Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngeri, Inilah Jembatan Unik Dan Berbahaya Di Dunia

Mendengar kata jembatan niscaya membuat sahabatanehdidunia.com eksklusif membayangkan wacana dua tempat atau lebih yang terputus dan terhalang oleh contohnya sungai, lembah dan lain-lain yang lalu dihubungkan dengan sebuah struktur konstruksi. Struktur konstruksi yang berkhasiat untuk menghubungkan dua tempat atau lebih itulah disebut jembatan.


Di dunia ini tentu saja banyak wilayah-wilayah dengan tipikal menyerupai diatas. Oleh sebab itu, niscaya banyak struktur konstruksi jembatan yang dibuat. Bahkan di beberapa negara di benua Eropa dan Amerika, banyak jembatan-jembatan modern yang dibangun tak hanya sebagai penghubung namun juga bermetamorfosis menjadi sebuah ikon yang mencirikan identitas tempat tersebut sebut saja jembatan golden gate. Akan tetapi selain jembatan indah modern tersebut, ada juga jembatan yang terlihat mengerikan dan kerap dianggap berbahaya menyerupai berikut ini.


The Monkey Bridge – Vietnam



Vietnam yaitu salah satu negara daerah Asia Tenggara yang dikenal mempunyai karakteristik hampir menyerupai dengan Indonesia. Memiliki banyak sungai dan juga pantai yang indah, tak heran kalau di Vietnam sendiri juga mempunyai banyak jembatan sebagai penghubung dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya. Diantara banyaknya jembatan-jembatan yang ada di Vietnam, ada satu jembatan yang sangat unik. Bukan sebab bertebaran lampu dan tampak indah di malam hari namun sebab struktur konstruksinya yang sederhana dan membahayakan! Yup, jembatan tersebut tak lain berjulukan The Monkey Bridge. Sesuai dengan namanya, setiap orang yang melewati jembatan ini memang “dipaksa” melewati kolam monyet. Bagaimana tidak? konstruksi The Monkey Bridge hanya terbuat dari bambu dan tali! Bambu memanjang yang dipakai untuk berpijak serta seutas tali untuk berpegangan membuat siapapun yang tidak terbiasa menyeberang diatasnya bergidik ngeri. Meski ketinggiannya tidak sanggup dianggap tinggi, namun jembatan yang berada diatas Sungai Mekong ini cukup beresiko apalagi kalau tidak mempunyai daya keseimbangan yang cukup untuk melintasinya. Meski demikian, The Monkey Bridge kerap dijadikan objek wisata asing.


Quepos Bridge – Kosta Rika



Setelah ke Vietnam di daerah Asia, mari kita sedikit meloncat ke wilayah Amerika Utara tepatnya yaitu ke Kosta Rika. Di negara ini ternyata juga mempunyai jembatan yang masuk kategori sebagai salah satu jembatan membahayakan di dunia. Jembatan tersebut tak lain yaitu Quepos Bridge yang gotong royong telah dibangun semenjak tahun 1930-1940an. Menurut sejarah, Quepos Bridge ini sendiri dibangun oleh sebuah perusahaan berjulukan Bananera Company. Tujuan dibuatnya yaitu sebagai saluran kereta pengangkut pisang menuju pelabuhan. Namun rupanya sampai ketika ini meski Bananera Company sudah tutup, jembatan tersebut masih tetap dipakai sebagai jalan umum. Mirisnya struktur konstruksi dari jembatan ini begitu jelek sebab banyak mengalami kerusakan di banyak sekali sisi. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat orang-orang khawatir untuk melewatinya. Bahkan meski hanya sanggup dilewati oleh kendaraan dalam satu arah saja namun setrik rutin Quepos Bridge dilewati oleh kendaraan beroda empat dan juga kendaraan berat menyerupai truk! Quepos Bridge ini sendiri menghubungkan wilayah Jaco dengan Quepos yang berada di wilayah Pantai Pasifik Tengah. Karena tingkat resiko bahayanya yang tinggi, maka jembatan ini juga menerima julukan Bridge of Death!


Vine Footpaths – Jepang



Jepang yaitu negara daerah Asia Timur yang wilayah geografisnya dikenal sangat rawan mengalami petaka menyerupai banjir, gempa bumi dan bahkan tsunami. Selain mempunyai banyak laut, Jepang yaitu negara yang populer mempunyai banyak sungai dan juga lembah. Tak heran kalau di Negeri Sakura ini banyak sekali jembatan-jembatan penghubung yang menghubungkan wilayah satu dengan wilayah yang lain. Namun ada satu jembatan unik yang dikenal cukup membahayakan di Jepang, namanya yaitu Vine Footpaths. Terletak di wilayah Lembah Ivy tepatnya diatas Sungai Iya, Vine Footpaths mempunyai ketinggian 45 meter. Yang membuatnya disebut sebagai salah satu jembatan paling berbahaya di dunia yaitu jembatan ini terbuat dari papan kayu dipasang dengan jarak sekitar 33 cm! Bisa dibayangkan bukan bagaimana jembatan ini terlihat mengerikan sebab siapapun yang melintas diatasnya sanggup melihat eksklusif pemandangan sungai di bawahnya. Jembatan ini juga menjadi penghubung menuju Repovesi Nature Park, akan tetapi bagi anda yang mempunyai phobia ketinggian tidak disarankan lewat jembatan ini.


Qeswachaka Bridge – Peru



Selain Jepang, Peru juga salah satu negara yang populer mempunyai banyak lembah dan bukit-bukit tingginya. Di negara Peru sendiri, jembatan merupakan saluran yang sangat penting sebab membantu jalur transportasi dari wilayah satu ke wilayah yang lain. Qeswachaka Bridge yaitu salah satu jembatan populer yang tak hanya dijadikan jalur transportasi saja melainkan destinasi wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati atrik menantang. Qeswachaka Bridge sendiri terbilang cukup unik sebab dibentuk dari rumput yang memanjang mencapai 36 meter! Berada sempurna diatas Sungai Apurimac, Peru jembatan ini cukup populer sebagai salah satu objek wisata. Karena terbuat dari rumput, tentu saja jembatan ini tidak berdiri kokoh dan sanggup sewaktu-waktu terputus sebab beban yang ditopangnya. Mungkin sebab itulah jembatan ini dianggap mempunyai resiko yang cukup berbahaya. Untuk menyiasati problem tidak kokoh tersebut, maka Qeswachaka Bridge ini diperbaharui tiap satu atau dua tahun sekali dengan tak lupa mengikutsertakan tradisi perayaannya yang dilakukan oleh para warga lokal.


Hussaini Hanging Bridge – Pakistan



Inilah jembatan yang ketika ini disebut-sebut sebagai jembatan paling berbahaya di dunia, Hussaini hanging Bridge. Lokasinya berada di wilayah Pakistan, tepatnya di wilayah pegunungan cuilan utara negara tersebut. Hussaini Hanging Bridge ini sendiri yaitu jembatan yang menghubungkan ke Danau Borit. Jembatan Hussain ini sendiri pun berada diatas Sungai Hunza. Lalu dimanakah letah bahayanya jembatan ini? Hussain Hanging Bridge dibentuk dengan struktur konstruksi ala kadarnya, yang mana hanya terbuat dari beberapa untaian kabel dan papan kayu saja. Mirisnya papan kayu tersebut tidak dibentangkan dengan trik merapatkan cuilan satu dengan lainnya, namun dengan jarak yang tidak beraturan. Sehingga tak jarang orang-orang yang melintasinyapun terkadang harus sedikit melompat dari papan kayu satu ke papan kayu yang lain. Belum lagi kalau cuaca jelek tiba yang sanggup saja membuat Sungai Hunza meluap, resiko siapapun yang melintasi jembatan ini tentu saja amat berbahaya.


Itulah beberapa jembatan unik dan mempunyai rsiko berbahaya paling tinggi di dunia. Bisa disimpulkan kalau disebut ancaman sebab memang struktur konstruksinya yang tidak seoptimal jembatanpada umum dan seharusnya. Mungkin apabila jembatan-jembatan diatas direnovasi dengan lebih baik, besar kemungkinan bahwa jembatan-jembatan tersebut tak lagi masuk kategori sebagai jembatan paling berbahaya di dunia.

Sumber referensi:
tahupedia.com/content/show/1279/10-Jembatan-Paling-Berbahaya-Di-Dunia

Posting Komentar untuk "Ngeri, Inilah Jembatan Unik Dan Berbahaya Di Dunia"