Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumit, Inilah Bahasa Paling Susah Di Dunia

Indonesia yaitu negar ayang dikenal mempunyai keanekaragaman budaya, tradisi, baju adat, bahasa dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarnakan Indonesia mempunyai puluhan ribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tentu saja setiap daerah-daerah tersebut mempunyai banyak sekali macam kebiasaan yang berbeda-beda. Misalnya dari segi bahasa, meski ada beberapa tempat yang bahasanya mempunyai kemiripan atau sama akan tetapi gaya bahasa atau dialek yang diucapkan antara tempat satu dengan yang lain berbeda-beda.

Bitrik soal bahasa, bahasa Inggris yaitu satu-satunya bahasa internasional yang diakui oleh semua negara di dunia. Sebab bahasa Inggris yaitu termasuk bahasa yang gampang dipelajari dan dipahami. Jika ada bahasa yang gampang dipelajari dan dipahami tentu sebaliknya ada bahasa yang paling susah di dunia. Ulasan dibawah ini akan sedikit membahas mengenai kerumitan bahasa paling susah di dunia versi anehdidunia.com.


Finlandia



Finlandia yaitu sebuah negara kecil yang berada di wilayah Eropa Utara. Negara ini berbatasan eksklusif dengan Swedia dan juga Norwegia yang hanya dipisahkan oleh selat kecil. Meski daerahnya tidak terlampau luas, namun negara ini dikenal sangat maju terutama duduk perkara pendidikannya yang diakui sebagai sistem pendidikan terbaik nomor satu di dunia. Bahasa Finlandia sendiri dikenal dengan bahasa Suomi, merupakan bahasa resmi di Finlandia dengan presentase penutur mencapai lebih dari 92% di negaranya sendiri. Namun bagi orang asing, bahasa Suomi yaitu bahasa yang amat susah dipelajari dan dipahami di dunia. Pasalnya, bahasa Suomi sendiri mempunyai karakter special pada huruf ? dan ?. Selain itu bahasa Suomi juga mempunyai beberapa kata yang panjang dan susah untuk dilafalkan, diantaranya yaitu “Lentokonesuihkuturbiinimoottoriapumekaanikkoaliupseerioppilas”. Dalam satu kata tersebut terdapat 8 makna jikalau dipisah dalam bahasa Inggris yakni pesawat terbang, jet, turbin, mesin, asisten, mekanik, bukan petugas komisaris dan murid. Merasa gundah dengan klarifikasi ini? Itulah susahnya Bahasa Suomi atau Finlandia.


Estonia



Republik Estonia yaitu salah satu anggota negara Baltik yang juga tetangga dari Finlandia. Wilayah Estonia sendiri berbatasan eksklusif dengan teluk Finlandia di belahan utaranya serta Laut Baltik di belahan barat. Bahasa Estonia sendiri disebut dengan Eesti Keel atau Bahasa Esti dan merupakan bahasa resmi di negara tersebut. Setrik historis Bahasa Esti ini juga mempunyai kaitan atau dengan kata lain serumpun dengan Bahasa Suomi milik Finlandia. Bedanya, Bahasa Esti ini lebih banyak menyerap kata-kata dari Bahasa Jerman, Rusia, Inggris, Latin dan juga Yunani dibandingkan dengan Bahasa Suomi yang lebih banyak menyerap kata dari Bahasa Swedia. Aksara atau huruf yang ada pada Bahasa Esti juga sama dengan abjad pada bahasa Latin namun terdapat beberapa huruf pemanis menyerupai ?, ?, ?, ? dan ?. Bahasa Esti ini memang termasuk daftar bahasa paling susah di dunia sebab memang tidak begitu banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. Di negaranya sendiri jumlah penuturnya hanya mencapai kurang lebih 1,1 juta jiwa. Selain itu Bahasa Esti dikenal sulit sebab dalam beberapa kata seringkali pengucapannya sama sampai sulit untuk membedakan makna di dalamnya jikalau tidak ditemani oleh orang Estonia.


Hongaria



Budapest yaitu ibukota negara Hongaria yang dikenal mempunyai banyak sekali macam destinasi wisata yang menarik. Diantaranya yaitu museum, kastil, gereja dan masih banyak lagi yang lain. Sebagai salah satu negara berdaulat yang berlokasi di daratan Eropa Tengah, Hongaria diketahui merupakan negara yang bahasanya termasuk paling susah di dunia. Bahasa Hongaria sendiri di negaranya disebut dengan Magyar yang jikalau dilafalkan berbunyi mojor. Magyar sendiri masuk daftar salah satu bahasa paling susah di dunia sebab mempunyai tiga jenis huruf vokal yakni vokal depan, vokal belakang dan vokal campuran. Masing-masing jenis huruf fokal tersebut mempunyai 5 sampai 8 buah huruf. Sementara itu dalam pelafalan Magyar, huruf S diucapkan menyerupai Sz. Oleh sebab itu apabila dalam Bahasa Inggris mengatakan jamak dengan trik menambahkan huruf S maka di Magyar harus ditambah dengan kata Sz. Meski termasuk bahasa yang susah, Magyar tidak hanya dipakai di Hongaria saja, dari total 14 juta jiwa penutur Magyar, kurang lebih 4 juta jiwanya tersebar di beberapa negara menyerupai Austria, Slowakia, Serbia dan Slovenia. Bahkan bahasa Magyar ini merupakan bahasa resmi di negara Rumania, Ukraina dan Kroasia.


Thailand



Tidak hanya negara-negara di Eropa saja yang bahasanya masuk dalam daftar bahasa paling rumit dan susah di dunia. Bahasa Thai milik negara yang tidak pernah dijajah bangsa asing, Thailand ini pun demikian. Bahasa Thai sendiri merupakan bahasa resmi di Negeri gajah Putih tersebut. Setrik historis berdasarkan para hebat bahasa, Bahasa Thai sendiri disebut-sebut sebagai bahasa turunan dari bahasa Tiongkok dan merupakan kelompok bahasa Austroasiatik, Austronesia dan atau Sino-Tibet. Bahasa Thai dianggap rumit dan susah sebab dari 46 kata yang dimiliki terdapat 5 jenis intonasi nada yang berbeda-beda yakni intonasi nada rendah, sedang, tinggi, naik dan turun. Bahasa Thai atau phasa thai juga merupakan bahasa yang mempunyai kombinasi antara nada, ortografi dan fonologi yang cukup kompleks. Banyak jenis kata dan intonasi nada yang sama namun maknanya berbeda, sehingga untuk memahami maknanya biasanya bergantung dengan situasi. Itulah mengapa Bahasa Thai ini juga rumit dan susah dipelajari oleh orang-orang Barat. Tak itu saja, yang paling sering membuat orang-orang berpikiran Bahasa Thai ini susah yaitu penulisan hurufnya yang cukup rumit.


Yunani



Jika membahas mengenai sejarah peradaban bahasa, Yunani yaitu negara yang tak sanggup dilewatkan. Pasalnya banyak kelahiran bahasa yang bermula dari Bahasa Yunani tak terkecuali Bahasa Inggris. Dikatakan oleh para ahli, sejumlah 30% kosa kata dalam Bahasa Inggris berasal dari Bahasa Yunani. Istilah lain dari Bahasa Yunani yaitu Bahasa Gerika atau Ellenika dan meskipun cukup susah namun bahasa ini telah bertahan sampai ribuan tahun lamanya. Meskipun Bahasa Yunani merupakan bahasa tertua di dunia, namun jumlah penuturnya tidak terlalu banyak atau meluas menyerupai Bahasa Inggris. Tercatat sebanyak 15 juta jiwa penutur yang tersebar di tempat Yunani dan Siprus saja yang masih menggunakan bahasa ini. Salah satu kesulitan utama dari bahasa ini yaitu dari segi alphabetnya dimana huruf R dalam Bahasa Yunani hampir menyerupai dengan huruf P. Selain itu, Bahasa Yunani juga mempunyai karakteristik gender yang berbeda menyerupai contohnya ditujukan bagi perempuan, pria dan netral. Sehingga dikala ada penutur yang mengucapkan sesuatu dalam Bahasa Yunani akan terlihat kepada siapa kalimat tersebut ditujukan sebab terbaca dari karakteristik gender pada selesai kalimat.

Itulah daftar bahasa paling susah di dunia, lebih banyak didominasi bahasa-bahasa yang rumit tersebut tiba dari belahan negara-negara yang ada di Eropa. Meski ada juga Bahasa Thai yang mewakili wilayah Asia sebagai salah satu bahasa yang rumit dan susah di dunia. Walaupun bahasa-bahasa tersebut rumit, akan tetapi tidak mengakibatkan bahasa-bahasa tersebut minim peminat. Masih saja banyak orang-orang yang ingin tau sehingga tertarik untuk mempelajari bahasa-bahasa tersebut.

Sumber referensi:
http://www.tahupedia.com/content/show/576/10-Bahasa-Paling-Sulit-Dipelajari-di-Dunia#at_pco=smlwn-1.0&at_si=587f0734d6089ee9&at_ab=per-2&at_pos=0&at_tot=1
https://id.wikipedia.org/wiki/

Posting Komentar untuk "Rumit, Inilah Bahasa Paling Susah Di Dunia"