Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembentukan Sel Kanker

 Kanker ialah penyakit yg ditakuti lantaran keganasannya Proses Pembentukan Sel Kanker

Kanker ialah penyakit yg ditakuti lantaran keganasannya. Namun, kanker bukanlah penyakit yg terjadi dalam waktu singkat. Perlu proses yg cukup panjang untuk Mengubah sel normal menjadi sel kanker. Dengan mengetahui proses pembentukannya dan faktor-faktor yg memicunya, dibutuhkan kau sanggup melaksanakan pencegahan.

Tubuh kita terdiri tubuh dan anggota tubuh yg dihubungkan oleh pembuluh-pembuluh darah dan pembuluh limfa. Anggota tubuh tersusun dari sel-sel yg berukuran sangat kecil ( seperseratus mili meter ), yg memiliki bentuk hampir sama, namun memiliki fungsi yg berbeda. Seperti sel darah putih, yg berfungsi melawan kuman-kuman yg masuk ke dalam tubuh. Sel darah merah, berfungsi mengangkut oksigen dalam darah. Keping darah berfungsi untuk membekukan darah semoga tidak terjadi pendarahan.

 Kanker ialah penyakit yg ditakuti lantaran keganasannya Proses Pembentukan Sel Kanker

Didalam sel terdapat organel yg Keliru satunya, ialah inti sel yg berisi gen atau DNA. DNA ialah materi genetika yg dikenal sebagai pembawa sifat keturunan. Kanker berasal dari satu sel gen yg mengalami kerusakan. Sel gen yg mengalami kerusakan sanggup menjadi liar dan berkembang tanpa henti, sehingga dari satu sel menjadi jutaan sel dan membentuk jaringan baru. Jaringan gres itu disebut tumor atau kanker.

Gen dalam sel ada yg disebut gen kanker ( oncogen ), gen penekan tumor ( tumor suppressor gen ), dan gen yg bertugas memperbaiki gen yg rusak, yaitu repair gen. Bila Keliru satu dari gen tersebut mengalami kerusakan, maka sanggup menjadi kanker.

Kerusakan pada materi gen atau biasa disebut sebagai mutasi gen sanggup terjadi melalui beberapa trik, baik internal maupun eksternal.

Faktor Internal 
Terjadi kesalahan replikasi pada dikala sel-sel yg mati diganti oleh sel yg baru.Merupakan kesalahan genetika yg diturunkan dari orang tua. Kesalahan ini biasanya mengakibatkan kanker pada usia dini.

Bila seorang ibu mengidap kanker payudara, tidak serta merta semua anak gadisnya bakal mengalami hal yg sama, lantaran sel yg mengalami kesalahan genetik Musti mengalami kerusakan lebih dulu sebelum bermetamorfosis sel kanker. Hanya saja individu pembawa sel genetika yg Keliru, memang lebih beresiko terkena kanker daripada yg tidak memiliki mutasi gen yg Keliru.

Faktor mutasi gen setrik internal, tidak sanggup dicegah namun faktor eksternal sanggup dicegah. Menurut WHO, 10% – 15% kanker, disebabkan oleh faktor internal dan 85%, disebabkan oleh faktor eksternal.

Jadi, sekalipun tidak 100%, sesungguhnya kanker sanggup kita cegah atau hindari dangan menghindari faktor eksternal.

Faktor Eksternal
Faktor eksternal yg sanggup merusak gen ialah virus, polusi udara, makanan, radiasi, dan berasal dari materi kimia, baik materi kimia yg ditambahkan pada makanan, maupun materi kimia yg berasal dari polusi.

 Kanker ialah penyakit yg ditakuti lantaran keganasannya Proses Pembentukan Sel Kanker
 
Bahan kimia yg ditambahkan dalam makanan, ibarat pengawet dan pewarna makanan. Caranya memasak juga sanggup mengubah masakan menjadi senyawa kimia yg berbahaya. Daging atau ikan yg dipanggang sampai gosong, mengandung zat kimia ibarat benzo-a-piren, amin heterosoklik, dioxin, dll.

Kuman yg hidup dalam masakan juga sanggup berbagi racun, contohnya racun aflatoksin pada kacang-kacangan, sangat dekat hubungannya dengan kanker hati. Makin sering tubuh terjangkit virus makin besar kemungkinan sel normal menjadi sel kanker.

Proses detoksifikasi yg dilakukan oleh tubuh, dalam prosesnya sering menghasilkan senyawa yg lebih berbahaya bagi tubuh, yaitu senyawa yg bersifat radikal atau korsinogenik. Zat korsinogenik sanggup mengakibatkan kerusakan pada sel.


sumber: /search?q=fakta-tersembunyi-adolf-hitler

Posting Komentar untuk "Proses Pembentukan Sel Kanker"