus melanggar tatanan kehidupan bernegara. Apa penyebab dan pemicu terjadinya korupsi ini ? Pertama, alasannya yaitu ada kesempatan. Karena ada kesempatan inilah kemudian si koruptor bisa merekayasa, memanipulasi data, mencari celah untuk menyelewengkan akomodasi negara untuk kepentingan pribadinya. Kedua, tekanan. Baik tekanan dari diri sendiri, ambisi untuk mempunyai harta yang banyak. Tekanan dari keluarga yang ingin mempunyai harta benda banyak, semoga keluarganya terpandang, bergengsi. Bisa juga tekanan itu berasal dari jenjang struktural di atasnya. Karena ditekan oleh atasannya yang tanpa bisa ia hindarkan, maka sanggup pula terjadinya korupsi. Ketiga, rasionalisism (kebiasaan). Kita ketahui, bahwa tidak hanya satu instansi saja yang korupsi, tetapi sudah marak di instansi manapun terjadi kosupsi di negeri ini. Seolah sudah menjadi kewajaran, seolah sudah menjadi kebiasaan. Akibatnya, orang yang korupsi sudah tidak malu lagi, sehingga mengakibatkan korupsi merajalela alasannya yaitu dianggap wajar, dianggap biasa. 

Terkait kondisi yang sedemikian parahnya itu, mungkin perlu kita renungkan sabda Rasulullah SAW : “Tidak akan mencuri ketika ia beriman, dan di dikala ia mencuri imannya lepas. Dan tidak pula orang itu yang berzina ketika ia beriman, dan di dikala berzina imannya lepas. Karena itulah Islam tidak menghendaki korupsi. Islam hadir untuk menjadikan hamba Allah yang higienis baik lahir maupun batin, higienis fikiran maupun higienis pekerjaan dari hal-hal yang negatif. Islam mempunyai konsep, semoga umat Islam terhindar dan tidak terjebak dalam bulat korupsi. Islam mengajarkan untuk mencari harta dengan cara halal dan baik. Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah 168, yang maknanya : Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kau mengikuti langkah-langkah syaitan; alasannya yaitu Sesungguhnya syaitan itu yaitu musuh yang kasatmata bagimu. 

Pertama, Islam mengajarkan untuk memulai sesuatu dengan niat yang tulus, nrimo alasannya yaitu Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surah al Bayyinah :5 yang maknanya : Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus. 

Allah berfirman pula al-Haj: 37: maknanya : Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak sanggup mencapai (keridhaan) Allah, tetapi Ketakwaan dari kamulah yang sanggup mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kau supaya kau mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. dan berilah kabar bangga kepada orang-orang yang berbuat baik. Rasulullah SAW bersabda :"Sesungguhnya semua amal perbuatan itu dengan disertai niat-niatnya dan bagi setiap orang itu apa yang telah menjadi niatnya. Maka barangsiapa yang hijrahnya itu kepada Allah dan RasulNya, maka hijrahnya itupun kepada Allah dan RasulNya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu untuk harta dunia yang hendak diperolehinya, ataupun untuk seorang perempuan yang hendak dikahwininya, maka hijrahnyapun kepada sesuatu yang dimaksud dalam hijrahnya itu." 

Kedua, diajarkan bagi umat Islam untuk mempunyai sifat ridha (menerima apapun ketentuan Allah). Karena Allah Maha Adil, Maha Kasih Sayang, Maha Pemurah, tidak satu makhluk pun yang di dholimiNya. Semua diberi perangkat oleh Allah SWT dengan sempurna, diberi akal, diberi perasaan, diberi kemauan, dan diberi himmah-himmah yang lain. Yang semua itu bertujuan untuk insan menjalani hidup di dunia, dengan catatan sesuai dengan tuntunan dan anutan yang diridhohi Allah SWT. Allah SWT membuat insan dengan strata kehidupan yang berbeda-beda, ada yang kaya, ada pula yang miskin, ada pejabat ada bawahan. Di mana keduanya bisa saling mengisi dan saling membutuhkan. Karena itu, ketika kita menempati di manapun, harus kita sadari bahwa semua itu merupakan karunia dari Allah SWT. Kita harus ridha atas qadar dan qadha’nya Allah SWT. Karena dalam memperlihatkan apapun kepada hambaNya, Allah SWT mendahulukan kasih sayangNya, daripada murkaNya. Jika apapun yang kita terima kita sukuri, maka dampaknya kita akan merasa senang, dan senang dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. 

Ketiga, mengendalikan hawa nafsu terhadap harta. Menuruti hawa nafsu tidak ada puasnya. Allah SWT berfirman dalam surah Yusuf : 53 maknanya : Dan saya tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), alasannya yaitu Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. Allah SWT menganugerahkan nafsu sebagai modal kehidupan, dan harus kita kendalikan, kita arahkan semoga tidak keluar dari jalur keridhaan Allah SWT. Semoga kita bisa mendapat bimbingan Allah SWT bisa mengendalikan nafsu, sehingga terhidar dari korupsi dengan majemuk bentuknya. 




Sampai disini Artikel tentang Konsep Islam Mengikis Korupsi

Semogga postingan Konsep Islam Mengikis Korupsi bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Konsep Islam Mengikis Korupsi yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Konsep Islam Mengikis Korupsi"

Posting Komentar