Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)

Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)
link:Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)
Artikel Menarik:

Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)

 
 Tanaman mahua yakni flora pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)
Tanaman Mahua (Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr.)


Deskripsi Tanaman Mahua

Tanaman mahua yakni flora pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman mahua ini biasanya ditanamn di halaman rumah, pekarang, dan tempat lainnya. Nama latin flora mahua yakni Madhuca longifolia J. Konig J.F. Macbr. Sedangkan dalam bahasa Inggris flora mahua ini mempunyai nama Indian butter tree, dan wild sapote tree. Menurut sejarah asal undangan flora mahua ini diperkirakan berasal dari India dan Sri Langka. Persebaran flora mahua ini dari tempat India, Srilangka, dan Burma. Ciri-ciri fisik flora mahua ini mempunyai buah yang berbentuk lingkaran lonjong berwarna kehijauan dengan daun pipih agak panjang. Fungsi dan kegunaan flora mahua bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai sayuran dan dimakan buahnya. Kita tidak tahu flora mahua ini ternyata sanggup juga dijadikan sebagai obat herbal flora mahua dalam mengobati macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Mahua

Indonesia : Mahua

Klasifikasi Tanaman Mahua

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Ebenales
Famili: Sapotaceae
Genus: Madhuca
Spesies: Madhuca longifolia (J. Konig) J.F. Macbr.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Mahua

Tanaman mahua merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora sawo-sawoan (Sapotaceae). Tanaman mahua ini flora yang mempunyai ukuran sedang, ukuran pohonya sekitar 16-20 m tinggi. Tanaman mahua ini mempunyai batang pendek, gemuk, ukuran diameter batangnya sanggup mencapai 80 cm. Tangkai flora mahua bulat, bercabang banyak. Kulit flora mahua berwarna abu-abu, vertikal retak dan keriput, pengelupasan dalam skala yang tipis. Daun flora mahua alternatif berkerumun di ujung anak cabang samping. Helai daun flora mahua sederhana,  dengan ukuran panjang 10-25 cm  x lebar 6-12 cm, berbentuk lonjong, kaku, tebal dan kokoh, berbulu di permukaan  bawah dan meneteskan getah susu yang saat terluka. Daun flora mahua saat muda berwarna merah muda, dan saat sudah renta akan berwarna cokelat kemerahan. Bunga bertangkai hijau atau merah muda berbulu, berkelompok, setiap ikat yang terdiri dari 12 bunga, berwarna krem dan wangi. Bunga flora mahua hidup hanya satu malam dan lalu jatuh ke tanah.. Penyerbukan bunga flora mahua menjelma buah bujur telur yang berdaging, berwarna kehijauan yang terdiri 1-4 biji berwarna coklat mengilap, berminyak. Benih flora mahua berukuran panjang 3-5 cm,  berbentuk elips, rata di satu sisi. Budidaya flora mahua ini berkembang biak dengan cara cangkok dan biji. Habitat flora mahua  di tempat marjinal kering hutan tropis dan subtropis sampai ketinggian 1200-1800 m, dengan curah hujan tahunan berkisar 500 mm-1500 mm, dan di mana suhu yakni dalam kisaran 2-46° C. flora mahua mahua tumbuh baik pada lempung berpasir tanah dengan drainase yang baik, itu juga terjadi pada dangkal berbatu, liat dan tanah

Bagian Tanaman Yang Digunakan

Bunga, buah dan Daun

Kandungan Tanaman Mahua

Buah flora mahua mengandung zat triterpenoids, n-hexacosanol, beta-D-glukosida dari beta-sitosterol. Kuli biji flora mahua mengandung zat qurcetin dan dihydroquercetin. Biji mengandung senyawa saponin-2,3-di-O-glucopyranoside dasar asam. Kulit batang flora mahua mengandung zat asetat lupeol, beta-amyrin asetat, alpha-spinasterol, erythrodiol monocaprylate, asam betulinic dan asam oleanolic.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Mahua Bagi Kesehatan
  • Minyak dari ekstrak biji flora mahua berguna untuk penyakit kulit dan nyeri tubuh.
  • Bunga flora mahua yang kering bermanfaat untuk mengobati sakit sistem otot neuro dan lemahnya saraf.
  • Kulit pohon flora mahua mempunyai kegunaan untuk mengobati sakit gangguan usus dan diare.
  • Bunga flora muhua yang segar dijus dipakai untuk mengobati sakit hipertensi, cegukan dan batuk kering.
  • Bunga flora mahua untuk meningkatkan jumlah sperma, ejakulasi dini, dan produksi susu lebih sedikit dalam periode pasca melahirkan.
Catatan

Konsumsilah herba flora mahua ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)

Semogga postingan Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Flora Mahua (Madhuca Longifolia J. Konig J.F. Macbr.)"

Posting Komentar