Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Penjual Otomatis Paling Unik Yang Hanya Ada Di Jepang

Mesin Penjual Otomatis atau lebih dikenal dengan sebutan Vending Machine, merupakan mesin yang sanggup mengeluarkan banyak sekali macam benda mulai dari minuman hingga makanan, sesudah seseorang membayar dengan sejumlah uang. Mesin ini diciptakan oleh Heron, seorang Insinyur Matematika asal Alexandria pada 1800an. Mesin ini pertama kali diperkenalkan di kota London pada tahun 1800an sebagai mesin penjual kartu pos otomatis. Baru pada tahun 1888 mesin penjual otomatis dikembangkan oleh Gum Thomas Adam dan mulai menjual makanan, khususnya permen karet di kota New York.

Namun meski pertama kali ditemukan di Eropa, dalam perkembanganya Vending Machine, justru lebih terkenal di di negara-negara Asia khususnya Jepang dan Korea. Di Jepang kita bahkan sanggup menemukan Vending Machine, nyaris di segala tempat bahkan hingga sudut-sudut jalan yang sempit sekalipun. Di negara dengan jumlah penduduk mencapai 127 juta jiwa berdasarkan survei tahun 2015, diperkirakan ada sekitar lebih dari 5,2 juta Vending Machine. Karena itu Jepang sering pula disebut sebagai surganya Vending Machine, mengingat banyak mesin penjual otomatis yang ada.

Tak hanya jumlahnya saja yang banyak, Vending Machine di Jepang juga tergolong bermacam-macam dan menjual banyak sekali macam benda yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita. Nah keunikan inilah yang akan anehdidunia.com bagikan kisahnya kali ini dalam, Mesin Penjual Otomatis Paling Unik Yang Hanya Ada Di Jepang, versi anehdidunia.com


Mesin Penjual Camilan Serangga




Pada zaman dulu Belalang atau dalam bahasa Jepang biasa disebut Inago, merupakan sumber protein yang umum dikonsumsi oleh orang yang tinggal di wilayah pegunungan. Dipilihnya serangga ini selain sebab tak adanya pasokan ikan yang mencukupi di wilayah pegunungan, juga sebab serangga memang mempunyai kandungan protein tinngi dan relatif kondusif untuk dimakan dan diolah.

Karena itu menyantap serangga merupakan hal yang lumrah bagi orang Jepang, bahkan hingga ketika ini. Untuk sanggup menyantap serangga kini juga lebih mudah, sebab tak perlu lagi harus capek-capek mencari di hutan dan memasaknya. Sesuai konsep orang Jepang yang suka cepat dan tak ribet, disana ternyata juga ada mesin penjual otomatis yang Istimewa menjual kudapan dengan materi dasar serangga. Vending Machine itu terletak di kondusif Inokashira, Tokyo. Selain belalang kalengan, mesin ini juga menjual hachinoko atau larva lebah, bagi mereka yang suka dengan kudapan berprotein tinggi.


Mesin Penjual Payung




Bgai kita payung mungkin ialah hal yang remeh dan kadang bahkan danggap tak penting, sebab hanya digunakan ketika hujan saja. Hal ini berbanding terbalik dengan di Jepang, bagi orang Jepang payung merupakan hal penting yang wajib dimiliki semua orang. Kenapa wajib? sebab bagi orang Jepang membuatkan payung dengan orang lain merupakan hal yang tak wajar. Mereka lebih suka menggunakan payung sendiri dan akan sangat enggan untuk mendompleng payung dari orang lain.

Karena itu disana ada pula mesin penjual otomatis yang menjual payung. Mesin-mesin ini biasanya terletak di sekitar stasiun kereta untuk memudahkan orang yang bepergian membeli payung kalau tiba-tiba hujan turun. Wah cukup mudah ya, jadi gak takut berair meski tiba-tiba hujan dan gak bawa payung.


Mesin Penjual Buah-buahan Segar




Pada umumnya sebuah mesin penjual otomatis hanya akan menjual kuliner olahan ibarat minuman kalengan atau camilam yang relatif sanggup bertahan lama. Namun belakangan tren ini mlai berubah di Jepang, sebab mesin penjual otomatis disana kini tak melulu menjulan kuliner olahan namun juga kuliner yang masih segar. Salah satu misalnya ialah yang ada di Stasiun Shibuya, Tokyo, sebab di tempat ini terdapat sebuah mesin penjual otomatis yang menjual buah pisang segar.

Menariknya pisang-pisang ini sanggup dibeli dalam bentuk satuan maupun beberapa sekaligus cukup dengan memasukan koin senilai 100-300 Yen. Inovasi mesin penjual otomatis yang menjual materi kuliner segar ini juga tak berhenti hanya di buah pisang saja, sebab ada juga mesin yang menjual buah jeruk segar, hingga telur. Bahan-bahan segar ini biasanya akan diganti setiap hari, jadi meski ada dalam mesin sebetulnya baik buah dan telur merupakan produk gres yang tak diragukan kesegaranya.


Mesin Penjual Oden




Oden merupakan salah satu jajanan khas Jepang, berupa aneka rebusan yang terdiri dari sayuran hingga daging yang biasa di jajakan dengan gerobak pada malam hari. Jajanan ini ibarat dengan angkringan di Indonesia sebab juga sering dijadikan tempat nongkrong oleh orang-orang sepulang kantor. Oden juga sudah ada semenjak usang dan menjadi belahan dari kehidupan malam orang Jepang, khususnya pada isu terkini semi dan isu terkini dingin. Jajanan ini biasanya banyak di jajakan di sekitar stasiun atau pasar dimana banyak orang berkumpul.

Karena itu kuliner ini tidak mengecewakan terkenal di kalangan orang Jepang. jadi tak heran kalau disana juga mulai muncul Vending Machine yang menjual Oden dalam bentuk kalengan dan siap makan. Oden instan ini biasanya berisi lobak, jeli kentang, daging dan bola-bola ikan yang di campur dengan kuah Dashi yang terbuat dari kaldu kedelai. Uniknya meski di sajikan dalam bentuk kalengan, Oden-oden ini tetap disuguhkan dalam keadaan hangat yang memang menjadi ciri khas dari Oden. Mesin penjual Oden ini banyak ditemukan di sekitar wilayah Akihabara Tokyo, yang menjadi tempat berkumpulnya anak muda Jepang.


Mesin Penjual Sup Ikan Terbang




Ikan Terbang merupakan salah satu materi kuliner yang cukup banyak digunakan dalam kuliner Jepang. Selain sanggup diolah eksklusif dengan di bakar atau dijadikan sup, Ikan ini juga biasa digunakan sebagai materi Dashi (kaldu khas Jepang). Hanya saja untuk sanggup membuat Dashi dari ikan terbang tidak mengecewakan rumit sebab selain harus di keringkan terlebih dulu, ikan terbang juga harus melalui proses pengasapan sebelum sanggup dijadikan kaldu.

Karena rumitnya proses ini, biasanya masyaralat Jepang lebih suka membeli kaldu iakan terbang yang sudah siap pakai. Untuk membeli kaldu siap pakai ini juga relatif mudah, sebab ternyata disana ada Vending Machine yang khusus menjual kaldu ikan terbang dalam botol siap pakai. Ikan-ikan terbang ini disajikan dalam bentuk sup botolan dengan harga sekita 650 Yen. Sup ikan terbang ini biasanya digunakan sebagai alternatif penyedap rasa untu kuliner ibarat udon maupun jenis sup lainya.


Mesin Penjual Lobster Segar




Orang Jepang identik dengan kuliner yang segar, sebab itu mereka lebih suka makan ikan dan sayuran yang masih mentah. Hal ini rupanya disadari oleh produsen mesin penjual otomatis dengan membuat sebuah Vending Machine yang materi kuliner segar. Namun kali ini materi kuliner yang dijual bukanlah buah ataupun sayuran, melainkan lobster yang masih hidup. Di Jepang terdapat sebuah Vending Machine unik yang tak hanya menjual lobster namun juga membuat trik mendapat materi kuliner yang tergolong glamor ini menjadi ssesuatu yang tidak mengecewakan menantang.

Di desain dengan bentuk ibarat akuarium kaca, Vending Machine penjual lobster ini dirancang ibarat dengan permainan Arcade yang biasa ada dipusat perbelanjaan. Kaprikornus orang yang ingin coba membeli lobster di mesin ini cukup memasukan uang sebesar 100 Yen, untuk sanggup mencoba menangkap lobster yang ada dengan sebuah mesin pencapit yang ada dalam batas waktu yang telah ditentukan. Kalau berhasil maka orang tersebut sanggup membawa pulang lobster yang ia tangkap dan kalau tidak maka ia tinggal coba lagi hingga dapat. Wah cocok ni buat yang suka tantangan..


Mesin Penjual Origami




Origami merupakan salah satu kesenian kuno Jepang yang masih eksis hingga sekarang. Seni melipat kertas ini bahkan tergolong sebagai kesenian yang telah terkenal diseluruh dunia dan dipraktekan di banyak sekali negara. Saat telah menguasai seni Origami dengan benar, seseorang sanggup membuat tiruan dari banyak sekali macam hal hanya dengan bermodalkan secarik kertas.

Bagi orang Jepang sendiri origami tak hanya sekedar kesenian saja, namun juga belahan kultur mereka. Origami sering kali juga dijadikan oleh-oleh ketika bertamu ke rumah orang hingga kadang juga dijadikan oleh-oleh ketika menjenguk orang sakit. Karena itu di Jepang terdapat pula sebuah Vending Machine yang menjual banyak sekali macam kreasi Origami. Mesin unik ini ada di Prefektur Ehime, dimana di dalamnya kita sanggup membeli banyak sekali macam kreasi origami yang dibentuk oleh para master seni melipat kertas ini dengan kisaran harga 10 hingga 30 yen perbuahnya.


Mesin Penjual Binatang Peliharaan




Orang Jepang tampaknya memang tak pernah kehabisan pandangan gres untuk membuat sebuah terobosan. kalau tadi sudah ada mesin penjual materi kuliner segar hingga Oden hangat. Kali ini mereka bahkan membuat terobosan yang lebih gila lagi dengan menjual hewan peliharaan dalam mesin penjual otomatis.

Mesin unik ini ada di kawasan Rappongi, Tokyo dimana ada puluhan anak anjing dalam sebuah Vending Machine yang siap dbeli kapan saja. Tapi bagi mereka yang gampang bosan sebagiknya jangan coba-coba membeli hewan peliharaan disini, sebab yang ada di mesin penjual ini ialah makhluk hidup sungguhan dan bukan mainan yang sesudah bosan sanggup di buang begitu saja.


Mesin Penjual Panties




Vending Machine kali ini munskin sanggup dibilang yang paling unik sekaligus gila yang ada di Jepang. Di negara yang terkenal sebagai salah satu negara dengan seragam sekolah terseksi ini, terdapat sebuah mesin penjual otomatis yang cukup nyeleneh sebab menjual panties. Panties sendiri merupakan istilah bagi celana dalam khusus dewasa perempuan.

Namun meski merupakan celana dalam untuk anak remaja, harga yang itawarkan mesin ini untuk sebuah Panties terbilang cukup mahal dikisaran 1.000-3.000 Yen perbuahnya. Jika kita hitung dalam kurs rupiah itu berarti satu Panties sanggup berharga sekitar 100-300 ribu. Wah tidak mengecewakan mahal juga ya...

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa vending machine paling absurd yang sanggup ditemukan di Jepang. Menurut kalian mana yang paling aneh?


Referensi:
id.wikipedia.org/wiki/Mesin_jual_otomatis
dailydot.com/unclick/japanese-vending-machines/
tourist-note.com/id/20170419152707
telegraph.co.uk/travel/news/The-worlds-weirdest-vending-machines/
kurai18.wordpress.com/tag/vending-machine/

Posting Komentar untuk "Mesin Penjual Otomatis Paling Unik Yang Hanya Ada Di Jepang"