Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)

Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)
link:Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)

 Tanaman daun encok yaitu tanaman semak perdu yang sanggup kita jumpai berada disekitar kit Manfaat dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)
Tanaman Daun Encok ( Plumbago Zeylanica L)


Deskripsi Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok yaitu tanaman semak perdu yang sanggup kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman daun encok ini biasanya ditanam di pekarangan, halaman depan rumah dan juga terkadang hidup secara liar hutan. Plumbago terdiri dari sekitar 25 spesies yang ada di seluruh dunia. Nama latin tanaman daun sendok yaitu Plumbago Zeylanica L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman daun encok ini ialah  Ceylon leadwort, doctorbush dan wild leadwort. Menurut sejarah asal undangan tanaman daun encok ini berasal dari Asia Tenggara. Persebaran tanaman daun encok tersebar luas di tempat tropis dan subtropis. Ciri-ciri fisik tanaman daun encok ini mempunyai daun yang agak lemas sedikit mengkilap dengan bunga yang berwarna putih. Fungsi dan kegunaan tanaman daun encok ini berguna sebagai tanaman pagar hidup dan juga pakan ternak. Perlu kita ketahui ternyata tanaman daun encok ini sanggup dijadikan sebagai obat herbal guna menyembuhkan macam-macam penyakit yang ada pada diri kita.

Nama Daerah Tanaman Daun Encok

Sunda : Ki Encok
Jawa : Bama, Godong Encok, Poksor

Klasifikasi Tanaman Daun Encok

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Hamamelidae
Ordo: Plumbaginales
Famili: Plumbaginaceae
Genus: Plumbago
Spesies: Plumbago zeylanica L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga (Plumbaginaceae). Tanaman daun encok ini semak perdu dengan ukuran yang sanggup mencapai 3 m. Batang tanaman daun encok tegak bundar bertektur licin, beralur dengan percabangan banyak. Daun tanaman daun encok tunggal, posisinya berselang seling pada batangnya, berbentuk bundar telur melangset hingga menjorong lonjong dengan ukuran  2,5-13 cm × 1-6 cm, berwarna hijau. Tangkai daun tanaman daun encok berukuran 0-5 mm.  Pangkal daun tanaman encok membaji, ujung daun meruncing atau bertusuk atau gundul, sering dengan titik-titik putih berlilin pada bab bawah daun, tepi daun beralur. Bunga tanaman daun encok bunga tandan, berwarna putih. Kelopak bunga tanaman daun encok berwarna hijau  gundul, dibungkus dalam kelenjar tangkai. Bunga tanaman daun encok ini berbunga sepanjang tahun. Buah tanaman daun encok berukuran kecil berbentuk bundar memanjang, dikala masih muda berwarna hijau dan dikala matang akan berwarna coklat. Biji tanaman daun encok tergolong kecil dengan ukuran 6 mm x 2 mm, berwarna coklat tua. Budidaya tanaman daun encok ini perkembangbiakannya dengan cara biji, dan diperbayak dengan tunas yang berakar dari dasar tanaman atau dengan stek. Habitat tanaman daun encok berada pada hutan gugur, savana dan semak belukar, sering akrab sungai dengan syarat hidup dari dataran rendah hingga dengan ketinggian 2000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Daun Encok Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Daun Encok

Tanaman daun encok mengandung plumbagin, 3-3-biplumbagin, 3-kloroplum-bagin, khitranon (3-6-biplumbagin), dan droseron (2-hidroksiplum-bagin).

Manfaat dan Khasiat Tanaman Daun Encok Untuk Kesehatan
  1. Daun tanaman daun encok mempunyai kegunaan untuk penyakit rematik pada sendi.
  2. Tanaman daun encok untuk mengobati sakit memar, keseleo.
  3. Tanaman daun encok bermanfaat untuk mengobati nyeri lambung, dan cacingan. 
  4. Tanaman daun encok ini sebagai obat anti mikroba dan anti jamur.
  5. Tanaman daun encok berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti  kusta, kudis, kurap, dermatitis, jerawat, luka, dan borok kaki.
  6. Tanaman daun encok dipakai sebagai obat sakit gonore, sifilis, dan TBC.
  7. Tanaman daun encok dipakai untuk mengobati sakit sesak nafas.
Catatan

Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal tanaman daun encok.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Daun Encok (Plumbago Zeylanica L)"

Posting Komentar