Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makhluk Bahari Mengerikan Yang Jarang Di Ketahui Orang

Dengan luas yang nyaris mencapai 3 kali luas daratan, sampai ketika ini luat masih menyimpan bermacam-macam misteri bagi umat manusia. Mulai dari makhluk-makhluk misterius sampai dongeng mistis dalam banyak sekali mitologi, bahari seolah punya misterinya sendiri yang menunggu untuk dipecahkan. Meski banyak pula inovasi gres yang telah berhasil dipecahkan oleh para ilmuan. Tiap hari ada saja makhluk abnormal dan inovasi gres yang mengundang rasa heran sekaligus decak kagum. Beberapa inovasi ini bahkan ada yang menjadi insirasi film-film Hollywood alasannya ialah keanehanya. Namun meski begitu masih banyak orang yang tak mengetahui keberadaan makhluk abnormal dari lautan yang sanggup membuat buku kuduk bangun ini. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berabagi sedikit dongeng dari makhluk-makhluk abnormal dan tak biasa di dunia ini dalam, Makhluk Laut Mengerikan Yang Jarang Di Ketahui Orang, versi anehdidunia.com


Sarcastic Fringehead



Sarcastic Fringehead atau Neoclinus blanchardi, merupakan ikan karang yang hidup di sepanjang pantai California. Ikan yang mempunyai badan bercorak dan kadang juga mempunyai warna yang bermacam-macam ini, biasanya hidup diantara celah karang dengan panjang sekitar 1 kaki. Namun meski terlihat cukup lucu jangan tertipu dengan penampilan ikan kecil ini. Karena ketika ia telah membuka mulutnya, seketika itu juga Sarcastic Fringehead akan eksklusif bermetamorfosis makhluk yang mengerikan. Makhluk yang biasa hidup di kedalaman bahari sekitar 3 sampai 73 meter ini mempunyai ekspresi yang sanggup terbuka dengan amat lebar sampai nyaris 2 kali lipat ukuran kepalanya. Sahabat anehdidunia.com ekspresi ini uniknya mempunyai warna yang tak biasa dan justru terlihat indah. Namun meski begitu ekspresi ini biasa di gunakan untuk menerkam mangsa yang lewat di sekitar karang kawasan Sarcastic Fringehead bersembunyi. Karena itu makhluk ini juga menjapat julukan ikan vampir alasannya ialah kebiasaanya menyergap mangsa dan menggigit dengan taring tajam yang ada di mulutnya. Selain itu para jago juga meyakini kalau ekspresi Sarcastic Fringehead yang begitu lebar juga merupakan salah satu prosedur pertahanan diri terhadap predator yang jauh lebih besar.


Northern Stargazer



Meski menghabiskan sebagain besar hidupnya di dasar pasir lautan. Namun tetap bukan kasus yangg gampang untuk menemukan keberadaan ikan Northern Stargazer. Sama halnya dengan Stonefish yang memanfaatkan bentuk tubuhnya untuk menyamar diatara karang. Northern Stargazer yang mempunyai nama ilmiah Astroscopus Guttatus ini juga sama, hanya saja bedanya Northern Stargazer menyamarkan dirinya diantara pasir yang ada di lantai lautan. Sahabat anehdidunia.com ikan yang hidup di Samudera Atlantik dan sepanjang pantai timur bahari AS, biasanya akan terus berdiam di kawasan persembunyianya sepanjang hari tanpa melaksanakan pergerakan sedikitpun.

Baru ketika ada mangsa yang lewat diatasnya, makhluk ini akan menggunakan ekspresi besarnya yang mengerikan untuk menerkam mangsanya. Dengan secepat kilat makhluk ini akan menghisap mangsanya ke dalam ekspresi lebarnya yang dipenuhi dengan gigi tajam kemudian memakan mereka hidup-hidup. Selain daya sergapnya yang luar biasa ini Northern Stargazer juga masih mempunyai sejata diam-diam lain, yaitu sengatan listrik yang sanggup dikeluarkan dari kepalanya. Di dalam kepalanya Northern Stargazer, mempunyai organ khusus yang bisa menembakan sengatan listrik untuk menyetrum mangsnaya. Selain itu kemampuan unik ini juga mempunyai kegunaan bagi Northern Stargazer, untuk menghadapi predator dan juga ketika terjadi perkelahian dengan ikan Northern Stargazer lain yang memasuki wilayah mereka.


Pink See-Through Fantasia



Makhluk tembus pandang berwarna merah muda ibarat gambar di atas, mungkin hanya bisa kita bayangkan muncul dalam sebuah film fiksi ilmiah saja. Namun hal tersebut tak sepenuhnya benar, alasannya ialah makhluk dalam foto di atas benar-benar kasatmata dan ada di dunia ini. Sahabat anehdidunia.com dinamai Pink See-Through Fantasia, makhluk unik ibarat ubur-ubur ini merupakan spesies gres yang di temukan pada tahun 2007 silam oleh peneliti dari sentra riset kelautan Amerika di bahari Filipina dan Utara Sulawesi. Makhluk abnormal ini ditemukan setrik tak sengaja ketika sekelompok fotografer kelautan dari NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), National Geographic Society dan WHOI Ocean Life Institute, tengah mengfilmkan kehidupan timun laut.

Saat itulah mereka melihat suatu obyek berwarna merah muda sedang berenang. Setelah didekati ternyata makhluk ini transparan dan organ dalam tubuhnya terlihat dengan jelas. Makhluk yang kemudian di berinama Pink See-Through Fantasia (Hewan pink tembus pandang) di ketahui hidup do kedalama 8.200 kaki di bawah permukaan laut. Selain badan yang transparan alasannya ialah hidud di bahari dalam Pink See-Through Fantasia, juga mempunyai kemampuan untuk bercahaya dalam gelap. Sayangnya hanya itu gosip yang ada perihal makhluk misterius ini alasannya ialah belum adanya penelitian lebih lanjut serta susahnya makhluk ini untuk ditangkap dan diteliti.


Bobbit Worm



Dengan panjang lebih dari 10 kaki, tentakel yang menferikan dan pencapit tajam yang siap menerkam mangsanya. Bobbit Worm merupakan teror paling mengerikan dari dasar bahari yang bisa di bayangkan oleh manusia. Memiliki nama ilmiah Eunice Aphroditois, caing bahari yang satu ini merupakan predatror tingkat atas yang nyaris bisa menyantap apapun yang lewat diatasnya. Dengan tubuhnya yang sangat panjang, cacing ini menanamkan dirinya jauh ke dalam pasir bahari yang membuatnya bisa menarik mangsa sebesar apapun yang ia tangkap. Makhluk ini terlihat dengan gampang sanggup menarik mangsanya alasannya ialah addanya kaki-kaki kecil di sepanjang tubuhnya yang kian memudahkanya ketika menarik mangsa.

Hebatnya lagi makhluk yang satu ini hanya mengandalkan sensor yang ada di tentakelnya untuk mencicipi kehadiran mangsa. Hal ini dikarenakan Bobbit Worn sama sekali tak mempunyai mata dan berdasarkan para peneliti makluk ini juga tak punya otak, yang berarti ia hanya bergerak mengikuti rangsangan ototnya saja. Dan ibarat apa yang sudah di jelaskan tadi, cacing mengerikan ini akan mengkonsumsi apa saja yang lewat di atasnya. Baik itu ikan, udang, kepiting, gurita dan bahkan sampai binatang beracun ibarat ikan Harimau dan Buntal. Saat sudah mendapat mangsa Bobbit Worm biasanya akan berdiam di dalam pasir sampai ia tamat mencerna mangsa tersebut. Makara semakib besar mangsa yang ia sanggup maka akan semakin usang pula Bobbit Worm akan berdiam dalam pasir.


Gulper Eel



Gulper Eel merupakan spesimen belut bahari yang hidup pada kedalaman bahari antara 500 sampai 6.000 kaki. Hewan ini dinamai Gulper alasannya ialah mempunyai rahang yang begitu lebar sampai terlihat bisa "melahap" (gulper) apapun yang ada di depanya. Rahang yang begitu besar ini juga membuat binatang yang mempunyai nama ilmiah Eurypharynx pelecanoides, sering juga disebut sebagai Pelikan Eel (Belut Pelikan). Selain itu julukan ini juga muncul alasannya ialah perut Belut Pelikan yang melar sesuai dengan besar mangsa yang ia makan. Hal ini ibarat dengan kantung tembolok yang ada pada kebanyakan burung yang akan melar sesuai dengan banyaknya makanan yang dimakan.

Sayangnya ukuran kepala yang besar ini meski sedikit banyak menguntungkan Belut Pelikan ketika memburu mangsa juga membuat pergerakanya tak selincah belut bahari lainya ketika berenang di air. Dengan panjang badan maksimal yang hanya bisa mencapai sekitar 75 cm, belut ini kadang terlihat akan susah untuk bermanuvur di dalam air. Sahabat anehdidunia.com untungnya belut ini Punya senjata lain untuk menarik mangsanya, yaitu bab badan yang sanggup bersinar di sepanjang ruas tulang utamanya. Mengingat belut ini hidup kedalaman bahari dimana cahaya sangatlah minim, bab dari badan belut ini yang bisa bercahaya selalu sanggup menarik perhatian mangsa. Dan ketika mereka telah cukup bersahabat maka ketika itulah Belut Pelikan akan eksklusif melahapnya.


Deep-Sea Dragonfish



Menghuni salah satu lingkungan terkeras di kedalaman bahari 1.500 - 4.500 meter, membuat Deep-Sea Dragonfish menjadi salah satu predator paling garang di seluruh lautan. Habitatnya yang mempunyai tekanan sampai 200 atmosfer juga membuat ikan ini mempunyai ciri fisik yang tak biasa. Salah satu jenis belut ini di lengkapi dengan ekspresi besar yang nyaris bisa di lepas dari bab kepalanya ketika akan menangkap mangsa. Bagian rahang ini juga dilengkapi dengan gigi-gigi besar yang sanggup merobek mangsa dalam sekejap.

Selain itu untuk menahan tekanan arus bawah air yang berpengaruh ikan ini mempunyai struktur tengkorang kepala unik yang berbeda dengan kebayakan ikan pada biasanya. Di bab kepala ini terdapat dua buah cekungan yang setrik tak eksklusif meminimalisir tekanan pada otak. Habitat kawasan tinggalnya yang nyaris tak diteragi cahaya juga membuat binatang invertebrata (Tak bertulang belakang) ini mempunyai semacam cemelai bercahaya ntuk memancing mangsa. Sahabat anehdidunia.com satu hal lain yang membuat unik Deep-Sea Dragonfish ialah bahwa binatang ini ialah satu-satunya binatang di bahari yang bisa mengeluarkan dua cahaya dari tubuhnya yaitu biru dan merah. sementara kebanyakan fauna bahari lain yang bisa mengeluarkan satu cahaya dari tubuhnya baik itu merah atau biru.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa makhluk bahari dengan penampilan paling mengerikan yang ada di laut. Meski jarang di ketahui banyak orang namun keberadaan makhluk-makhluk ini telah menandakan bahwa bahari memang masih menyimpan banyak misteri serta makhluk misterius yang belum pernah dilihat oleh insan selama ini.

Referensi:
therichest.com/shocking/15-disturbing-creatures-to-come-out-of-the-ocean/
https://en.wikipedia.org/

Posting Komentar untuk "Makhluk Bahari Mengerikan Yang Jarang Di Ketahui Orang"