Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia

Merah Putih, Ya bendera merah putih, ibarat kita ketahui merah putih yg berMakna berani dan suci dimiliki oleh beberapa negara. Dalam hali ini mungkin sahabat anehdidunia.com tidak mengetahui siapa yg pertama kali Memakai merah putih sebagai bendera negara. Disini saya bakal coba ulas.

Bendera Polandia

 ibarat kita ketahui merah putih yg berMakna berani dan suci dimiliki oleh beberapa nega Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia

Bendera Polandia terdiri atas dua garis horizontal dengan lebar yg sama, bab atas putih dan bab bawah merah. Dua warna tersebut didefinisikan dalam konstitusi Polandia sebagai warna nasional.

Putih dan merah setrik resmi diadopsi sebagai warna nasional pada tahun 1831. Hal itu didasarkan atas tincture (warna) khas dari lambang dua negara konstituen Persemakmuran Polandia-Lituania, yaitu Elang Putih dari Polandia dan The Pursuer of Lituania, seorang ksatria berkulit putih yg menunggangi kuda putih Komplit dengan perisai merah. Sebelum itu, tentara Polandia Memakai kombinasi aneka macam warna. Bendera nasional setrik resmi diadopsi pada tahun 1919. Sejak tahun 2004, Polish Flag Day dirayakan pada tanggal 2 Mei.

Bendera Monaco

 ibarat kita ketahui merah putih yg berMakna berani dan suci dimiliki oleh beberapa nega Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia

Bendera nasional Monaco terdiri atas dua strip horizontal yg sama, merah (atas) dan putih (bawah). Warna Merah dan Putih sudah menjadi corak khas The House of Grimaldi paling tidak semenjak 1339, namun dengan desain yg berubah-ubah.. Desain dua warna diadopsi pada tanggal 4 April 1881, di bawah pimpinan Pangeran Charles III.

Bendera Monako yg orisinil (berbentuk sama dengan Bendera negara Monako tapi dengan gambar simbol negara versi sebelumnya di tengahnya) sudah dipakai semenjak awal kerajaan ini berdiri, kecuali Saat Monako di-aneksasi Perancis pada periode 1793-1814. Bentuknya kini yg lebih sederhana mulai dipakai semenjak 4 April 1881.

Bendera Indonesia
 ibarat kita ketahui merah putih yg berMakna berani dan suci dimiliki oleh beberapa nega Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia
Bendera nasional Indonesia, yg dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih ("Merah Putih") didasarkan pada bendera Kerajaan Majapahit pada masa ke-13 di Jawa Timur. Bendera itu sendiri diperkenalkan dan dikibarkan setrik resmi di hadapan dunia pada upatrik Hari Kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945. Desain bendera masih tetap sama hingga sekarang.

Warna merah putih berasal dari bendera Kerajaan Majapahit pada masa ke-13. Kemudian, warna-warna itu dihidupkan kembali oleh para mahasiswa dan para nasionalis di awal masa 20 sebagai verbal nasionalisme melawan Belanda. Bendera merah-putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Jawa pada tahun 1928. Di bawah pemerintahan Belanda, bendera itu dihentikan berkibar. Sistem ini diadopsi sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, Saat kemerdekaan diumumkan dan telah dipakai semenjak Saat itu.

Ada juga kisah lain wacana bendera Indonesia, yg setrik signifikan bekerjasama dengan bendera Belanda. Di bawah kolonialisme Belanda, setiap urusan Memakai bendera Belanda (merah-putih-biru). Sedangkan bendera Indonesia dihentikan digunakan. Sebagai simbol perlawanan terhadap Belanda, kaum nasionalis Indonesia dan gerakan kemerdekaan merobek bendera Belanda. Mereka merobek bab bawah bendera, dan memisahkan warna merah dan putih dari warna biru. Alasan utamanya ialah alasannya ialah biru pada bendera Belanda dipahami sebagai bangun untuk aristokrasi "berdarah biru". Sebaliknya, warna merah mewakili darah yg tertumpah dalam Perang Kemerdekaan, sedangkan putih dapat dipahami untuk melambangkan kemurnian Indonesia.

Nama resminya ialah Sang Merah Putih sesuai dengan Pasal 35 Undang-Undang Dasar 1945. Bendera ini juga biasa disebut Bendera Merah Putih, Sang Dwiwarna, atau Sang Saka Merah Putih. Bendera Pusaka ialah bendera yg dikibarkan di depan rumah Soekarno beberapa Saat sehabis beliau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Bendera Pusaka ini ialah dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno, dan dikibarkan setiap tahun di depan istana presiden pada Saat upatrik hari kemerdekaan. Namun, alasannya ialah dianggap terlalu rapuh, Bendera Pusaka dikibarkan untuk yg terakhir kalinya pada 17 Agustus 1968.

Merah berMakna keberanian, sedangkan putih berMakna kemurnian. merah tersebut merupakan badan insan atau kehidupan fisik, sedangkan putih melambangkan jiwa insan atau kehidupan rohani. Bersama-sama mereka bangun untuk melengkapi manusia.

 ibarat kita ketahui merah putih yg berMakna berani dan suci dimiliki oleh beberapa nega Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia

Setrik tradisional, sebagian besar masyarakat Indonesia telah Memakai merah dan putih sebagai warna suci mereka, pencampuran warna gula (warna merah berasal dari gula kelapa atau Gula aren) dan beras (berwarna putih). Sampai hari ini, keduanya merupakan komponen utama masakan Indonesia setiap hari. Rupanya, penduduk Kerajaan Majapahit juga Memakai konsep ini dan dirancang sebagai bendera merah dan putih.

Note : Kerajaan majapahit bangun tahun 1293

KESIMPULANNYA
  • Polandia Memakai corak bendera putih-merah pada tahun 1831
  • Monaco Memakai corak bendera merah-putih pada tahun 1339 (itupun desainnya masih berubah-ubah)
  • INDONESIA, Memakai corak bendera MERAH PUTIH semenjak jaman Kerajaan Majapahit bangun tahun 1293!!
INDONESIA ialah yg PERTAMA Memakai bendera MERAH PUTIH dan tidak pernah mengalami perubahan desain bendera. Walaupun sering terjadi pergolakan di dalam negeri, perubahan sistem pemerintahan, penjajahan oleh kaum imperialisme, MERAH PUTIH bakal tetap berkibar!! MERDEKA!!!!


sumber: /search?q=sisi-gelap-perusahaan-besar-dunia

Posting Komentar untuk "Pengguna Merah Putih Pertama Di Dunia"