Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. F.)

Deskripsi Pengertian Tanaman Bidara Upas Manfaat Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. f.)
Tanaman Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. f.)


Deskripsi Pengertian Tanaman Bidara Upas

Bidara upas yaitu tumbuhan umbi-umbian yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman bidara upas biasaya sanggup jumpai di kawasan sekitar hutan, ladang, pekarangan rumah dan tempat lainnya. Nama latin tumbuhan bidara upas adalah Merremia Mammosa Hall. f. Menurut sejarah asal tumbuhan bidara upas berasal dari kawasan Asia Tenggara tepatnya negara Filipina. Persebaran tumbuhan bidara upas ini dari  daerah India, Kepulauan Andaman, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Indo-China. Ciri-ciri tumbuhan bidara upas ini memiliki umbi yang menyerupai kentang. Fungsi bidara upas bagi sebagian masyarakat serat tanamannya digunakan untuk materi pakaian, alasannya yaitu mengkilat menyerupai kain satin dan menawarkan rasa sejuk kepada pemakai. Namun yang tidak kita tahu ternyata tumbuhan bidara upas ini sanggup dipakai dalam pengobatan untuk mengobati macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Bidara Upas

Indonesia : Bidara Upas
Jawa : Widara Upas, Blanar
Ambon : Hailale

Klasifikasi Bidara Upas

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Merremia
Spesies: Merremia mammosa Hall. f.

Anatomi dan Morfologi Bidara Upas

Tanaman bidara upas merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga tumbuhan berbunga (Convolvulaceae).  Tanaman bidara upas ini tumbuhan umbi-umbian yang merambat atau menjalar pada tumbuhan lain yang ukuran tingginya dari 3 hingga 6 m. Daun tumbuhan bidara upas berbentuk lingkaran telur melebar, dengan pangkal berbentuk hati. Umbi bidara upas ini menyerupai kentang. Umbi bidara upas letaknya berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya sanggup mencapai 5 kg. Kulit umbi bidara upas berwarna kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, jika kering warnanya menjadi coklat. Bunga bidara upas majemuk, yakni sejumlah 1-4 kuntum, membentuk payung, berwarna putih, dan apabila menjadi buah bidara upas, kelopaknya tidak gugur. Biji bidara upas berwarna kelabu hingga hitam, dengan pinggirannya yang berbulu kecoklatan. Budidaya tumbuhan bidara upas ini dengan cara menyamai bijinya , stek batang atau dengan menanam umbinya. Habitat tumbuhan bidara upas pada tanah berair menyerupai didekat ajaran sungai, dan tumbuh dengan baik di kawasan tropik dari dataran rendah hingga ketinggian 250 mdpl.


Bagian Bidara Upas Yang Digunakan

Getah dan umbi tumbuhan bidara upas.

Kandungan Bidara Upas

Bidara upas mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid.

Manfaat dan Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan

  1. Khasiat tumbuhan bidara upas untuk menyembuhkan sakit demam.
  2. Manfaat tumbuhan bidara upas berkhasiat dalam mengobati radang tenggorokan.
  3. Bidara upas khasiat untuk mengobati sakit pernapasan.
  4. Ekstrak bidara upas untuk mengobati disentri.
  5. Getah tumbuhan bidara upas diterapkan secara eksternal untuk mengobati gigitan ular, luka bakar, demam, disentri, keracunan, dada dan tenggorokan dan edema.
  6. Manfaar bidara upas untuk mengobati sakit kencing manis, sembelit, muntah darah.

Catatan 

Konsumsilah herba bidara upas dengan bijak dan sesuai takaran.


Posting Komentar untuk "Manfaat Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. F.)"