Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topi-Topi Antik atau Berbeda Dari Beberapa Negara Di Dunia

Topi yaitu Keliru satu jenis aksesoris tambahan di kepala yang sering digunakan orang-orang baik perempuan maupun pria. Manfaat utama dari penggunaan topi bahwasanya yaitu melindungi terutama kepala atau rambut dari sengatan matahari maupun tetesan hujan, bakal tetapi topi juga sanggup digunakan sebagai aksesoris yang berkhasiat untuk menunjang penampilan semoga lebih trendi dan menambah rasa percaya diri.

Tidak hanya pada kegiatan normal sehari-hari saja topi biasa digunakan, mirip yang sudah diketahui selama ini topi juga menjadi Keliru satu atribut lengkap yang digunakan para prajurit hampir seluruh negara di dunia. Mulai dari topi berbentuk baret seperti yang selalu kita jumpai dikenakan para tentara di Indonesia sampai topi besar tinggi dari bulu beruang khas milik Scots Guard yang bertugas menjaga istana Inggris dan lain sebagainya. Namun ada yang lebih menarik lagi dari ulasan terkait topi kali ini, ternyata beberapa negara di dunia memiliki topi-topi unik yang menjadi ciri khas dan identitas layaknya pakaian tradisional. Inilah topi-topi unik dari beberapa negara di dunia versi anehdidunia.com.

Ushanka dari Rusia


Topi unik pertama yang ada di dunia yaitu berasal dari Rusia. Disebut dengan nama Ushanka yang sebenarnya memiliki Makna "topi yang menutupi telinga" dalam bahasa Rusia merupakan topi yang memiliki material materi dari bulu-bulu binatang mirip rubah, domba, kelinci dan lain sebagainya. Dilihat dari material bahannya Ushanka memang dibentuk dan biasa digunakan khusus untuk musim dingin. Manfaat utama Ushanka sendiri memang untuk menghangatkan bab kepala mulai dari telinga, rahang hingga leher. Sejarah penggunaan Ushanka dulu diawali oleh para prajurit militer Uni Soviet yang Menggunakan topi tersebut sebagai atribut wajib kala perang di musim dingin. Perbedaan di zaman dulu Ushanka yang digunakan tentara Uni Soviet terdapat tambahan epilog mata, namun kini tak lagi. Karena keunikan bentuk topi ini, Ushanka menjadi terkenal tak hanya di Rusia saja namun juga sering digunakan oleh beberapa masyarakat Eropa Timur bahkan Cina dan negara yang lain yang memiliki iklim musim dingin.

Akubra dari Australia


Sekilas ketika anda melihat topi unik dari Australia ini memang ada kemiripan dengan topi koboi asal Amerika Serikat. Namun Akubra sendiri telah berkembang di Australia semenjak ratusan tahun yang lalu. Akubra lahir sebagai Keliru satu bab penting dari seragam-seragam nasional di Australia. Dengan material materi yang juga terbuat dari bulu-bulu serta bentuknya yang melebar, topi Akubra memiliki fungsi besar sebagai pelindung dari teriknya matahari dan bahkan dari hujan. Karena fungsi pentingnya inilah meski ketika ini Akubra sudah tak lagi menjadi atribut penting seragam nasional Australia namun beberapa petani, peternak atau orang-orang yang melakoni pekerjaannya diluar ruangan banyak Menggunakan topi unik sebagai sarana pelindung dan tetap nyaman dalam bekerja. Karena keunikannya inilah topi Akubra bertahan dan tetap eksis sebagai Keliru satu ikon Negara Kanguru tersebut dan seringkali dijadikan cinderamata khas bagi pejabat penting atau wisatawan asing yang mengunjungi negara Australia.

Fez dari Turki



Pernahkah anda menyaksikan pertunjukan Tari Sufi, dimana penarinya yaitu seorang laki-laki dengan kostum serta topi unik yang melaksanakan gerakan memutar berkali-kali dengan durasi yang cukup lama? Yup, tarian tersebut berasal dari Turki dan topi unik yang mereka gunakan tak lain yaitu topi tradisional berasal dari Turki berjulukan Fez. Fez hat atau topi Fez dahulu muncul sebagai Keliru satu elemen dari pakaian tradisional masyarakat Siprus sampai jadinya merapat ke wilayah Turki dan digunakan para raja dan sultan dari negara Eropa yang populasi masyarakatnya kebanyakan yaitu Muslim. Bahkan zaman dulu para tentara Ottoman juga Menggunakan Fez ketika berperang. Topi Fez memiliki bentuk fisik yang unik mirip tabung serta lebih banyak menampilkan warna merah sehingga menjadi ciri khusus serta memiliki rumbai sepanjang kurang lebih 10 cm dibagian atas topi dan menjuntai keluar. Hingga ketika ini Fez masih banyak digunakan oleh orang-orang Turki dan dijual sebagai buah tangan khas negara tersebut.

Sombrero dari Meksiko



Mungkin ini juga Keliru satu topi unik yang terkenal di dunia. Sombrero yaitu jenis topi berbentuk unik dan merupakan topi tradisional khas Meksiko. Bentuknya mirip topi koboi namun memiliki ukuran yang jauh lebih lebar sehingga bagi siapa saja yang menggunakannya tak bakal merasa kepanasan kala terkena sinar matahari. Sombrero juga memiliki "mahkota" ditengah yang menjulang lebih tinggi, saking uniknya bentuk dari topi ini bahkan dalam bidang ilmu matematika terdapat grafik fungsi yang mirip bentuk topi ini dan disebut fungsi sombrero. Begitu banyak masyarakat Meksiko yang Menggunakan topi khas ini sehingga sombrero juga identik serta dikenal sebagai identitas negara Meksiko, mirip contohnya pada kompetisi Piala Dunia tahun 1970 dimana Meksiko menjadi tuan rumah menentukan boneka anak kecil dengan topi sombrero yang digunakan sebagai maskot resminya.

Karakul dari Afghanistan



Karakul yaitu topi unik yang terbuat dari bulu binatang domba dan biasanya digunakan oleh anak laki-laki dan laki-laki di Afghanistan. Topi ini memiliki bentuk yang cukup unik yakni mengerucut mirip segitiga serta memiliki bab datar pada sisi samping dan belakangnya. Qaraqul sendiri tak setrik khusus digunakan untuk atrik-atrik tertentu saja namun juga digunakan dalam rutinitas sehari-hari. Tak hanya digunakan rakyat biasa di Afghanistan saja namun mantan presiden dan kalangan pejabat negara pun banyak yang Menggunakan topi ini. Bahkan ketika ini qaraqul telah berkembang ke banyak negara dan sering digunakan oleh masyarakat negara setempat mirip di India, Pakistan dan negara-negara Asia Selatan lainnya.

Itulah beberapa topi unik dari beberapa negara yang ada di dunia. Masing-masing memiliki sejarah tersendiri dibalik awal kemunculannya tersebut dan tiap-tiap negara juga memiliki tradisi yang berbeda dibalik penggunaan topi-topi tersebut. Mulai dari yang awalnya digunakan sebagai pelindung sewaktu perang, ada yang digunakan untuk ritual agama, digunakan ketika sedang bekerja dan lain sebagainya. Sahabatanehdidunia.com di Indonesia yang memiliki bermacam-macam suku dan agama tentu masing-masing punya topi unik dan tradisional yang dimiliki, namun sadarkah anda bahwa peci warna hitam yang sering digunakan Presiden dan mantan Presiden terdahulu ternyata yaitu topi yang berfungsi sebagai lambang nasionalis dan sanggup digunakan siapa saja warga negara Indonesia dari latar belakang suku, budaya dan agama apapun.

sumber referensi:
http://travel.detik.com/read/2012/12/17/085544/2120062/1382/ini-dia-15-topi-paling-khas-dari-seluruh-dunia
https://id.wikipedia.org/
https://en.wikipedia.org/
http://www.akubra.com.au/

Posting Komentar untuk "Topi-Topi Antik atau Berbeda Dari Beberapa Negara Di Dunia"