Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Tapak Liman (Elephantopus Scaber L)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tapak Liman  Manfaat dan Khasiat Tanaman Tapak Liman (Elephantopus Scaber L)
 Tanaman Tapak Liman (Elephantopus Scaber L)



Deskripsi Tanaman Tapak Liman

Tanaman tapak liman ialah tanaman semak terna yang biasanya sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman tapak liman ini biasanya sanggup ditemukan di kawasan tepi hutan, jalan pegunungan dan tempat lainnya. Nama latin tanaman tapak liman ialah Elephantopus Scaber L. Nama lain tanaman tapak liman dalam bahasa Inggris ialah Elephant's Foot, Prickly-leaved elephant’s foot.  Menurut sejarah asal undangan tanaman tapak liman ini berasal dari Asia dan Australia. Persebaran tanaman tapak liman China, Malaysia, Indonesia, Afrika, India, Amerika Latin, Austrlia. Ciri fisik tanaman tapak liman ini ialah tidak berbatang tanaman terna dengan daun yang menyentuh  tanah berbentuk lonjong memanjang berwarna hijau. Fungsi dan kegunaan tapak liman bagi sebagian masyarakat mungkin dianggap sebagai tanaman liar dan dipakai sebagai pakan ternak. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman tapak liman ini sanggup dipakai obat herbal tanaman tapak liman dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Tapak Liman

Indonesia : Tapak Liman
Sumatera : Tutup Bumi
Sunda : Balagaduk, Jukut Cancang, Tapak Liman
Madura : Tampak Liman, Tapak Tangan, Talpak Tana
Gayo : Lape-lape Tanah

Klasifikasi Tanaman Tapak Liman

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Elephantopus
Spesies: Elephantopus scaber L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Tapak Liman 

Tanaman tapak liman merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman kenir-keniran ( Asteraceae). Tanaman tapak liman ini termasuk tanaman terna tegak dengan ukuran yang sanggup mencapai 80 cm. Batang bawah tanaman tapak liman pendek cabangnya dichotomously (membelah menjadi 2 bab yang sama). Hal ini padat ditutupi kaku, rambut putih yang berbaring menempel permukaan batang. Batang tanaman tapak liman tertutup ketat oleh rambut putih yang menempel pada permukaan batangnya. Daun tapak liman berbentuk ibarat sendok dengan ukuran daun 6-18 x 2-5 cm, susunan daun tanaman tapak liman melingkar, rapat dan saling berimpitan (roset), dengan tepi daun yang bergerigi dan permukaan daun yang berbulu dan kasar. Bunga tanaman tapak liman majemuk  terdiri dari banyak capitula (bunga beragam terdiri dari 4 berwarna keunguan atau kuntum merah muda). floret yang terdiri dari kelopak panjang 7-9 mm yang membentuk tabung panjang 4-5 mm.  Buah tanaman tapak liman kering, buah tanaman tapak liman berbiji tunggal atau yang dikenal juga sebagai buah achenes dengan ukuran panjang buah 4 mm. Buah tanaman tapak liman memanjang, menyudut dan ditutupi rambut lembut. Buah tanaman tapak liman ini menempel pada pappus yang terdiri dari 5-6, berbulu berwarna putih. Budidaya tanaman tapak liman ini berkembangbiak memakai biji. Habitat tanaman tapak liman berada pada kawasan padang rumput, gurun, pinggir jalan, di sepanjang ladang dan di perbatasan hutan,  dengan syarat hidup pada ketinggian sampai 1.500 meter dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Tapak Liman Yang Digunakan

Seluruh bab tanaman

Kandungan Tanaman Tapak Liman

Tanaman tapak liman mengandung zat dihydrodeoxyelephantopin, Glikosida, Deoxyelephantopin, Molephantinin, Elephantopin, Phantomolin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Tapak Liman Bagi Kesehatan
  1. Tanaman tapak liman sebagai obat cacingan.
  2. Daun tapak liman untuk obat diuretik.
  3. Tanaman tapak liman dipakai sebagai obat tonik
  4. Tanaman tapak liman berguna untuk obat penyakit kelamin.
  5. Tanaman tapak liman bermanfaat sebagai obat penurun panas, batuk.
  6. Tanaman tapak liman mempunyai kegunaan untuk menyembuhkan sariawan.
  7. Tanaman tapak liman untuk sakit diare.
  8. Daun tanaman tapak liman untuk keputihan pada wanita.
  9. Tanaman tapak liman untuk obat penyakit malaria.
  10. Tanaman tapak liman sebagai obat penyakit jamur pada kulit.
Catatan

Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herba tanaman tapak liman.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Tapak Liman (Elephantopus Scaber L)"