Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unik Banget Tata Cara Makan Beberapa Negara Di Dunia

Sebagai negara yang masih memegang teguh sopan santun ketimurannya, masyarakat Indonesia selalu memprioritaskan perihal kesopanan dan tata krama. Mulai dari trik berbitrik, berjalan sampai pada hal sederhana menyerupai makan semua mempunyai hukum tata krama yang dianggap baik. Anggapan ini tak sekedar asal-asalan, pasalnya masyarakat Indonesia memang percaya bahwa tingkat kesopanan seseorang dapat dinilai dari seberapa baik beliau menjalankan kehidupan dengan tata krama dan menghormati yang lebih tua.


Untuk urusan tata trik makan, orang Indonesia mempunyai dua trik yakni menggunakan sendok atau tangan. Masing-masing masih dianggap sopan selama tak bersendawa ketika makan bersama dan lain sebagainya. Lain halnya beberapa negara di dunia, mereka juga mempunyai tata trik unik ketika makan atas nama etika dan kesopanan. Negara mana sajakah kira-kira? Berikut tata trik unik makan beberapa negara di dunia versi anehdidunia.com.


Spanyol



Negara yang khas dengan tradisi matadornya ini ternyata mempunyai tata trik unik ketika makan yang dinamakan sobremesa. Dalam bahasa Inggris sobremesa diartikan sebagai after dining atau sesudah makan. Artinya masyarakat Spanyol percaya dan memegang teguh tradisi bahwa sesudah menyantap makanan, mereka tak diperbolehkan pribadi meninggalkan meja makan melainkan harus membisu dulu sampai dirasa makanannya benar-benar telah masuk perut. Sembari menunggu masakan benar-benar turun ke perut, mereka biasanya mengobrol atau menceritakan sesuatu. Tradisi ini memang sudah semenjak usang dilakukan masyarakat Spanyol, apalagi bila menikmati makan bersama dapat dipastikan semuanya akan sobremesa sesudah masakan habis.


Jerman



Salah satu negara di bab Eropa Barat yang mempunyai tata trik unik ketika makan ialah negara Jerman. Masyarakat Jerman memang dikenal mengkonsumsi roti atau kentang sebagai masakan pokok. Kaprikornus menyerupai halnya nasi di Indonesia, di Jerman hampir setiap hari roti dan kentang dikonsumsi oleh semua warganya. Dan salah satu keunikan tata trik makannya orang Jerman terletak pada waktu menyantap kentang. Kentang yang seringkali direbus sebelum disantap harus dihancurkan menggunakan garpu. Mungkin terdengar tidak mudah tapi memang tata triknya menyerupai itu, bila ada yang menghancurkan kentang dengan menggunakan pisau maka dianggap tidak mempunyai sopan santun.


Jepang – Korea



Tingkat kesopanan masyarakat Asia Timur memang sudah tak diragukan lag. Mereka sangat menjunjung tinggi kesopanan, tradisi dan budaya para leluhurnya. Tak terkecuali soal makanan, mereka sangat memperhatikan tata triknya semoga tak luput menghormati orang yang lebih tua. Di Jepang dan Korea, masyarakatnya selalu makan dengan sumpit. Karena itulah, menusuk masakan dengan sumpit serta beradu sumpit tak diperbolehkan. Mau ambil lauk sekecil atau sebesar apapun harus menggunakan sumpit. Jika masakan yang disajikan ialah sup mereka boleh menggunakan sendok dan sebelum makan terlebih dahulu mencium baunya dan meminum kuahnya. Hal ini dianggap sangat menghormati dan memuji masakannya enak. Di dua negara ini, mempersilahkan orang yang lebih bau tanah mengambil masakan dulu dianggap sangat sopan. Tak boleh ada sisa bila makan bersama orang Jepang dan Korea, alasannya ialah bila iya mereka menganggap hal tersebut ialah penghinaan.


Inggris



Bagi masyarakat Indonesia, makan menggunakan tangan setrik pribadi sudah tak asing lagi. Namun bagi beberapa negara-negara menyerupai di Eropa atau Amerika niscaya dianggap sedikit jorok dan menjijikkan. Akan tetapi hal tersebut tak berlaku bagi orang Inggris. Mereka terbiasa makan asparagus dengan tangan setrik langsung. Asparagus ialah sayuran rendah kalori yang sering diolah menjadi masakan di Eropa. Mereka memotong bab pangkal asparagus yang memang teksturnya lebih keras dibandingkan yang lain dengan tangan kemudian mengunyah bab lainnya. Sementara asparagus dinikmati, bab pangkal yang telah dipotong tadi tetap ditaruh di atas piring sampai makan selesai. Tata trik menyerupai ini sudah semenjak usang digunakan oleh masyarakat Britania Raya, Inggris.


Thailand



Negeri 1000 Pagoda Thailand ternyata juga termasuk negara dengan tata trik makan yang unik di dunia. Hal-hal mistis dan aneka macam mitos yang hadir dalam dogma masyarakat Thailand ternyata juga memberi dampak kebudayaan yang beraneka ragam. Seperti tata trik makan yang mengharuskan posisi telapak kaki tak boleh terlihat ketika lesehan atau posisi kepala ketika duduk juga tak boleh lebih tinggi dari patung Buddha atau Raja yang ada di rumah. Tak hanya itu saja, masyarakat Thailand selalu menikmati makan dalam membisu alias tanpa bercanda alasannya ialah bila mereka bercanda nasinya akan dicuri oleh hantu! Uniknya lagi, ketika makan sambil bersandar mereka akan terlahir sebagai ular di kehidupan reinkarnasi mendatang.

Sahabatanehdidunia.com itulah tata trik unik makan beberapa negara yang ada di dunia. Meskipun berbeda-beda tapi semuanya mempunyai maksud yang sama yakni menjaga etika dan kesopanan. Jika anda sedang bertamu, apalagi orang asing diluar Indonesia hal terbaik ialah ikut menghargai tradisi-tradisi atau kebiasaan misalnya menyerupai tata trik makan mereka. Karena titik kehormatan seseorang juga berasal dari seberapa besar mereka menghargai orang yang lain.

referensi:
arenamuda.com/7-negara-yang-memiliki-tata-trik-makan-yang-unik/

Posting Komentar untuk "Unik Banget Tata Cara Makan Beberapa Negara Di Dunia"