Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Phobia Rasa Takut Yang Dapat Membunuhmu

Setiap orang niscaya mempunyai sesuatu yang Ia takuti, baik itu berupa benda, hewan, tempat, atau bahkan sebuah situasi maupun kondisi. Semua hal itu wajar-wajar saja alasannya ialah insan memang tak ada yang sempurnya. Sifat takut seperti ini gres akan menjadi duduk kasus bila sudah menjadi berlebih-lebihan hingga sanggup mengakibatkan orang yang mempunyai "ketakutan" menjadi histeris bila melihat yang Ia takuti, atau bahkan menjadi antipati terhadap sesuatu hingga berusaha menghindarinya sebisa mungkin. Kondisi yang biasa di sebut Phobia ini, tentu akan sangat merepotkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi meski begitu pada umumnya phobia bukanlah suatu kondisi yang membayakan pengidapnya, Jika sanggup di atur dengan baik. Namun yang tak banyak orang tahu adalah, bahwa diatara sekian banyaknya phobia yang ada, beberapa diantaranya tergolong sangat berbahaya dan bahkan sanggup masuk dalam kategori mematikan. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan membuatkan isu perihal jenis-jenis phobia yang mematikan ini dalam Jenis Phobia Yang Bisa Membunuhmu versi anehdidunia.com


Somniphobia



Sebagian orang niscaya sudah familar dengan istilah Insomnia, sebuah istilah medis yang sering di gunakan untuk menggambarkan kondisi orang yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Kondisi yang biasanya muncul jawaban stress yang diakibatkan oleh beban kerja sehari-hari ini, ternyata juga sanggup tumbuh menjadi suatu jenis phobia mematikan yang disebut Somniphobia. Somniphobia sendiri menimbulkan pengidapnya mengalami ketakutan akan kehilangan kontrol atas tubuh mereka ketika tidur. Kondisi ini juga menimbulkan terjadinya mimpi jelek yang terus berulang. Akobatnya pengidap Somniphobia, jadi takut untuk tidur dan sebisa mungkin berusaha terjadi. Hal inilah yang setrik perlahan bergotong-royong sanggup membunuh pengidap Somniphobia. Sahabat anehdidunia.com menyerupai yang kita tahu ketika tidur tubuh insan memulai proses pemulihan diri dengan memproduksi banyak sekali hornon imunitas yang berfingsi untuk meregenerasi segala jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Tanpa tidur yang cukup tubuh insan tak akan sanggup memulihkan kesusakan yang ada dalam tubuhnya. Sedangkan seorang pendidap Somniphobia sanggup tak tidur sama sekali selama beberapa hari, hal ini setrik perlaham akan menimbulkan duduk kasus kesehatan serius diantaranya menyerupai tekanan darah tinggi, sakit jantung, dan stroke, yang [ad akhirnya akan berujung ada kematian.


Iatrophobia



Phobia yang satu ini mungkin sanggup menjadi materi pembelajaran bagi para Orang Tua untuk tak menjadikan Dokter sebagai alat menakut-nakuti anak mereka yang masih kecil ketika sedang nakal. Karena Iatrophobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap Dokter, ternyata merupakan salah satu Phobia yang paling mematikan di dunia ini. Dalam beberapa kondisi tertentu efek dari Iatrophobia bahkan sanggup membuat orang menjadi panik dan merasa mual hanya dengan membayangkan dirinya pergi menemui Dokter. Kondisi ini tentu akan menjadi sangat berbahaya bila seseorang pengidap Iatrophobia, sedang dalam kondisi sakit yang parah dan jarus itangani oleh Dokter. Salah satu tumpuan kasusnya ialah apa yang terjadi pada seorang Pria berjulukan John Dart pada tahun 2009 yang lalu. Pria pengidap Iatrophobia, bahkan lebih menentukan untuk bunuh diri daripada harus pergi ke Dokter. Padahal ketika itu Ia hanya perlu memeriksakan noda kecil di hidungnya. John berfikir noda tersebut merupakan sel kanker, hingga Ia merasa sangat tertekan alasannya ialah merasa harus memeriksanya ke Dokter, namun di sisi lain phobia yang Ia alami membuatnya sangat takut untuk bertemu dengan Dokter. Dan alasannya ialah tekanan inilah akhirnya John menentukan untuk mengakhir hidupnya, padahal bergotong-royong noda yang ada dihidungnya bukanlah sel kanker melainkan hanya noda biasa yan tak berbahaya.


Rhypopobhia



Sudah merupakan diam-diam umum bila toilet umum merupakan daerah yang tak higienis. Selain alasannya ialah dipakai oleh banyak orang, toilet umum juga biasanya kurang terawat kebersihanya, hal ini membuat orang biasanya enggan menggunakan akomodasi publik ini dan menentukan menahan hajatnya hingga dirumah. Kondisi ini ternyata juga merupakan sebuah Phobia yang berjulukan Rhypopobhia, Phobia ini ternyata juga tidak mengecewakan banyak di idap oleh orang terutama di Inggris. Dimana di Negri Ratu Elisabeth ini tercatat ada sekita 4 juta orang yang mengalami ketakutan dan kekhawatiran ketika harus menggunakan toilet umum. Dan bagi beberapa orang Rhypopobhia, tak hanya membuat mereka takut menggunakan Toilet umum, tapi juga tolilet yang ada di rumahnya sendiri. Sahabat anehdidunia.com kesudahannya orang yang mengidap Rhypopobhia, akan sebisa mungkin menahan dan menundan buang air kareta takut akan merasa sakit ketika buang air di toilet. Phobia ini sendiri telah menelan korban yaitu seorang gadis berjulukan Emily Titterington. Rasa takutnya yang luar biasa pada Toilet, membuat Emily sering sekali menahan buang air selama 2 bulan. Hal ini berakibat fatal alasannya ialah usus Emili lambat laun membesar dan memperlihatkan tekanan pada organ vital lainya. Kondisi ini menimbulkan Emili meninggal dunia pada usia 16 tahun alasannya ialah terkena serangan jantung.


Mysophobia



Mysophobia merupakan sebutan untuk sebuah Phobia dimana penderitanya mengalami ketakutan berlebih pada kuman. Phobia ini juga serin dikaitkan dengan OCD atau Obsessive Compulsive Disorder. Sebuah kondisi psikis dimana orang sangat terobsesi akan sesuatu baik itu kebersihan atau kerapihan. Dan untuk masalah Mysophobia, orang akan jadi begitu terobsesi untuk membersihkan setiap benda yang ada di sekitarnya. Obsesi dan ketakutan ini tentu akan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari terutama ketika harus bersosialisa dengan orang lain. Namun tak hanya hingga disitu alasannya ialah pengidap Mysophobia, juga dihadapkan dengan resiko yang sangat fatal jawaban Obsesi mereka akan kebersihan. Sahabat anehdidunia.com salah satu misalnya ialah yang terjad pada Samantha Hancox, ketakutanya akan basil telah membuat perempuan ini tak pernah meninggalkan rumahnya selama lebih dari 20 tahun. Selama tak kurang dari 18 tahun, Ia menghabiskan waktu 20 jam sehari untuk mandi, dan membersihakn diri hingga jarang mempunyai waktu untuk makan. Kondisi ini tentu berdampak buru bagi kesehatanya dan meski Samantha telah berusia keras untuk menyembuhkan phobianya ini, Ia akhirnya meninggal dunia di usia 40 tahun dalam penjara yang Ia ciptakan dari rasa takutnya sendiri.


Heliophobia



Heliophobia merupakan sebuah phobia yang menimbulkan pengidapnya mengalamu ketakutan yang berlebiha terhadap sinar matahari. Ketakutan ini bahkan sanggup menimbulkan sebuah ilusi dimana pengidap Heliophobia akan mencicipi sensasi seolah terbakar pada kulitnya ketika terkena sinar matahari. Hal ini membuat pengidap Heliophobia selalu dilanda kegelisahan ketika akan terkena sinar matahari langsung. Hal ini menimbulkan pengidap Heliophobia atau yang biasa disebut heliophobes akan sebisa mungkin menhindari sinar matahari. Akibatnya mereka akan mengalami kekurangan vitamin D yang sebagian besar di sanggup dari sinar matahari. Vitamin D sendiri dalam tubuh berkhasiat untuk mengatur kalsium dalam tulan dan menjaga tulang tetap sehat. Kekurangan vitamin D sanggup ini selain tak baik bagi tulang juga akan meningkatkan resiko rakhitis, kanker, atau penyakit lain yang bahkan sanggup menimbulkan kematian.


Cibophobia



Makan merupakan salah satu kebutuhan fundamental insan untuk sanggup bertahan hidup. Namun meski begitu di kurun modern ini banyak sekali terdapat kelainan makan mulai dari yang paling terkenal seperti anorexia, bulimia, dan gangguan makan lainnya. Selain itu terdapat pula sebuah phobia yang bekerjasama dengan makan yaitu Cibophobia, sebuah kondisi dimana seseorang begitu takut untuk makan, hingga sebisa mungkin menghindari makanan. Contoh betapa mematikanya Phobia ini sendiri sanggup dilihat dari masalah yang menimpa seorang gadis berjulukan Charlotte Robinson. Sahabat anehdidunia.com ketakutanya yang luar biasa terhadap masakan telah membuat gadis ini mengalami anorexia parah. Kondisi ini membuat Charlotte kehilangan berat badanya setrik drastis hanya dalam kurun waktu 1 tahun hingga menjadi hanya 38 kg, hapir setengah dari berat badanya sebelumnya. Tubuh Charlotte pun akhirnya mengalah dan tak sanggup bertahan jawaban mal nutrisi yang Ia alami dan akhirnya meninggal pada usia 18 tahun pada tahun 2008 yang lalu.


Pantophobia



Phobia yang satu ini sanggup dibilang sebagai phobia yang paling merepotkan didunia. Karena pengidap Pantophobia, akan takut pada apapun yang ada disekitarnya. Kondisi ini membuat pengidap Pantophobia akan mencicipi ketakutan luar biasa yang menimbulkan serangan panik, detak jantung yang meningkat, keringat dingin, dan bahkan kesulitan berbitrik. Dalam beberapa masalah yang ekstrim, beberapa penderita Pantophobia bahkan sanggup hingga kehilangan kesadaran. Sahabat anehdidunia.com Phobia ini menimbulkan rasa takut yang tiba terus menerus dan membuat pengidapnya mengalami halusinasi perihal sesuatu yang jahat dan kejam sedang mengintainya meski pun hal tersebut kadang tak sanggup di ketahui sumbernya. Sikap paranoia ini berdasarkan Dokter kadang juga merupakan tanda-tanda schizoprenia. Mirisnya sekitar 60 persen penderita Pantophobia akhirnya bunuh diri, alasannya ialah tak tahan dengan ilusi yang dialaminya.

Sahabat anehdidunia.com sebagian besar Ketakutan (Phobia) di atas mungkin terdengar tak masuk akal. Namun kita tak pernah mengukur ketakutan orang. Karena nyatanya hal ini memang kasatmata adanya dan telah menimbulkan orang yang mengidap Phobia ini tak hanya terganggu keseharianya namun juga harus mengakhiri hidupnya dengan tragis. Satu-satunya hal yang sanggup kita lakukan ialah dengan tak menjadikan ketakutan seseorang sebagai materi dagelan alasannya ialah kita tak pernah tahu menyerupai apa dampak yang akan terjadi. Dengan begitu mungkin para pengidap Phobia sanggup menjalani hari mereka dengan biasa.

Referensi:

http://www.boombastis.com/phobia-membunuh/58116

Posting Komentar untuk "Jenis Phobia Rasa Takut Yang Dapat Membunuhmu"