Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangunan Beling Paling Menakjubkan Di Dunia

Memiliki bangunan dengan kualitas materi yang baik serta desain menarik tentulah menjadi cita-cita bagi banyak orang. Kemunculan para desainer interior yang mempunyai kemampuan tinggi untuk merancang bangunan sesuai keinginan juga menambah fasilitas seseorang untuk mewujudkan mimpinya mempunyai bangunan yang menakjubkan.


Bitrik soal desain bangunan yang unik, ketika ini yang sedang terkenal ialah desain bangunan dengan unsur futuristik. Desain bangunan yang futuristik biasanya banyak memadukan bahan-bahan kaca. Meski kental dengan beling namun nilai estetika tersebut tak berkurang justru terlihat sangat menakjubkan. Berikut ialah beberapa bangunan beling di dunia yang tampak sangat menakjubkan.


Kanagawa Institute of Technology Junya Ishigami



Salah satu bangunan beling yang menakjubkan di dunia terletak di Jepang, tepatnya di sebuah institute tekhnologi berjulukan Kanagawa Institute of Technology Junya Ishigami. Sekolah teknologi ini mempunyai sebuah studio unik yang seluruh komponennya mulai dari atap sampai jendelanya terbuat dari kaca. Studio tersebut dipakai para siswa disela-sela waktu luang untuk merancang sesuatu yang berafiliasi dengan pendidikannya. Studio ini dibentuk untuk menunjukkan kenyamanan bagi para siswa yang ingin berguru dalam suasana outdoor meski bahwasanya mereka dalam ruangan. Satu-satunya hal yang bisa membuat suasana di luar ruangan atau outdoor ialah sebab bangunannya penuh dengan beling maka otomatis sinar matahari bisa setrik eksklusif menyinari, ditambah dengan pemandangan indah sekeliling bisa membantu murid terasa lebih rileks dan juga mencari inspirasi.


SelgasCano Architecture Office



Seorang desainer berjulukan Jose Selgas dan Lucia Cano membangun kantor untuk perusahaannya sendiri berlokasi di hutan kayu di Madrid, Spanyol. Tampilan bangunan ini sangat unik sebab hampir seluruh pecahan bangunannya terbuat dari kaca. SelgasCano Architecture Office ini juga berbentuk menyerupai kapsul dari materi akrilik transparan setebal 20 mm. Pada pecahan atapnya juga dilapisi serat beling atau fiber glass yang mempunyai kegunaan untuk melindungi diri dari sinar matahari setrik langsung. Sepertinya bangunan ini memang dirancang dengan konsep cinta lingkungan sebab para karyawan di dalamnya bisa mengatur jendela sesuai kebutuhan ventilasi udara yang diinginkan. Meski terbuat dari kaca, bangunan ini juga didesain khusus agar bisa menyesuaikan diri dengan 4 trend berbeda yang ada di Spanyol. Berdiri di tengah hutan, SelgasCano Architecture Office menjadi bangunan beling menakjubkan di dunia.


Netherlands Institute of Sound and Vision



Masih dari wilayah benua Eropa, persisnya lagi yakni di negara Belanda yang mempunyai bangunan beling menakjubkan di dunia. Bangunan beling tersebut tak lain ialah Netherlands Institute of Sound and Vision, semacam museum untuk menyimpan arsip nasional mengenai audio visual. Tempat yang berdiri pada tahun 1996 ini dirancang oleh seorang arsitek handal berjulukan Michiel Riedijk dan Willem Jan Neutelings. Mengapa bangunan yang mempunyai tinggi 26 cm dan panjang 54 m ini disebut sebagai bangunan beling yang menakjubkan? Karena pada bangunan ini dibentuk dari panel beling yang berwarna warni sehingga jikalau diperhatikan bentuk dan tampilannya hampir menyerupai dengan rubik. Warna-warna yang ditimbulkan merupakan hasil tampilan dari tayangan televisi. Karena keunikan bangunannya dan juga puluhan ribu koleksi terkait dengan audio visual, daerah ini menjadi daya tarik untuk masyarakat Belanda dan turis yang berkunjung ke Hilversum.


The Botanical Garden of Curitiba



Sesuai dengan namanya yakni The Botanical Garden of Curitibia, bangunan rumah beling ini terletak di Curitibia, salah satu kota di Brazil Selatan. Tempat ini merupakan taman seluas 240.000 m2 dengan cakupan 458 m2 nya khusus untuk rumah kaca. Rumah kacanya sendiri mengadaptasi gaya bangunan dari Crystal Palace yang ada di Inggris, tak heran jikalau dilihat dari tampilan luarnya kental dengan ciri khas bangunan kuno ala Eropa dengan kubah kubah yang besar. Taman ini menyimpan ribuan jenis tanaman serta juga mempunyai danau, air mancur dan teladas yang seluruhnya buatan. Di pecahan belakang rumah beling yang sangat menakjubkan tersebut terdapat Museum Franz Krajcberg yang berisikan hal-hal terkait konservasi lingkungan. Taman yang dibuka setrik umum pada tahun 1991 ini bisa menjadi destinasi wisata bagi anda yang suka menikmati keindahan dan berguru perihal bunga.


National Centre for The Performing Arts



National Centre for The Performing Arts ialah salah satu gedung pertunjukan seni di Cina dengan desain unik di dunia. Letak keunikannya ialah sebab material bangunannya yang dibentuk dari titanium kaca. Berdiri di atas lahan seluas 12.000 m2 National Centre for The Performing Arts merupakan salah satu bangunan beling menakjubkan di dunia. Seorang arsitek asal Perancis yakni Paul Andreu ialah yang merancang bangunan dengan material titanium serta kaca. Gedung opera ini terlihat semakin menakjubkan dengan ditambahinya danau buatan yang mengelilinginya. National Centre for The Performing Arts mulai dibangun pada Desember 2001 dan akibat pada bulan Juli 2007 ini mempunyai kapasitas 5.452 daerah duduk. Tak heran juga jikalau bangunan ini merupakan bangunan beling menakjubkan di dunia sebab total budget yang dikeluarkan ialah sebesar 3,2 juta yuan!


Bangunan-bangunan beling tersebut memang terlihat sangat menakjubkan sebab tak sekedar dibentuk namun juga memikirkan nilai estetika serta keuntungannya pula. Semoga dari informasi diatas bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk membangun bangunan beling lainnya yang lebih indah lagi. Diantara bangunan beling yang ada di beberapa negara tersebut, manakah yang menjadi favorit sahabatanehdidunia.com?


sumber referensi:
tahupedia.com/content/show/852/10-Bangunan-Kaca-Yang-Paling-Mengagumkan-Di-Dunia
archdaily.com/66661/66661
dezeen.com/2009/06/11/office-in-the-woods-by-selgascano/
detail-online.com/inspiration/netherlands-institute-for-sound-and-vision-in-hilversum-103299.html
en.wikipedia.org/wiki/Botanical_Garden_of_Curitiba
en.wikipedia.org/wiki/National_Centre_for_the_Performing_Arts_(China

Posting Komentar untuk "Bangunan Beling Paling Menakjubkan Di Dunia"