Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)

 Tanaman kesambi ialah tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)
Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)
 
 Tanaman kesambi ialah tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)
Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)



Deskripsi Tanaman Kesambi

Tanaman kesambi ialah tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman kesambi biasanya hidup di pekarangan rumah, halaman depan rumah dan juga hidup liar dihutan. Nama latin tumbuhan kesambi ialah Schleichera Oleosa (Lour.) Oken. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tumbuhan ini ialah Lac Tree. Menurut sejarah asal permintaan tumbuhan kesambi ini berasal dari India dan Indocina. Persebaran tumbuhan kesambi ini dari tempat India, Sri Lanka, Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia. Ciri-ciri fisik tumbuhan kesambi ini mempunyai daun yang berbentuk jorong dengan buah berbetuk bulat berwarna hijau kecoklatan. Buah tumbuhan kesambi mempunyai rasa yang masam. Menurut mitos orang jawa tumbuhan kesambi ini banyak dihuni hantu. Fungsi dan kegunaan tumbuhan kesambi bagi sebagian masyarakat dipakai buahnya dimakan segar, sedangkan daun muda tumbuhan dipakai untuk sayuran lalapan. Namun yang tak kita tahu ternyata tumbuhan kesambi ini sanggup dijadikan obat herbal tumbuhan kesambi dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Kesambi

Sunda :  Kasambi/ Kosambi 
Jawa dan Bali : Kesambi, Kusambi, Sambi, Kecacil
Madura : Kasambhi
Timor : Kusambi, Usapi
Sumba : Kasembi, Kahembi
Sawu : Kehabe 
Solor : Kabahi
Alor : Kalabai
Rote : Kule, Ule
Makasar : Bado
Bugis : Ading

Klasifikasi Tanaman Kesambi

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Sapindaceae
Genus: Schleichera
Spesies: Schleichera oleosa (Lour.) Oken

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kesambi

Tanaman kesambi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga tanaman lerak-lerakan (Sapindaceae). Tanaman kesambi ini tumbuhan pohon tumbuh tegak dengan ukuran yang sanggup mencapai 40 m. Batang tumbuhan kesembi berwarna coklat kehitaman dengan diameter yang sanggup mencapai 2 m, percabangan banyak. Daun tumbuhan kesambi beragam menyirip genap, dengan 4–8 anak daun berbentuk jorong memanjang, terkadang ada juga yang bulat telur atau bulat telur sungsang, daunya berukuran 4,5-18,5(-25) x 2,5-9 cm, dengan ujung daun yang terbesar, gundul, menyerupai kertas atau menyerupai jangat, yang muda berwarna kuning kemerahan. Bunga tumbuhan kesambi terkumpul dalam malai berbentuk tandan, 6–15 cm, berjejalan pada pangkal tunas bunga muda, kadang bercabang pendek. Bunga tumbuhan kesambi tanpa mahkota. Kelopak tumbuhan kesambi berjumlah 4-5, menyatu pada pangkalnya, bertaju bulat telur atau menyegitiga, 1-1,5 mm, berambut tipis pada kedua sisi, berwarna kuning hijau. Benang sari tumbuhan kesambi berjumlah 4-9. Buah tumbuhan kesambi berbentuk gelendong lebar terkadang agak bulat telur, berukuran 1,5-2,5 cm x 1-2 cm, dengan ujung buah meruncing, bertekstur licin atau berduri tempel sedikit, berwarna kuning. Biji tumbuhan kesambi ada 1-2 butir, berbentuk bulat lonjong, berukuran 12 x 10 x 8 mm, berwarna coklat, terselubung salut biji yang kekuningan, tipis. Budidaya tananam kesambi ini dengan biji dan cangkok. Habitat tumbuhan kesambi berada hutan gugur adonan dan savana dengan pohon-pohon hanya tersebar, kadang kala berkelompok, membutuhkan 750-2500 mm curah hujan tahunan dan isu terkini kemarau dengan syarat hidup berada pada dataran rendah sampai 900 (-1200) m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Kesambi Yang Digunakan

Kulit, biji, 

Kandungan Tanaman Kesambi

Tanaman kesambi mengandung tanin, terpenoid, betulin, asam betulinic.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kesambi Yang Digunakan
  1. Kulit tumbuhan kesambi bermanfaat untuk mengobati radang kulit, benjol dan malaria.
  2. Tanaman kesambi berguna sebagai obat antikanker.
  3. Tanaman kesambi sebagai obat antioksidan alami.
  4. Tanaman kesambi sebagai antimikroba alami.
Catatan

Konsumsilah obat herbal tumbuhan kesambi ini dengan bijak dan sesuai takaran

Posting Komentar untuk "Manfaat Tanaman Kesambi / Kecacil (Schleichera Oleosa (Lour.) Oken)"