Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Daun Duduk (Desmodium Triquetrum Dc)

 Tanaman daun duduk yaitu flora semak perdu yang sanggup kita temui ada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Daun Duduk (Desmodium Triquetrum DC)
Tanaman Daun Duduk (Desmodium Triquetrum DC)


Deskrispsi Tanaman Daun Duduk

Tanaman daun duduk yaitu flora semak perdu yang sanggup kita temui ada disekitar kita. Tanaman daun duduk ini biasanya hidup secara liar di tepi hutan, ladang, tepi sungai dan tempat lainnya. Nama latin flora daun duduk yaitu Desmodium Triquetrum DC. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari flora daun duduk ialah The Trefle Gros. Menurut sejarah asal undangan flora daun duduk ini berasal dari kawasan Asia. Persebaran flora daun duduk dari Antartika, Australia, Cina, Hongkong, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Papua Nugini, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Viet Nam. Ciri-ciri fisik flora daun duduk mempunyai daun yang berbentuk lonjong  memanjang menyerupai tombak berwarna hijau dengan bunga berwarna ungu keputihan. Fungsi dan kegunaan flora daun duduk bagi masyarakat dipakai sebagai flora liar untuk pakan ternak. Namun yang tak kita tahu, flora daun duduk ini sanggup dipakai sebagai obat herbal dalam pengobatan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Daun Duduk

Indonesia: Daun Duduk,
Sunda : ki congcorang, genteng jangkeng
Jawa : Gulu Walang

Klasifikasi Tanaman Daun Duduk

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Genus: Desmodium
Spesies: Desmodium triquetrum DC.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Daun Duduk

Tanaman daun duduk merupakan salah satu jenis flora yang termasuk dalam keluarga flora tumbuhan polong-polongan (Fabaceae). Tanaman daun duduk ini flora semak perdu yang ukurannya sanggup mencapai 3 m. Batang flora daun duduk ini berbentuk bulat, berkayu, mempunyai ruas, permukaan garang serta berwarna coklat. Daun flora daun duduk  berbentuk lanset mempunyai ukuran  10-12 cm x 2-5 cm. Bagian ujung daun flora daun duduk ini meruncing, mempunyai warna coklat ketika gres muncul serta berwarna hijau ketika sudah tua. Bunga flora daun duduk majemuk, berbentuk malai serta muncul pada ujung batang. Mahkota bunga daun duduk berbentuk menyerupai kupu-kupu dan berwarna putih keunguan. Buah flora daun duduk berupa polong yang berambut. Setiap polong flora daun duduk isinya ada 4-8 biji  berwarna coklat ketika muda dan akan berwarna hijau ketika sudah matang atau tua. Budidaya flora daun duduk ini perkembangbiakannya dengan cara memakai biji. Habitat flora daun duduk berada pada tanah yang lembab dengan banyak unsur hara dengan sinar matahari dan curah hujan yang cukup.

Bagian Tanaman Daun Duduk Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Daun Duduk

Tanaman daun duduk mengandung senyawa saponin, flavonoida dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Daun Duduk
  1. Daun flora daun duduk dipakai untuk mengobati sakit gondokan.
  2. Tanaman daun duduk berguna sebagai obat sakit wasir.
  3. Tanaman daun duduk bermanfaat untuk mengobati sakit TBC tulang.
  4. Tanaman daun duduk untuk menyembuhkan sakit radang usus.
  5. Tanaman daun duduk berguna untuk mengobati penyakit rematik.
Catatan

Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal flora daun duduk.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Daun Duduk (Desmodium Triquetrum Dc)"