Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Flora Lengkuas Hutan (Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb.)

Manfaat dan Khasiat Tanaman Lengkuas Hutan  Manfaat dan Khasiat Tanaman Lengkuas Hutan (Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb.)
 Tanaman Lengkuas Hutan (Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb.)


Deskripsi Tanaman Lengkuas Hutan

Tanaman lengkuas hutan ialah flora herba yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman lengkuas hutan sanggup kita temukan di hutan tropis. Nama latin flora lengkuas hutan ialah Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb. Sedangkan dalam bahasa inggris flora lengkuas hutan mempunyai nama Ring Malacca. Menurut sejarah flora ini berasal dari India. Penyearan flora lengkuas hutan ini berada di Indonesia, malaysia, Asia menyerupai India. Ciri-ciri flora lengkuas hutan ini ialah bunga yang berwarna putih dan  daun yang memanjang menyerupai pita dan mempunyai akar rimpang. Fungsi dan kegunaan flora lengkuas hutan ini mungkin bagi sebagian orang yang tidak tahu akan menggangap flora ini flora liar. Namun ternyata flora ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Lengkuas Hutan 

Jawa : Kamijara
Aceh : Saya
Halmahera : Madamonge
Lampung : Susuk
Ambon : Lawasa malaka
Sunda : Laja Gowah
Nias : Tugala
Maluku : Duhu

Klasifikasi Tanaman Lengkuas Hutan

Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Monocotylledoneae
Bangsa : Zingiberales
Suku : Zingiberaceae
Marga : Alpinia
Jenis : Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Lengkuas Hutan

Tanaman lengkuas hutan ialah salah satu flora yang berasal dari marga flora alpina atau flora umbi-umbian. Tanaman lengkuas hutan ini  flora herba tegak dengan tinggi 1-4 m. Tanaman lengkuas hutan tumbuh dalam rumput yang rapat. Batang flora lengkuas hutan ini berbatang semu yang merupakan kumpulan pelepah daun yang menyatu berwarna hijau muda. Tanaman lengkuas hutan berdaun tunggal berwarna hijau, letaknya berseling, berbentuk kecil memanjang dengan ujung daun yang lancip menyerupai pita dengan ukuran panjang 40-80 cm dan lebar 9-12 cm. Permukaan daun flora lengkuas hutan pada bab atas bertekstur licin tetapi permukaan daunnya berbulu. Bunga flora lengkuas hutan ini beragam berwarna putih dan tersusun dalam tandan yang muncul pada ujung tangkai atau batang flora lengkuas hutan. Tanaman lengkuas hutan mempunyai 3 kelopak buah, berbentuk lengkuk dan berwarna putih. Buah flora lengkuas hutan ini buahnya buah buni, berbentuk bulat, bertekstur keras dan berbulu dikala belum matang akan berwarna hijau sedangkan ketika sudah matang atau renta akan berwarna menjadi jingga. Biji flora lengkuas hutan ini mempunyai biji yang banyak berukuran kecil berbentuk lonjong dan berwarna hitam.  Rimpang flora lengkuas hitam ini berwarna coklat kemerahan. Tanaman lengkuas hitam berkembang biak dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (tunas pada rimpang). Habitat flora lengkuas hutan ini berada pada ketinggian hingga 1.500 dimana banyak hidup pada  tempat hutan dengan kadar curah hujan yang tinggi dan sedikit sinar matahari.

Bagian Tanaman Lengkuas Hutan Yang Digunakan

Rimpang atau akar.

Kandungan Tanaman Lengkuas Hutan

Tanaman lengkuas hutan mengandung minyak asiri, saponin, flavonoid, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Lengkuas Hutan

Tanaman lengkuas hutan dipakai untuk obat bisul
Tanaman lengkuas hutan untuk mengobati cedera.
Tanaman lengkuas hutan mempunyai kegunaan sebagai antioksidan yang tinggi.

Catatan 

Konsumsilah herbal flora lengkuas hutan ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Flora Lengkuas Hutan (Alpinia Malaccensis (Burm. F.) Roxb.)"