Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Ciplukan / Ceplukan (Physalis Angulata L)

 Tanaman ciplukan yaitu flora semak tahunan yang sering kita jumpai berada disekitar ki Manfaat dan Khasiat Tanaman Ciplukan / Ceplukan (Physalis Angulata L)
 Tanaman Ciplukan / Ceplukan (Physalis Angulata L)


Deskripsi Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan yaitu flora semak tahunan yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman ciplukan ini biasanya tumbuh liar pada tempat tepi hutan, pekarangan rumah, persawahan, ladang, tepi jalan, dan tempat lainnya. Nama latin flora ciplukan yaitu Physalis Angulata L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain flora ciplukan ini ialah Morel berry, Angular Winter Cherry, Balloon Cherry, Cutleaf Groundcherry, Gooseberry,  Hogweed, Wild Tomato, dan Camapu. Menurut sejarah asal ajakan flora ciplukan ini berasal dari Amerika Tropis. Persebaran flora ciplukan ini seluruh wilayah tropis, subtropis dan tempat yang beriklim  hangat yang ada di dunia. Ciri-ciri fisik flora ciplukan ini yaitu mempunyai ukuran flora yang tergolong kecil, mempunyai daun yang ukurannya kecil dan buah yang berbentuk lingkaran berwarna hijau kekuningan. Fungsi dan kegunaan flora ciplukan ini bagi sebagian masyarakat di Indonesia di anggap sebagai flora liar. Sedangkan pada masyarakat yang ada di dunia flora ciplukan ini sudah dijadikan sebagai komonditas flora buah terbukti di negara ibarat Jepang, Inggris dan negara lainnya flora ini sudah dijual di beberapa supermarket dan harganya pun cukup mahal. Namun yang tidak kita tahu flora ciplukan ini bahwasanya sanggup juga dipakai sebagai obat herbal flora ciplukan guna menyembuhkan aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Ciplukan

Jawa : Ciplukan
Sunda : Cecendet
Madura : Nyurnyuran
Bali : Kopok-kopokan 
Minahasa : Leletokan

Klasifikasi Tanaman Ciplukan

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Physalis
Spesies: Physalis angulata L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora terong-terongan (Solanaceae). Tanaman ciplukan ini termasuk flora semak tahunan dengan ukuran tananaman sanggup mencapai sekitar 1 m. Batang flora ciplukan berusuk, bersegi tajam, tidak berkayu berongga, dan percabangan banyak. Daun flora ciplukan ini tunggal, bertangkai, pada bab bawah daun flora ciplukan tersebar, di atas berpasangan. Helaian daun flora ciplukan berbentuk lingkaran lonjong ibarat telur memanjang lanset dengan ujung daun flora ciplukan runcing, ujung tidak sama,  Tepi daun flora ciplukan tidak rata. Daun flora ciplukan ini berukuran 5-15 x 2,5-10,5 cm. Bunga flora ciplukan tunggal dengan  ujung atau ketiak daun simetri banyak.  Tangkai bunga flora ciplukan tegak dengan ujung yang mengangguk, langsing, lembayung, 8-23 mm,  tumbuh hingga 3 cm. Kelopak bunga flora ciplukan ini berbentuk genta, 5 cuping runcing, berbagi, hijau dengan rusuk yang lembayung. Mahkota bunga flora ciplukan berbentuk lonceng lebar, dengan ukuran tinggi 6-10 mm, berwarna kuning jelas dengan noda-noda coklat atau kuning coklat, di bawah tiap noda terdapat kelompokan rambut-rambut pendek yang berbentuk V. Tangkai benang sari flora ciplukan berwarna kuning pucat.  Kepala sari  flora ciplukan seluruhnya berwarna biru muda. Putik bunga flora ciplukan ini gundul, kepala putik berbentuk tombol, bakal buah 2 daun buah, terdapat banyak calon biji. Buah flora ciplukan berbentuk lingkaran telur, dengan ukuran panjang hingga 14 mm, berwarna hijau hingga kuning jikalau masak, berurat lembayung, mempunyai kelopak buah. Biji flora ciplukan berwarna coklat kehitaman berukuran kecil.  Budidaya flora ciplukan ini berkembangbiaknya memakai biji. Perkecambahan biasanya cepat dan bebas. di pengaruhu fluktuasi suhu harian yang mana membantu perkecambahan dengan suhu siang hari dari 30 ° c hingga ke 21 ° c di malam hari. Habitat flora ciplukan ini pada tanah yang mempunyai unsur hara dan nitrat yang tinggi tempat yang terbuka dengan banyak sinar matahari dengan syarat hidup dari 1-1550 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Ciplukan Yang Digunakan

Seluruh bab flora

Kandungan Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Ciplukan Untuk Kesehatan
  1. Tanaman ciplukan untuk obat diuretik.
  2. Tanaman ciplukan sebagai obat untuk mengobati infertilitas atau kemandulan pada pasangan suami istri, dan memperlancar proses kelahiran.
  3. Tanaman ciplukan berguna untuk obat ekspetoran, asma.
  4. Tanaman ciplukan dipakai untuk menyembuhkan penyakit kulit ibarat gatal-gatal, cacar, bisul, luka.
  5. Tanaman ciplukan bermanfaat sebagai obat sakit perut ibarat diare, kolik, muntah-muntah, dan ganguan pencernaan.
  6. Tanaman ciplukan berguna untuk obat sakit demam
  7. Tanaman ciplukan sebagai obat untuk penyakit kelamin gonore.
  8. Tanaman ciplukan untuk menyembuhkan sakit rematik, linu, dan untuk meringankan kekakuan otot dan nyeri.
  9. Tanaman ciplukan berguna sebagai obat sakit diabetes.
  10. Tanaman ciplukan dipakai untuk menyembuhkan penyakit malaria
  11. Tanaman ciplukan cegah kanker payudara alasannya yaitu flora ciplukan ini bersifat antikanker.
  12. Tanaman ciplukan untuk menyembuhkan sakit hepatitis.
Catatan

Konsumsilah obat herbal flora ciplukan ini dengan bijak dan sesuai takaran


Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Ciplukan / Ceplukan (Physalis Angulata L)"