Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)
link:Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)

 Tanaman blingo ialah tanaman menjalar yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa hispida Thunb. Cogn.)
Tanaman Bligo (Benincasa hispida Thunb. Cogn.)


Deskripsi Tanaman Bligo

Tanaman blingo ialah tanaman menjalar yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman blingo biasanya sanggup ditemui di ladang, kebun, depan rumah dan area persawahan. Nama latin tanaman blingo adalah Benincasa hispida Thunb. Cogn. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman blingo mempunyai nama Winter melon,  ash gourd, white gourd, winter gourd, tallow gourd, dan Chinese preserving melon. Penyebaran tanaman blingo terdapat di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ciri-ciri tanaman blingo ini mempunyai buah yang berbentuk lingkaran lonjong dan berwarna hijau agak besar ibarat buah melon namun kulitnya halus dan mempunyai bulu halus berserbuk putih. Fungsi dan kegunaan tanaman blingo bagi sebagian masyarakat dibentuk untuk masakan ibarat manisan. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman bligo ini mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Bligo

Minangkabau : Kundue
Aceh : Kundo
Bugis : Kunrulu
Simalur : Kudul
Lampung : Sardak
Nias : Undru
Dayak : Butong
Sunda : Leyor, Beligo
Jawa : Baligo
Madura : Bhaligu, Kondur

Klasifikasi Tanaman Bligo

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
Genus: Benincasa
Spesies: Benincasa hispida (Thunb.) Cogn.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bligo

Tanaman bligo merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari jenis keluarga tanaman labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman bligo ini hidupnya menjalar atau merambat pada tanah atau tanaman lain. Tanaman bligo batangnya ini lunak berbulu dan berwarna hijau, Tanaman bligo berdaun tunggal, berbentuk lingkaran dengan tepian rata, ujung daun tumpul sedangkan pada bab pangkal membulat dengan ukuran panjang 10-17 cm dan lebar 9-15c cm. Daun tanaman bligo berwarna hijau. Bunga tanaman bligo ini tunggal berkelamin dua, bunganya tumbuh pada ketiak daun. Mahkota bunga tanaman bligo ini berbulu halus dan berwarna kuning. Buah tananaman bligo ini termasuk buah buni, berbentuk lingkaran lonjong memanjang, berdaging dengan ukuran 15-20 cm, berwarna hijau keputihan. Biji tanaman bligo berbentuk lingkaran telur berwarn putih kekuningan dan berbentuk pipih. Akar tanaman bligo ini akarnya tunggang berwarna putih kecoklatan. Tanaman bligo ini berkembang biak memakai biji. Habitat tanaman bligo ini berada di ketinggian 1 – 1500 meter diatas permukaan laut. Tanaman bligo menyukai tanah yang bertektur kering dengan sinar matahari yang cukup tinggi.
Bagian Tanaman Bligo Yang Digunakan

Buah dan biji

Kandungan Tanaman Bligo

Tanaman bligo mengandung zat alkoloid kukurbitina, miosina, dan vitelin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Bligo Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bligo untuk mendinginkan dan membersihkan paru-paru.
  2. Tanaman bligo sebagai obat penyakit disentri.
  3. Tanaman bligo berguna untuk mengobati sakit kencing anggun (diabetes).
  4. Tanaman bligo dipakai untuk menyembuhkan penyakit radang usus.
  5. Tanaman bligo bermanfaat sebagai obat sembelit.
  6. Tanaman bligo mempunyai kegunaan untuk mengobati sakit pendarahan pada organ dalam.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman bligo ini dengan bijak dan sesuai takaran.




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tanaman Bligo (Benincasa Hispida Thunb. Cogn.)"

Posting Komentar