Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dandang Gendis (Clinacanthus Nutans Lindau)

 Dandang gendis ialah flora perdu yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Dandang Gendis (Clinacanthus Nutans Lindau)
Tanaman Dandang Gendis (Clinacanthus Nutans Lindau)



Deskripsi Dandang Gendis

Dandang gendis ialah flora perdu yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman dandang gendis ini biasanya ditanam di depan rumah, pekarangan dan terkadang juga ditanam didalam pot. Nama latin dandang gendis Clinacanthus Nutans Lindau. Sedangkan dalam bahasa Inggris dandang gending memiliki nama Snake Grass. Menurut sejarah asal seruan dandang gendis ini berasal dari Asia Tropis.Persebaran  dandang gendis China, Indonesia, Malaysia, and Thailand. Ciri-ciri dandang gendis ini memiliki daun yang langset atau lancip berwarna hijau. Fungsi dan kegunaan dandang gendis bagi sebagian orang mungkin dianggap sebagai flora liar biasa. Namun yang tak kita ketahui ternyata dandang gendis ini sanggup dipakai sebagai obat herbal dandang gending dalam mengobati beragam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Dandang Gendis

Sunda : Ki Tajam
Jawa : Dandang Gendis
Jawa Tengah : Gendis
Malaysia : Balalai Gajah

Klasifikasi Dandang Gendis

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Clinacanthus
Spesies: Clinacanthus nutans Lindau

Anatomi dan Morfologi Dandang Gendis

Dandang gendis merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora berbunga (Acanthaceae). Dandang gendis ini flora semak perdu yang mana ukurannya sekitar 1- 3 m. Batang dandang gendis berkayu tumbuh tegak, beruas, dan berwarna hijau. Daun dandang gendis ini berdaun tunggal berhadapan, berbentuk lanset atau lancip dengan ukuran panjan 8-12 cm, lebar 4-6 cm, daunnya bertulang menyirip berwarna hijau. Akar flora dandang gending akar tunggang berwarna kecoklatan. Bunga dandang gendis beragam berbentuk malai muncul pada ketiak daun dan di ujung batang. Mahkota bunga dandang gendis berbentuk tabung dengan ukuran panjang 2-3 cm berwarna merah muda. Buah dandang gendis berbentuk kota bundar memanjang, berwarna coklat didalam satu buah biasanya terdapat 4 biji. Budidaya dandang gendis ini perkembangbiakannya dengan cara memakai biji dan stek batang. Habitat dandang gendis berada pada tempat terestrial (Padang rumut / Savana / semak belukar).

Bagian Dandang Gendis Yang Digunakan

Daun

Kandungan Dandang Gendis

Tanaman dandang gendis mengandung saponin, polifenol, alkaloid, minyak atsiri.

Manfaat dan Khasiat Dandang Gendis Untuk Kesehatan
  1. Daun dandang gendis bermanfaat untuk mengobati sakit kencing manis.
  2. Dandang gendis berguna untuk menyembuhkan sakit  disentri.
  3. Dandang gendis berguna untuk mengobati lemah syahwat.
  4. Tanaman dandang gendis untuk mengobati gangguan ginjal
Catatan

Konsumsilah herba flora dangdang gendis ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Posting Komentar untuk "Manfaat Dandang Gendis (Clinacanthus Nutans Lindau)"