Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria Filaria (Oken) Merr)


Manfaat dan Khasiat Tanaman Gaharu Jenis  Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)
Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Gaharu Jenis  Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)
Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria filaria (Oken) Merr)



Deskripsi Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu yaitu tumbuhan pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman gaharu biasanya tumbuh secara liar dihutan-hutan. Didunia ada sekitar 15 jenis tumbuhan gaharu. Nama latin tumbuhan gaharu yaitu Aquilaria filaria (Oken) Merr. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan gaharu mempunyai nama lign aloes atau lign aloes trees. Menurut sejarah asal ajakan tumbuhan gaharu berasal dari Asia Tenggara.Persebaran tumbuhan gaharu dari tempat Asia Tenggara - Indonesia, Filipina, New Guinea. Beberapa jenis tumbuhan gaharu masuk dalam apendix II yang mana perdagangan tumbuhan gaharu ini dibatasi. Ciri-ciri fisik tumbuhan gaharu mempunyai daun yang berbentuk lonjong dengan batang yang berbau harum. Fungsi dan kegunaan tumbuhan gaharu dijadikan materi pembuatan parfum. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tumbuhan gaharu ini mempunyai aneka macam manfaat dan khasiat untuk mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Gaharu

Indonesia : Gaharu

Klasifikasi Tanaman Gaharu

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Thymelaeaceae
Genus: Aquilaria
Spesies: Aquilaria filaria (Oken) Merr

Anatomi dan Morfologi Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan gaharu-gaharuan (Thymelaeaceae). Tanaman gaharu ini tumbuhan pohon yang ukurannya sanggup mencapai 17 m. Batang tumbuhan gaharu berwarna coklat, diameter batangnya sanggup mencapai 50 cm, dimana dalam pembentukan gaharu ini saat adanya luka pada bab batang lalu mikroba menginfeksi tumbuhan gaharu apabila luka yang ada pada batang tumbuhan dimenangkan oleh sistem pertahanan dari tumbuhan gaharu maka batang tumbuhan tersebut menjadi gaharu dan batangnya akan sangat bernilai hemat alasannya yaitu mempunyai amis yang harum dan apabila dimenangkan oleh mikroba maka tumbuhan tersebut tidak mengandung  fitoaleksin atau resin tumbuhan gaharu. Daun tumbuhan gaharu berbentuk lonjong dengan tepi daun yang rata berwarna hijau terang, berukuran panjang 5-11 cm dan lebar 2-4 cm. Bunga tumbuhan gaharu berwarna hijau kenuningan muncul pada batang tanaman. Buah tumbuhan gaharu berbentuk bundar lonjong berwarna hijau saat masih muda dan akan berwarna kuning saat sudah matang. Biji tumbuhan berbentuk lonjong berwarna coklat kehitaman bertektur keras berkayu. Budidaya tumbuhan gaharu ini memakai biji dan stek batang. Habitat tumbuhan gaharu berada pada hutan dataran rendah, kadang kala di hutan rawa terbuka, pada ketinggian sampai 130 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Gaharu Yang Digunakan

Batang, akar, dan daun

Kandungan Tanaman Gaharu

Tanaman gaharu mengandung minyak essensia, senyawa fitoaleksin, guia dienal, selina-dienone, dan selina dienol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Gaharu Bagi Kesehatan
  1. Getah tumbuhan gaharu sanggup dipakai untuk meningkatkan gairah seksual (Afrodisiak ).
  2. Getah tumbuhan gaharu berguna sebagai obat mencegah atau mengurangi perut kembung (flatulen) dan sanggup mengobati kolik.
  3. Getah tumbuhan gaharu berguna sebagai obat penenang.
  4. Tanaman gaharu bermanfaat untuk pengobatan kanker.
  5. Tanaman gaharu sebagai obat untuk mengobati sakit diare.
  6. Tanaman gaharu untuk menyembuhkan sakit asma.
Catatan

Konsumsilah obat herbal tumbuhan gaharu ini dengan bijak dan sesuai takaran

Posting Komentar untuk "Manfaat Tanaman Gaharu Jenis (Aquilaria Filaria (Oken) Merr)"