Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Bumi Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

Gempa bumi yaitu salah satu jenis fenomena alam dimana terdapat suatu guncangan pada permukaan bumi disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam yang setrik tiba-tiba sehingga menimbulkan gelombang seismik. Ada beberapa jenis gempa yakni gempa bumi runtuhan, tumbukan. buatan, tektonik dan vulkanik. Keempat jenis gempa tersebut mempunyai penyebab yang berbeda-beda namun sanggup menawarkan efek yang sama dahsyatnya bagi siapa saja yang merasakannya.

Menurut sejarah, telah terjadi ribuan bahkan mungkin ratusan ribu kali gempa bumi selama ini. Mulai dari gempa kecil sampai yang dahsyat, gempa bumi selalu menyisakan memori luka dan stress berat bagi manusia. Seperti yang akan diulas disini mengenai gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia. Sedahsyat apakah benacana gempa bumi tersebut? Berikut ulasannya khusus untuk sahabatanehdidunia.com.


Hokkaido – Jepang



Jepang memang dikenal sebagai salah satu negara yang paling “akrab” dengan gempa juga tsunami. Hal ini disebabkan lantaran setrik geografis, Jepang berada di wilayah Cincin Api Pasifik. Wilayah yang merupakan tempat tiga lempeng tektonik bumi serta gunung berapi yang masih amat aktif sehingga sering menimbulkan gempa. Oleh lantaran itu hampir seluruh konstruksi bangunan yang ada di negara Jepang niscaya dibentuk khusus untuk tahan terhadap gempa. Dan salah satu gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia yaitu gempa bumi Hokkaido yang terjadi di tahun 1730 lalu. Saat itu gempa Hokkaido berkekuatan lebih dari 8 skala ritcher bisa menewaskan ratusan ribu jiwa. Tepatnya sebanyak 137.000 jiwa insan tewas dalam peristiwa gempa bumi tersebut. Hokkaido memang diketahui merupakan salah satu kota yang sering diterjang topan tsunami dan gempa bumi. Seperti gempa bumi pada tahun 2003 yang lalu, Hokkaido pun mengalami gempa bumi dan beruntung tidak separah yang terjadi ratusan tahun yang lalu.


Damghan – Iran



22 Desember tahun 856 yang sudah usang berlalu, gempa bumi terdahsyat telah terjadi di dunia. Gempa bumi tersebut berpusat di kawasan Damghan, sebuah kota yang berada di wilayah negara Iran. Persisnya gempa tersebut menyerang seluruh wilayah cuilan timur bahari negara Iran. Di zaman yang masih “dini” tersebut, gempa bumi mengguncang Damghan dengan kekuatan sebesar 7,9 skala ritcher. Bukan lagi sekedar menghancurkan bangunan yang ada di kota tersebut, melainkan benar-benar meratakan seluruh isi kota! Bisa dibayangkan bahwa bentuk kota Damghan ketika itu benar-benar porak poranda lantaran seluruh bangunannya rata dengan tanah. Sebanyak lebih dari 200 ribu jiwa meninggal dunia dan lebih dari 45 ribunya tewas di wilayah kota Damghan! Dengan besarnya kekuatan gempa tersebut serta dampak mengerikan yang dihasilkan, gempa Damghan pun disebut-sebut sebagai salah satu gempa paling mematikan yang pernah terjadi di dunia.


Port-au-Prince – Haiti



Perairan Karibia diketahui mempunyai puluhan pulau yang tak lain yaitu beberapa negara yang terbentuk dan berkuasa di wilayah teritorial masing-masing. Salah satu negara kecil yang ada di wilayah Laut Karibia itu sendiri yaitu Republik Haiti. Enam tahun yang kemudian sebagian wilayah dari negara ini tepatnya di ibu kota Port-au-Prince diporak porandakan oleh gempa bumi yang dahsyat. Dengan kekuatan sebesar 7 skala ritcher, ibu kota Haiti tersebut hancur rata dengan tanah dalam sekejap di tanggal 12 Januari 2010 yang lalu. Sebagai ibu kota sebuah negara tentu saja Port-au-Prince mempunyai sejumlah bangunan dan gedung-gedung penting sebagai sarana sentra pemerintahan. Benar saja, ketika gempa mengguncang wilayah tersebut selain rumah rakyat dan gedung pemerintahan, istana presiden pun ikut-ikutan hancur lebur merata dengan tanah. Dengan kondisi kota yang amburadul jawaban gempa bumi tersebut, sebanyak 230.000 jiwa tewas seketika terkena reruntuhan dan jutaan lainnya mengalami luka-luka serta stress berat yang hebat. Kondisi korban selamat semakin miris kala tempat untuk mengungsi amat minim.


Tangshan – Cina



Selain Jepang negara lain yang seringkali mengalami musibah musibah gempa bumi yaitu Cina. Dan gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia beberapa diantaranya yaitu yang pernah terjadi di Cina. Tangshan yaitu wilayah yang berpenduduk sekitar satu juta jiwa dan di tanggal 28 Juli 1976 yang kemudian mengalami goncangan hebat. Gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala ritcher di jam 03.42 pagi waktu setempat bisa memporak porandakan wilayah yang sebelumnya adem ayem da dikenal sebagai kota industri ini. Sesaat gempa tersebut berhenti sayangnya tak berlangsung usang lantaran terjadi gempa susulan berikutnya sebesar 7,1 skala ritcher! Bisa dibayangkan dalam jarak waktu yang singkat terjadi dua kali gempa dengan kekuatan yang hampir sama, bangunan hancur lebur dan berbagai korban jiwa yang tertimbun reruntuhan bangunan. Bahkan kala itu ada yang menyebutkan ketika terjadinya gempa, banyak orang-orang yang terlempar sampai ke udara! Menurut data, sebanyak 255.000 jiwa dinyatakan tewas dan ratusan ribu lainnya mengalami luka dan cidera. Meski demikian sebagian besar orang ada yang percaya bahwa korban bergotong-royong yaitu 750.000 jiwa!


Shaanxi – Cina



Bukan hanya Tangshan saja ternyata yang pernah mengalami gempa bumi terparah di dunia. Ada yang lebih parah dan memilukan lagi dibandingkan gempa bumi Tangshan. Sejarah menulis pada tanggal 23 Januari 1556, gempa bumi dengan kekuatan 8 skala ritcher mengguncang wilayah Shaanxi. Getaran dan guncangan sedahsyat itu tak hanya memberi dampak parah di wilayah Shaanxi namun juga wilayah kota sekitarnya. Dalam waktu sekejap, kota Shaanxi menjadi kota yang lengang lantaran berdasarkan laporan sebanyak 60% populasi di kota tersebut menjadi korban tewas dalam tragedy gempa bumi terparah di dunia itu. Meskipun para jago banyak yang membantah akan tetapi sebagian besar masyarakat meyakini bahwa data jumlah penduduk yang tewas benar-benar sebanyak 830.000 jiwa! Tak hanya menewaskan ratusan ribu manusia, insiden gempa bumi Shaanxi ketika itu juga setrik geografis menawarkan dampak perubahan lingkungan. Ada tanah yang tiba-tiba bermetamorfosis gundukan bukit, mendadak ada tanah yang bermetamorfosis lembah dan lain sebagainya.

Sahabatanehdidunia.com itulah beberapa gempa bumi terparah yang pernah terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Peristiwa gempa bumi memang tak bisa dicegah dan diprediksi lantaran memang sudah merupakan aturan alam. Bersikap tanggap dan responsif terhadap situasi ketika terjadi gempa yaitu salah satu kunci penting untuk menyelamatkan diri. Selain banyaknya korban jiwa yang meninggal, gempa bumi juga pastinya menimbulkan kerugian dari segi material. Daftar gempa bumi terparah yang pernah terjadi di dunia yang telah disebutkan diatas merupakan peringatan bagi kita semua bahwa bumi akan selalu mengalami hal-hal menakjubkan yang tak hanya menguntungkan namun juga membahayakan.

Sumber referensi:
http://www.tentik.com/inilah-10-gempa-bumi-paling-dahsyat-sepanjang-sejarah-dunia/
http://global.liputan6.com/read/2684778/22-12-856-horor-gempa-paling-mematikan-ke-6-guncang-iran
https://id.wikipedia.org/wiki/

Posting Komentar untuk "Gempa Bumi Paling Berpengaruh Dalam Sejarah"