Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Dari Indonesia Yang Menjadi Viral Di Dunia Pada Tahun 2016

Sepanjang tahun 2016 yang kemudian Indonesi boleh di bilang mengalami banyak sekali momen penting yang cukup membuat heboh seluruh negri. Meski tolong-menolong sebagian besar moment tersebu bukanlah hal yang positif sebab menyangkut banyak sekali kekisruhan di dalam dunia politik tanah air, yang justru membuat banyak sekali percikan perpecahan golongan pada masyarakat kita. Untungnya diantara serangkaian kejadian tak mengenakan tersebut, ada pula beberapa dongeng ringan dari Indonesia yang berhasil menjadi viral dan mendunia. Cerita-cerita ringan ini seolah menjadi intermezo diantara panasnya suasana di tanah air belakangan ini. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan mengembangkan kisah dari dongeng ringan tanah air yang berhasil menjadi viral didunia dalam, Cerita Dari Indonesia Yang Menjadi Viral Di Dunia Pada Tahun 2016, versi anehdidunia.com


Om Telolet Om



Bagi yang aktif di dunia maya, ungkapan "Om Telolet Om" tentu bukanlah hal yang asing terutama belakangan ini. Nyaris setiap hari kalimat di atas berseliweran di beranda facebook maupun timeline twitter. Ungkapan ini memang sedang mengundang perhatian orang dan seolah menjadi demam tersendiri di dunia maya. Wabah Om Telolet Om ini mulai menjadi perbincangan hangat sehabis beberapa selebriti dunia ibarat Zedd, DJ Snake, Alesso, Marshmellow, hingga seleb K-Pop ibarat CL, Sulli dan Got7 Bambam juga mencuit ihwal Om Telolet Om. Cuitna para bintang dunia ini sendiri berawal dari sebuah video di youtube yang memperlihatkan segerombolan bawah umur di sebuah desa di kota Jepara, yang sering berkumpul di pinggir jalan sambil membawa potongan kertas karton besar bertuliskan Om Telolet Om. Potongan karton ini oleh bawah umur itu akan di lambaikan ke arah jalan raya tiap kali sebuah bus tiba sambil berharap suir bus tersebut membunyikan klakson bus mereka yang kurang lebih berbunyi Om Telolet Om. Keinsengan bawah umur inilah yang menjadi awal mula maraknya femomena Om Telolet Om yang sekarang tengah mendunia.


Mbah Gotho, Manusia Tertua Di Dunia



Sodimejo atau lebih sering dipanggil dengan nama Mbah Gotho, beberapa waktu kemudian sempat menghiasi headline di beberapa surat kabar dunia. Pria asal Sragen, Jawa Tengah ini di duga menjadipria tertua di dunia, sebab usianya diperkirakan telah mencapai 146 tahun. Perkiraan ini muncul dari rekam data manajemen kependudukan KTP, Mbah Gotho tercatat lahir pada 31 Desember 1870. Data inilah yang kemudian membuat kisah laki-laki asal Desa Cemeng, Sragen, yang telah tak sabar menanti ajalnya tersebut rupanya juga bisa menarik dunia. Kisah mbah Gotho ini sendiri pertama kali di terbitkan oleh Laman Internasional Bussiness Times (IBTimes) dengan tajuk, "145-year-old Mbah Gotho from Indonesia says he can't wait to die." Menurut media tersebut, kalau data kependudukan itu memang benar maka pada Desember kemudian mbah Gotho akan genap berusia 146 tahun. Dan gres beberapa hari yang kemudian mbah Gotho, di kabarkan merayakan ulang tahunya yang berarti sekarang Ia telah resmi berusia 146 tahun. Itu artinya  mabha Gotho, 23 tahun jauh lebih renta dari pemegang rekor insan tertua Jeanne Calment dari Prancis, yang meninggal tahun 1977 di usia 122 tahun.


Nasi Padang Yang Di Jadikan Lagu Oleh Orang Norwegia



Kepopuleran Nasi Padang di tanah air sudah tak usah di ragukan lagi. Kenikmatan masakan khas Ranah Minang ini yang nyaris bisa diterima oleh pengecap seluruh masyarakat Indonesia membuat Nasi Padang menjadi salah satu masakan paling sering di makan oleh orang Indonesia. Tak hanya hingga di situ, sangking populernya masakan Khas dari Provinsi Sumatera Selatan ini bahkan pernah berhasil bertengger sebagai pemuncak dalam daftar 50 masakan terlezat di dunia versi CNN pada tahun 2011 silam, lewat salah satu masakan andalan mereka ialah rendang. Rasa nasi padang yang ternyata juga cocok dilidah orang bule ini rupa-rupanya telah mengolhami seorang bule asal Norwegia berjulukan Audun Kvitland Rostad, untuk membuat sebuah lagu berjudul "Nasi Padang" pada tahun 2016 yang lalu. Dalam pernyataanya, berdasarkan Audun lewat lagu tersebut Ia ingin menandakan rasa cintanya pada salah satu masakan kebanggan Indonesia tersebut.


Rich Chigga, Rapper Muda Indonesia Yang Mendunia



Satu lagi anak muda indonesia yang telah terkenal diseluruh dunia berkat talenta yang dimilikinya. Kisah itu  kali ini berasal dari Brian Imanuel atau yang lebih bersahabat disapa dengan nama panggung Rich Chigga. Pemuda ini berhasil membuat namanya di kenal dunia sebagai kemedian sekaligus ikon generasi hip hop muda Indonesia lewat beberapa lagunya yang menjadi viral di Internet. Kepopuleran Rich Chigga ini semakin kasatmata ketika majalah TIMe menuliskan kisah ihwal Chigga dalam sebuah artikel online mereka di time.com pada Senin 18 Oktober 2016. Dalam artikel tersebut TIME memperlihatkan ulasan bahwa lagu dari Chigga tidak mengecewakan bagus, meskipun tak ada yang revolusioner dalam lagu-lagu hip-hop. Lirik lagu Rich Chigga sendiri mengemukakan keresahan soal kelompok gangster. Selain ulasan dari majalah TIME ini kemampuan Chigga dalam merangkai lirik hip hop sepertinya juga berhasil menarik perhatian beberapa rapper dunia lain ibarat Tory Lanez dan rapper-rapper terkenal lain ibarat Ghostface Killah dan Cam’ron. Mereka bahkan ada mengunggah video reaksi terhadap salah satu video lagu milik Rich Chigga yang dirilis Juli kemudian dan memuji video Rich Chigga tersebut dengan berkomentar ibarat berikut:
"Aku melihat sisi komedinya, tapi apa yang ia utarakan di rappingnya itu keren," kata Cam'ron.


Jaket Bomber Jokowi



Presiden Jokowi menjadi viral di dunia akhir penampilanya ketika memberikan pidato terkait agresi demo 4 November 2016 lalu. Jokowi yang kala itu tampil santai, memang sukses mencuri perhatian dengan kemunculanya yang tiba-tiba dalam demo tersebut. Namun tak hanya pidatonya yang mencuri perhatian melainkan juga Jaket Bomber yang Ia kenakan. Penggunaan jaket bomber pada sebuah program resmi ini tak hanya sukses mencuri perhatian di Indonesia saja melainkan juga di dunia. Perhatian media dunia ini antara lain ditunjukan dengan terbitnya sebuah artikel pada laman Reuters yang bertitle "Indonesian president's call for calm makes fashion statement," dalam artikel ini mereka menebutkan kalau Jokowi berhasil menyedot perhatian dengan jaket bombertersebut. Masih dalam artikel yang sama juga disebutkan pula bahwa media umum riuh dan memicu orang Indonesia untuk membeli pakaian serupa di seluruh negeri. Tak hanya itu saja, media Singapura, The Straits Time juga menuliskan dalam artikel mereka ihwal kejadian ini berjudul "Jokowi's bomber jacket flying off shelves" yang mengulas bahwa jaket yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia itu laku manis di mana-mana.

Sahabata anehdidunia.com itulah beberapa dongeng asal Indonesia yang berhasil menjadi viral di selluruh dunia pada tahun 2016 yang lalu. Bagaimana apakah diatara sobat anehdidunia.com ada yang juga mengikuti tren viral tersebut?

Referensi:
https://www.brilio.net/wow/5-kisah-dari-indonesia-ini-sederhana-tapi-trending-di-dunia-tahun-2016-1612280.html

Posting Komentar untuk "Cerita Dari Indonesia Yang Menjadi Viral Di Dunia Pada Tahun 2016"