Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Dan Khasiat Bakau (Rhizophora Apiculata Bi.)

 Tanaman bakau yaitu pohon air payau sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat dan Khasiat Bakau (Rhizophora Apiculata BI.)
Tanaman Bakau (Rhizophora Apiculata BI.)


Deskripsi Tanaman Bakau

Tanaman bakau yaitu pohon air payau sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman bakau banyak hidup atau tumbuh di wilayah pesisir pantai atau rawa. Jenis tumbuhan bakau di dunia ada 5 spesies.  Tanaman bakau mempunyai nama latin Rhizophora Apiculata BI. Sedangkan dalah bahasa inggris tumbuhan bakau mempunyai nama mangrove. Tanaman bakau menyebar dari wilayah Sri Lanka, Semenanjung Malaya, seluruh Indonesia, hingga ke Australia tropis dan pulau-pulau di Pasifik. Ciri-ciri tumbuhan bakau mempunyai akar tunjang yang besar dan berkayu, batang berwarna putih kecokltan, serta daun berbentuk lonjong berwarna hijau. Tanaman bakau sanggup hidup di daerah rawa alasannya yaitu mempunyai akar tunjang. Kegunaan dan fungsi tumbuhan bakau di daerah pantai berguna untuk mencegah terjadinya  erosi air bahari atau penahan gelombang air bahari yang akan ke darat.  Namun yang jarang kita ketahui ternyata tumbuhan bakau ini juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Bakau

Jawa :  Tancang, Tanjang
Manado : Tinjang
Bugis : Bangko
Timor : kawoka

Bako Rayap, Bakau Kecil, Bako, wako, jangkar

Klasifikasi Tanaman Bakau

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas :  Magnoliopsida
Famili : Malpighiales
Genus : Rhizophoraceae
Spesies : Rhizophora apiculata BI.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Bakau

Tanaman bakau merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari keluarga tumbuhan Malpighiales. Tanaman bakau termasuk pohon yang besar yang mempunyai ukuran 1-25 m. Tanaman bakau mempunyai akar tunjang yang tubuh secara tidak beraturan sehingga keluar dari batang dan tumbuh kedalam substrat. Daun tumbuhan bakau berbentuk lonjong, pertulanagan daun berada ditengah, berwarna hijau. Tanaman bakau bunganya berkelompok dua-dua, dengan mahkota bunga gundul dan berwarna kekuningan. Buah tumbuhan bakau kecil berbentuk memanjang dengan bab ujung tangkai buah membulat berwarna coklat dengan ukuran  panjangnya 2 – 3,5 cm lalu memajang ke ujung buah ukurannya 18 – 38 cm, dan berwarna hijau. Tanaman bakau berkembang biak memakai biji. Cara menanam tumbuhan bakau ini dengan menancapkan atau membenangkan biji tumbuhan bakau tersebut kedalam tanah yang berlumpur lalu tunggu beberapa hari hingga muncul tunas tanaman. Tanaman bakau tumbuh pada daerah berlumpur serta dipesisir pantai dan pinggir muara sungai yang menuju kepantai. Habitat tumbuhan bakau menyukai tempat yang tergenang air (payau) dan pertumbuhan dipengaruhi oleh pasang surut air laut.

Bagian Tanaman Bakau Yang Digunakan

Daun dan kulit batang.

Kandungan Tanaman Bakau

Tanaman bakau mengandung zat samak

Manfaat dann Khasiat Tanaman Bakau Untuk Kesehatan
  1. Tanaman bakau untuk mengobati disentri.
  2. Tanaman bakau berguna untuk melangsingkan badan.
  3. Tanaman bakau dipakai untuk menghentikan pendarahan.
  4. Tanaman bakau bermanfaat untuk homeostatis.
  5. Tanaman bakau mempunyai kegunaan sebagai obat antiseptik.
Catatan 

Konsumsilah herba tumbuhan bakau ini dengan bijak dan sesuai takaran.

Posting Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Bakau (Rhizophora Apiculata Bi.)"