Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Flora Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)

 Tanaman sawo kecil ialah flora pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)
Tanaman Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)

 Tanaman sawo kecil ialah flora pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)
Tanaman Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)



Deskripsi Tanaman Sawo Kecik

Tanaman sawo kecil ialah flora pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman sawo kecik biasanya hidup di pekarangan rumah, halaman depan rumah, ditanam didalam pot, dan tempat lainnya. Nama latin flora sawo kecik ialah Manilkara kauki L. Dubard. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari flora sawo kecik ialah Caqui, East Coast Wongi, Torres Straits Wongi, Wongai, Wongai Plum Tree, Wongi Plum.  Menurut sejarah asal undangan flora sawo kecik diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Persebaran flora sawo kecik ini berada pada kawasan Sri langka, Asia Tenggara; Myanmar, Indochina, Semenanjung Malaysia, Indonesia kecuali Kalimantan, Papua Nugini, dan Utara Australia. Ciri-ciri fisik flora sawo kecik ini mempunyai daun berebntuk lonjong dengan buah yang berbentuk lingkaran kecil sebesar telur puyuh, berwarna kemeranan, buahnya mempunyai rasa manis. Fungsi dan kegunaan flora sawo kecik bagi sebagian orang dipakai buahnya dimakan, sebagai flora peneduh, dan kayunya dipakai sebagai perkakas rumah. Menurut kepercayaan orang jawa dengan menanam flora sawo kecik sanggup mendatangkan kebaikan. Namun yang tak kita tahu flora sawo kecik ini sanggup juga dipakai untuk obat herbal flora sawo kecil dalam pengobatan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Sawo Kecik

Jawa : Sawo Kecik, Kayu Sawo
Sunda : Sawo
Bali : Sawo Kecik Sabo
Nusa Tenggara : Sabo, Sawo Kecik
Malaysia : Sawah, Sawai, Sawau, Sau, Sawoh

Klasifikasi Tanaman Sawo Kecik

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Ebenales
Famili: Sapotaceae
Genus: Manilkara
Spesies: Manilkara kauki (L.) Dubard

Anatomi dan Morfologi Tanaman Sawo Kecik

Tanaman sawo kecik merupakan salah satu jenis flora yang termasuk dalam keluarga flora sawo-sawoan (Sapotaceae). Tanaman sawo kecik flora pohon yang mempunyai ukuran pohon sedang dengan tinggi yang sanggup mencapai mencapai 25 m. Batang flora sawo kecik ini berwarna coklat,  diameter batangnya sanggup mencapai 100 cm. Daun flora sawo kecik berkelompok pada bab ujung tangkai atau batang tanaman. Pada permukaan bawah daun flora sawo kecik berwarna keputihan dan bertekstur halus menyerupai beludru dengan tangkai daun tidak menebal, panjang kelopak daun 7 mm.. Kuncup bunga flora sawo kecik berbentuk lingkaran telur. Buah flora sawo kecik berbentuk ovoid, lingkaran telur, dikala masak berwarna orange hingga merah, dengan ukuran 2-3,5 cm, dengan 1-6 biji. Biji flora sawo kecik mengkilap berwarna coklat bertekstur keras, jorong, dan berukuran 1 cm x 0,75 cm, tebal. Budidaya flora sawo kecik ini perkembangbiakannya dengan cara biji dan cangkok. Habitat flora sawo kecik pada daerag tropis dan tumbuh sebagian besar di dataran rendah pesisir hingga 500 m ketinggian dan di kawasan yang relatif kering dengan drainase yang baik.
Bagian Tanaman Sawo Kecik Yang Digunakan

Buah

Kandungan Tanaman Sawo Kecik

Tanaman sawo kecik mengandung Vitamin C, riboflavin, niacin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Sawo Kecik Bagi Kesehatan
  1. Tanaman sawo kecik berguna untuk menghilangkan amis badan.
  2. Tanaman sawo kecik bermanfaat sebagai obat untuk menurunkan kolestrol.
  3. Tanaman sawo kecik mempunyai kegunaan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Tanaman sawo kecik untuk melancarkan buang air besar.
  5. Tanaman sawo kecik dipakai untuk menghaluskan kulit.
Catatan

Konsumsilah herbal flora sawo kecik ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Flora Sawo Kecik (Manilkara Kauki L. Dubard)"