Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)

Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)
link:Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)
Artikel Menarik:

Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)

 Daun gatal ialah tumbuhan semak menahun yang sering kita jumpai berada disekitar hutan Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)
Tanaman Daun Gatal (Laportea Decumana)

Deskripsi Daun Gatal

Daun gatal ialah tumbuhan semak menahun yang sering kita jumpai berada disekitar hutan. Tanaman daun gatal ini biasanaya hidup didaerah hutan berair dan tempat lainnya. Nama latin daun gatal adalah Laportea Decumana. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan gaun gatal ini mempunyai nama stinging tree dan ant plants. Tanaman daun gatal ini merupakan tumbuhan orisinil dari Papua. Persebaran tumbuhan daun gatal dari Asia Tenggara - Indonesia dari Kalimantan bab selatan timur hingga New Guinea. Ciri-ciri daun gatal ini mempunyai daun yang permukaan terdapat bulu-bulu halus dengan ukuran tumbuhan yang tidak terlalu besar. Fungsi dan kegunaan daun gatal bagi sebagian masyakat dipakai sebagai obat untuk pegal-pegal. Namun yang jarang kita tahu ternyata tumbuhan daun gatal ini mempunyai manfaat lebih dari pada obat pegal-pegal yaitu dalam penyembuhan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Daun Gatal

salat,nik, nondi, gofe, pisi, nunt, nontz, nakau

Klasifikasi Daun Gatal

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Urticaceae
Genus: Laportea
Spesies: Laportea decumana (Roxb.) Wedd.

Anatomi dan Morfologi Daun Gatal


Tanaman daun gatal merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari keluarga tanaman jelatang-jelatangan. Tanaman daun gatal ini termasuk tumbuhan semak menahun atau parennial yang mana flora ini sanggup tumbuh mencapai 2 m. Daun gatal mempunyai batang yang banyak dan lunak, rapuh, bercabang dengan baik  dan mempunyai senjata berupa rambut panjang dan kaku yang tersusun rapat dan iritan. Tanaman daun gatal ini mempunyai bentuk elips dengan ujung daun lancip dan bab bawah daun tumpul dengan tekstur yang berangasan dan mempunyai bulu yang halus.  Bunga jantan daun gatal  mempunyai empat benang sari, empat tepalsdan buah yang achene. Biji tumbuhan daun gatal ini kecil berwarna hitam. Akar tumbuhan daun gatal ini akar tunggang. Budidaya tumbuhan daun gatal dengan cara semai biji. Habitat tumbuhan daun gatal berada  hutan dan semak belukar di dataran rendah pada ketinggian rendah, menyukai tempat teduh dan sering ditemukan di tanah yang berair dan kering.


Bagian Daun Gatal Yang Digunakan

Daun

Kandungan Daun Gatal

Daun gatal mengandung onoridin, tryptophan, histidine, alkaloid, flavonoid, asam formiat dan authraguinones.

Manfaat dan Khasiat Daun Gatal Bagi Kesehatan

  1. Daun muda daun gatal segar dimakan dengan ubi jalar atau talas sebagai obat untuk sakit usus.
  2. Daun gatal pada bab daunnya digosok atau dibelai dengan lembut di aneka macam bab badan untuk mengatasi demam, nyeri pada tubuh, kelelahan, sakit perut dan sakit kepala.

Catatan

Konsumsilah herbal tumbuhan daun gatal ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)

Semogga postingan Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Daun Gatal (Laportea Decumana)"

Posting Komentar