Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Carica (Carica Pubescens)

 Tanaman carica ialah salah satu jenis tanaman kerabat bersahabat dari tanaman pepaya Manfaat dan Khasiat Tanaman Carica (Carica Pubescens)
Tanaman Carica (Vasconcellea Pubescens)



Deskripsi Tanaman Carica

Tanaman carica ialah salah satu jenis tanaman kerabat bersahabat dari tanaman pepaya. Tanaman carica ini biasanya tumbuh didaerah pegununungan atau dataran tinggi. Nama latin tanaman carica ialah Carica Pubescens Synonyms Vasconcellea pubescens . Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman carica mempunyai nama lain yaitu mountain pawpaw, papayuelo, chamburo. Menurut sejarah tanaman carica berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Tanaman carica ini sudah menyebar luas dan ditanam pada kawasan tropis termasuk Indonesia. Awal mula tanaman carica ditanam di Indonesia pada masa penjajahan di tanam di dataran tinggi Dieng dan Bali. Ciri-ciri tanaman carica ini mempunyai buah lonjong segi lima agak kecil seakan-akan buah pepaya. Fungsi dan kegunaan tanaman carica bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai tanaman buah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman carica ini juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Carica

Indonesia : Carica
Jawa : Kates Gunung, Pepaya Gunung, Karika
Bali : Gedang Memedi

Klasifikasi Tanaman Carica

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: Carica pubescens (A. DC.) Solms-Laub.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Carica

Tanaman carica ialah salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Caricaceae). Tanaman Carica merupakan pohon kecil atau perdu yang tidak berkayu, seakan-akan dengan pepaya biasa (Carica papaya L.), tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan ukuran semua bab tanaman lebih kecil. Tinggi rata-rata ialah 1-2 meter. Bunga tanaman carica jantan mempunyai tangkai yang panjang sampai 15 cm dan bunga betina berukuran lebih besar dengan tangkai yang keras dan pendek. Buah tanaman carica berbentuk bundar telur dengan ukuran panjang 6–10 cm dan diameter 3–4 cm. Buah matang berbentuk telur sungsang dengan ukuran 6–15 cm x 3–8 cm, dagingnya keras, berwarna kuning-jingga, rasanya agak asam tetapi harum, di sekeliling rongganya terdapat banyak sekali biji yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan berair. Buah tanaman carica yang belum matang mempunyai kulit yang berwarna hijau gelap dan akan bermetamorfosis kuning sehabis matang. Biji buah tanaman carica berwarna hitam dengan jumlah yang banyak dan padat. Buah tanaman carica mengandung getah, dan getah ini akan semakin berkurang dengan semakin mendekati kematangan. Getah tanaman carica ini mengandung papain yang bersifat proteolitik. Tanaman carica berkembangbiak dengan biji. Cara menanam tanaman carica tabur dalam wadah teduh dari cahaya langsung. Ini berkecambah terbaik pada suhu sekitar 24 - 30c. Habitat tanaman carica pada ketinggian lebih tinggi sampai 3.000 meter, dengan curah hujan yang tersebar dengan baik di kawasan tropis.

Bagian Tanaman Carica Yang Digunakan

Buah

Kandungan Tanaman Carica

Tanaman carica mengandung sumber kalsium, gula, vitamin A dan C dan  banyak minyak atsiri dan merupakan turunan dari asam lemak, senyawa 3-hidroksiester.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Carica Bagi Kesehatan

  • Buah tanaman carica ini direkomendasikan untuk orang yang sakit sindrom dispepsia
  • Kandungan serat tinggi pada buah tanaman carica sanggup melancarkan proses pencernaan.
  • Kandungan papain dalam buah tanaman carica sanggup mempunyai kegunaan untuk menetralkan pH dan membunuh basil jahat dalam usus.
  • Kandungan Vitamin A dalam tanaman carica lebih besar daripada buah wortel sehingga baik untuk kesehatan mata.
  • Kandungan Vitamin A dan Vitamin C pada tanaman carica juga baik untuk menangkal radikal bebas dan sinar UV yang sanggup merusak kesehatan kulit.
  • Vitamin B kompleks berperan penting dalam metabolisme badan yang sanggup menghasilkan energi pelengkap bagi kesehatan tubuh.
  • Tanaman carica mengandung zat agrinin yang sanggup menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
  • Tanaman carica sanggup juga dipakai sebagai penunda penuaan dini /anti aging.

Catatan

Konsumsilah herba tanaman carica ini dengan bijak dan sesuai takaran. Penderita diabetes akut dan hipertensi, disarankan tidak mengkonsumsi buah ini sama sekali.


Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Carica (Carica Pubescens)"