Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)

 Tanaman melati ialah tumbuhan bunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)
 Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)



Deskrispsi Tanaman Melati

Tanaman melati ialah tumbuhan bunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman melati biasanya ditanaman di pekarangan rumah, halaman depan rumah, didalam pot, dan daerah lainnya. Nama latin tumbuhan melati ialah Jasminum sambac (L.) Aiton. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain tumbuhan melati ini ialah  Tuscan jasmine, Arabian Jasmine, Sambac jasmine. Menurut sejarah asal seruan tumbuhan melati ini berasal dari India. Persebaran tumbuhan melati ini India, Cina, Mauritius, Madagaskar, Maladewa, Kamboja, Jawa Indonesia, Pulau Christmas , Chiapas, Amerika Tengah, Florida selatan, Bahama, Kuba, Hispaniola, Jamaika, Puerto Rico, dan Lesser Antilles. Ciri-ciri fisik tumbuhan melati ini mempunyai daun agak bulat dengan bunga yang berwarna putih, dan berbau wangi. Fungsi dan kegunaan tumbuhan melati bagi sebagian masyarakat didunia dipakai sebagai tumbuhan hias, upacara keagamaan, dan dipakai untuk materi gabungan minuman teh. Namun yang tak kita tahu tumbuhan melati ini bersama-sama mempunyai banyak manfaat dan khasiat dalam pegobatan aneka macam macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Melati 

Indonesia : Melatu
Malaysia: melati, melur, bunga melor 

Klasifikasi Tanaman Melati

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum
Spesies: Jasminum sambac (L.) Aiton

Anatomi dan Morfologi Tanaman Melati

Tanaman melati merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga tumbuhan melati-melatian (Oleaceae). Tanaman melati ini tumbuhan perdu merambat yang terjurai atau longgar saat masih muda dan berakar berbuku-buku atau membesar yang ukuranya 2-3 m. Daun tumbuhan melati berbentuk bulat telur dengan ukuran 2,5-9 cm x 2-6,5 cm, tipis, pangkal daun berbentuk jantung hingga menumpul, ujung daun lancip terkadang juga tumpul. Tepi daun tumbuhan melati berombak, gundul atau berbulu halus. Akar tumbuhan melati akar tunggang berwarna kecoklatan. Bunga tumbuhan melati berkelompok, satu tandan bunga berisi sekitar 3-5 bunga,  dengan 7-10 ruas kelopak, panjang bunga 2,5–7 mm, berbulu halus, panjang tabung mahkota bunga tumbuhan melati sekitar 7–15 mm, sebanyak 5 cuping, berbentuk bulat telur atau lonjong, dengan ukuran panjang 8–15 mm, berwarna putih, mempunyai bacin yang kuat. Mahkota bunga tumbuhan melati berbentuk lembaran mengerut, ibarat terompet, yang berwarna putih, dan berbau wangi. Buah tumbuhan melati  buah buni, mengkilap, dan berwarna hitam, dan dikelilingi kelopak. Budidaya tumbuhan melati ini perkembangbiakannya memakai cara stek batang dan biji. Habitat tumbuhan melati berada pada tanah yang lembab banyak akan unsur hara dengan sinar matahari yang penuh dengan elevansi dari dataran rendah hingga 800 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Melati Yang Digunakan

Bunga dan daun.

Kandungan Tanaman Melati

Tanaman melati mengandung linalool, terpenoid, kumarin, fenolik, flavonoid, saponin, steroid, benzil aseta, caryophyllene, farnesol, minyak esensial.

Manfaat da Khasiat Tanaman Melati Bagi Kesehatan
  1. Tanaman melati bermanfaat untuk antioksidan.
  2. Tanaman melati berguna sebagai obat antikanker ibarat kanker payudara.
  3. Tanaman melati sebagai obat anti virus.
  4. Tanaman melati untuk obat antimikroba.
  5. Tanaman melati berguna untuk mengurangi rasa depresi pada diri seseorang
  6. Tanaman melati dipakai untuk mengobati mata merah dan demam.
  7. Tanaman melati bisa mengobati infertilitas baik bagi laki-laki maupun wanita.
Catatan

Belum ditemukan kontraindikasi dalam pengkonsumsian  obat herbal tumbuhan melati.

Posting Komentar untuk "Manfaat Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)"