Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Flora Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)


 Tanaman congkok ialah tanaman berbunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)
 Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)

 Tanaman congkok ialah tanaman berbunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)
 Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)


Deskripsi Tanaman Congkok

Tanaman congkok ialah tanaman berbunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman congkok ini biasanya ditanam di halaman depan rumah, didalam pot, pekarangan rumah, dan juga tumbuh secara liar di hutan-hutan. Nama latin tanaman congkok ialah Curculigo Orchioides Gaertn.
Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman congkak ini mempunyai nama Palm Grass. Menurut sejarah asal permintaan tanaman congkok ini berasal dari kawasan Asia timur dan selatan. Persebaran tanaman congkok ini dari kawasan Asia Selatan (India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal), Asia Tenggara ke Taiwan, Australia dan Kepulauan Pasifik (Kepulauan Solomon, Hawaii). Di Malesia terdapat di Semenanjung Malaysia, Singapura, Indonesia (Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku), Filipina (Luzon, Negros, Biliran, Mindanao), New Guinea dan Pulau Manus. C. latifolia terjadi di India, Burma (Myanmar), Thailand, Malaysia (Perak, Pahang, Sarawak, Sabah), Indonesia (Sumatra, Bangka, Lingga, Jawa, Kalimantan) dan Filipina (Palawan, Balabac, Samar). Ciri-ciri tanaman congkok ini mempunyai daun yang menyerupai mirip pohon palm tetapi berukuran kecil dan mempunyai bunga yang berwarna kuning. Fungsi dan kegunaan tanaman congkok ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai tanaman hias alasannya ialah mempunyai daun dan bunga yang indah, pembukus makanan, serat daun tanaman congkok juga sanggup dipakai untuk menciptakan pakaian. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman congkok ini sanggup dipakai sebagai obat herbal tanaman congkok dalam menyembuhkan banyak penyakit yang ada didalam badan kita.

Nama Daerah Tanaman Congkok

Jawa : bedur
Sunda : congkok, Marasi
Bangka : Keliangau
Madura : nyeyor-nyeyoran
Kalumantan : Doyo
Malaysia: lumbah merah, lumbah, lembah, lumbah rimba

Klasifikasi Tanaman Congkok

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Curculigo
Spesies: Curculigo orchioides Gaertn.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Congkok

Tanaman congkok merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga (Liliaceae). Tanaman congkok ialah tanaman menahun tanpa batang yang tingginya sanggup mencapai 1 m. Tanaman congkok mempunyai rimpang yang tebal. Pelepah daun tanaman congkok berbentuk pisau elips, menggaris, berukuran 60-100 cm x 5-15 cm, berwarna hijau.  Bunga tanaman congkok bertandan berbentuk menyerupai bintang berukuran kecil berwarna kuning. Buah tanaman ini buah buni berdanging berbiji sedikit. Biji tanaman congkok berwarna hitam berbetuk agak bulat. Budidaya tanaman congkok ini berkembangbiaknya dengan cara biji dan rimpang. Habitat tanaman congkok ini berada pada kawasan tropis dan subtropis,  menyukai tanah yang kaya humus, subur, berdrainase baik, dan posisi di bawah naungan, dan di hutan dan lereng berumput yang terbuka yang mempunyai  syarat tumbuh dari dataran rendah hingga ketinggian 1.600 meter dari pemukaan air laut.

Bagian Tanaman Congkok Yang Digunakan

Buah, rimpang, daun, dan bunga.

Kandungan Tanaman Congkok

Tanaman cangkok mengandung zat saponin, glikosida, curculin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Congkok Bagi Kesehatan
  1. Tanaman congkok bermanfaat untuk mengobati penyakit  adaptogenik (mengurangi stress), analeptik, androgenik, anticonvulsive (pereda nyeri), antiinflamasi (anti radang) , aphrodisiac (meningkatkan gairah), diuretik, emmenagogue, obat penenang, dan tonik.
  2. Tanaman congkok berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Tanaman congkok untuk meningkatkan nafsu makan, pelancar kencing, dan mengobati demam.
Catatan

Konsumsilah herba tanaman congkok ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Flora Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)"