Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)

Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Buah, Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)
link:Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)
Artikel Menarik:

Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)

 Tanaman Dewandaru ialah tumbuhan buah yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Tanaman Dewandaru (Eugenia Uniflora)
 Tanaman Dewandaru (Eugenia Uniflora)



Deskripsi Tanaman Dewandaru

Tanaman Dewandaru ialah tumbuhan buah yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman dewandaru ini biasanya hidup didalam pot, kebun, pekarangan rumah dan lain-lain. Nama latin tumbuhan dewandaru ialah Eugenia Uniflora. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan dewandaru mempunyai nama Surinam Cherry, Brazil cherry, dan Pitanga. Tanaman dewandaru ini kerabat bersahabat dari tanaman Jambu Air, Jambon, Gowok. Menurut sejarah tumbuhan dewandaru ini berasal dari kawasan tengah dan timur Amerika Selatan. Ciri-ciri tumbuhan dewandaru ini mempunyai ukuran tumbuhan yang tidak terlalu besar dengan daun yang agak kecil dan mempunyai buah yang berwarna merah bentuknya menyerupai tumbuhan cerme. Fungsi dan kegunaan tumbuhan dewandaru bagi sebagian orang dipakai sebagai tumbuhan hias dan tumbuhan buah. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan dewandaru ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Dewandaru

Indonesia :  Dewandaru, Asam Selong, Blimbing Londo, dan Cerme Belanda

Klasifikasi Tanaman Dewandaru

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus: Eugenia
Spesies: Eugenia uniflora L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Dewandaru

Tanaman dewandaru merupakan salah satu jenis tumbuhan dari suku tumbuhan jambu-jambuan (Myrtaceae). Tanaman dewandaru ini termasuk tumbuhan tahunan berbentuk pohon sedang, dengan ukuran tingginya antara 2-5 m. Daun tumbuhan dewandaru ini tunggal, pangkal daunnya meruncing, tepi daun tumbuhan dewandaru rata, pertulangan daun tumbuhan dewandaru menyirip, mempunyai lapisan menyerupai lilin, dan mempunyai ukuran yang panjang. Pada daun muda tumbuhan dewandaru berwarna merah tua. Bunga tumbuhan dewandaru berwarna kuning susu, dan mempunyai ukuran yang tergolong kecil. Buah tumbuhan dewandaru saat sudah masak akan berwarna merah renta kehitaman, dan berbentuk bundar kecil dan berlekuk-lekuk menyerupai buah tumbuhan cerme. Biji tumbuhan dewandaru ini ukurannya kecil, bertekstur keras, dan berwarna coklat. Akar tumbuhan dewandaru ini tunggang dan berwarna coklat. Tanaman dewandaru ini berkembang biak dengan cangkok dan biji. Habitat tumbuhan dewandaru ini berada di hutan, tepi hutan dan kawasan lain sebab tumbuhan dewandaru ini tergolong tumbuhan yang gampang untuk menyesuaikan diri dengan curah hujan dan sinar matahari yang cukup

Bagian Tanaman Dewandaru Yang Digunakan

Daun, Buah dan Bij.

Kandungan Tanaman Dewandaru 

Tanaman dewandaru mengandung flavonoid, tannin, sitronelal, geranyl asetat, geraniol, cineole, terpinene, seskuiterpen, politerpena. myricetin dan quercetin rhamnosides, Vitamin A, dan Vitamin C.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Dewandaru Untuk Kesehatan
  1. Tanaman dewandaru berguna untuk obat diuretik.
  2. Tanaman dewandaru untuk mengobati penyakit rematik, dan pegal linu.
  3. Tanaman dewandaru bermanfaat sebagai obat penurun panas.
  4. Tanaman dewandaru berguna untuk menyembuhkan diare.
  5. Tanaman dewandaru dipakai untuk mengobati penyakit diabetes.
  6. Tanaman dewandaru untuk menyembuhkan penyakit hipoglikemik.
Catatan 

Konsumsilah herbal tumbuhan dewandaru ini dengan bijak dan sesuai takaran.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)

Semogga postingan Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Tumbuhan Dewandaru (Eugenia Uniflora)"

Posting Komentar