Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)

Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)
link:Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)
Artikel Menarik:

Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)

 Tanaman okra ialah flora sayur yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Tanaman Okra atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)
Tanaman Okra atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)



Deskripsi Tanaman Okra

Tanaman okra ialah flora sayur yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman okra ini biasanya ditanam di ladang atau sawah. Nama latin flora okra ialah Abelmoschus Esculentus. Sedangkan dalam bahasa Inggris flora okra mempunyai nama okra, lady`s finger. Menurut sejarah asal permintaan flora okra berasal dari tempat wilayah sekitar Ethiopia. Kemudian flora okra menyebar ke aneka macam penjuru dunia termasuk di Indonesia. Ciri flora okra ini mempunyai bunga yang berwarna putih agak besar dan buah hijau yang berbentuk lancip memanjang. Fungsi dan kegunaan flora okra ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai materi masakan diolah sebagai sayuran dll. Namun yang tak kita tahu ternyata flora okra ini juga mempunyai manfaat dan khasiat dalam mengobati aneka macam macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Okra

Inggris: okra, lady`s finger
Indonesia: kacang bindi, kopi arab, okra
Filipina: okra

Klasifikasi Tanaman Okra

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Abelmoschus
Spesies: Abelmoschus esculentus (L.) Moench

Anatomi dan Morfologi Tanaman Okra

Tanaman okra ialah salah satu jenis flora dari keluarga flora kapas-kapasan (Malvaceae). Tanaman okra ini termasuk flora tahunan yang mana sanggup tumbuh mencapai 2m. Batang flora okra berwarna hijau kemerahan, batang yang lunak, dan dan bercabang sedikit. Tanaman okra bercabang tetapi tidak terlalu banyak, dan mempunyai bulu-bulu yang halus hingga kasar. Batang flora okra bangun tegak ke atas. Tanaman okra mempunyai daun yang lebar dan bercanggap menjari. Tangkai daun flora okra ini panjang dan berukuran sekitar 10-25 cm, daun tanaman  okra berbentuk lima jari dan pertulangan daunnya menyirip. Tanaman okra mempunyai bunga yang berbentuk menyerupai terompet dan berwarna kekuningan, penggalan bawahnya berwarna merah tua. Tanaman okra ini termasuk flora berumah satu, yaitu di setiap bunga flora okra terdapat putik dan benang sari. Bunga flora okra terdapat pada ketiak daun. Tanaman okra mempunyai buah yang berbentuk silindris memanjang, berongga dan berwarna hijau muda, hijau renta atau hijau kekuningan, tergantung dari jenis varietasnya. Tanaman okra mempunyai buah yang berbentuk silindris memanjang, berongga dan berwarna hijau muda, hijau renta atau hijau kekuningan, tergantung dari jenis varietasnya. Bentuk buah flora okra ini menyerupai cabe hijau besar dengan panjangnya sekitar 15 hingga 20 cm. Permukaan buah flora okra berlekuk dan mempunyai bulu bulu yang halus. Jika buah flora okra dipotong maka akan terlihat biji bijinya yang berukuran kecil. 

Tanaman okra berkembang biak memakai biji. Cara tanam biji flora okra ini biji direndam air selama 24 jam dalam air hangat dan kemudian tabur di situ. Diperlukan suhu tanah minimum 16c untuk benih untuk berkecambah. Habitat flora okra menyesuaikan diri dengan baik untuk tumbuh di tempat tropis lembab dataran rendah suhu dalam kisaran 20 - 30 ° c. Tanaman okra ini toleran terhadap aneka macam curah hujan. Tanaman okra membutuhkan posisi cerah yang hangat terlindung dari angin. Sebagian besar kultivar membutuhkan sekitar 4 bulan semenjak ditabur sebelum flora okra dipanen, meskipun beberapa varietas yang matang sanggup menghasilkan flora dalam 50 hari di tempat tropis.

Dengan panen terus-menerus, flora okra dimungkinkan untuk menjaga flora tetap produktif selama beberapa bulan. Dengan memotong kembali flora sehabis panen, ialah mungkin untuk mendapat 2 - 3 flora dari masing-masing tanaman. Buah flora okra harus dipanen dikala berumur 7 - 8 hari.

Bagian Tanaman Okra Yang Digunakan

Daun segar, Akar, kuncup, bunga, polong, batang dan biji

Kandungan Tanaman Okra

Tanaman okra mengadung senyawa fenolik dengan sifat biologis penting menyerupai kuartering dan turunan flavonol, oligomer katekin, dan turunan hidroksikinamat.  Biji flora okra dikenal kaya akan protein berkualitas tinggi terutama berkaitan dengan kandungan asam linoleat dan asam amino esensial.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Okra Bagi Kesehatan

  • Akar Tanaman okra dipakai dalam pengobatan sifilis.
  • Jus akar flora okra dipakai secara eksternal di Nepal untuk mengobati luka, luka, dan bisul.
  • Tanaman okra dipakai sebagai emolien, sudorific atau antiscorbutic dan untuk mengobati disuria.
  • Rebusan buah-buahan flora okra yang belum matang bersifat demulen, diuretik, dan emolien dan dipakai dalam pengobatan infeksi catarrhal, ardor urinae, disuria, dan gonore.
  • Buah flora dihancurkan dengan daun muda dan kemudian dipakai untuk mencuci rambut dan untuk mengobati ketombe.
  • Bunga flora okra dipakai untuk mengobati dahak di selaput lendir dada.
  • Tanaman okra mempunyai beberapa efek yang bermanfaat bagi kesehatan pada beberapa penyakit insan yang penting menyerupai penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit pencernaan dan beberapa jenis kanker.  
  • Lendir okra mengikat kolesterol dan asam empedu yang membawa racun yang dibuang ke hati. 
  • Tanaman okra sanggup membantu menurunkan kolesterol serum, mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan susukan usus.

Catatan

 Konsumsilah herba flora okra ini dengan bijak dan sesuai takaran. Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi herba flora okra ini.




Sampai disini Artikel tentang Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)

Semogga postingan Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Flora Okra Atau Bendi (Abelmoschus Esculentus)"

Posting Komentar