Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Dokumenter Horor Paling Menyeramkan Di Dunia

Dari sekian banyak genre film yang ada film dokumenter mungkin merupakan genre yang hanya mempunyai sedikit peminat. Namun meski jumlahnya tak banyak film dokumenter tetap memiki ruang khusus di hati para pecinta film. Hal ini dikarnakan film dikumenter merupakan sebuah film yang "jujur" tanpa ada adegan fiktif untuk mendramatisir jalanya alur kisah yang disuguhkan. Sesuai dengan namanya film dokementer merupakan sebuah rekaman jhasil dokumentasi dari sebuah bencana maupun bencana yang benar-benar real dan terjadi di dunia ini.

Film dokumenter biasanya akan mengangkat sebuah tema dan merekam bencana sesungguhnya di loksi bencana dengan embel-embel narasi dari beberapa sumber lokal. Segala fakta di lapangan tersebut kemudian di satukan kembali setrik lebih terstruktur dalam durasi sebuah fil untuk merepresentasikan kembali kenyataan terjadi. Karena itu para penikmat film cenderung menyukai film bertipe dokumeneter ibarat ini sebab biasanya kisah dari film dokumenter memang diangkat dari kasus yang benar-benar terjadi dalam kehidupan nyata. Dan salah satu kisah yang paling di favoritkan untuk didokumentasikan yakni cerita-cerita misteri yang bernafaskan kisah mistik di dalamnya. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan membuatkan kisah dari film dokumenter dengan tema Horor paling angker dalam, Film Dokumenter Horor Paling Seram Di Dunia, versi anehdidunia.com


The Nightmare (2015)



Di Sutradarai oleh Rodney Ascher, The Nightmare merupakan sebuah film dokumenter yang coba mengangkat tema "Sleep Paralized" atau orang Indonesia biasa mengenalnya dengan fenomena "Tindihan". Ascher mengangkat tema ini unik ini sebab ia sendiri pernah mengalami fenomena ini pada masa lalunya. Dengan screenpaly yang remang-remang film ini mencoba menguak fenomena Tindihan, berdasarkan beberapa mitos-mitos yang ada di masyarakat.

Dalam film ini Ascher mengutamakan fokus kisah pada wawantrik yang ia lakukan terhadap beberapa sumber yang pernah mengalami fenomena ini, serta mencoba memvisualisasikan apa bencana mistis tersebut dalam lewat beberapa adegan reka ulang dalam filmnya tersebut. Sahabat anehdidunia.com sepanjang durasi film ini kita akn disuguhkan nuansa yang angker namun tetap real dan sangat efektif dalam menggambarkan nuansa angker yang terjadi. Karena itu film ini menerima banyak kebanggaan dari dari para kritikus film, sebab dinilai berhasil menyuguhkan sisi mistik dari fenomena tindihan dengan cukup positif tanpa meninggalkan kesan angker yang ada.


Never Sleep Again (2010)



Never Sleep Again, merupakan film garapan Daniel Farrands dan Andrew Kasch yang coba mendomentasikan kisah legenda dari Freedy Crugers. Film ini berisi retrospektif ihwal rumah di jalan Elm Street, daerah konon sosok hantu Freddy Crugers, mulai muncul dan meneror korbanya lewat mimpi. Dalam fil dengan screenpaly tidak mengecewakan berkualitas ini kita akan disuguhkan kumpulan foto dan video langka dari fenomena mistik di yang terjadi di rumah angker tersebut.

Semua dokumentasi langka ini kemudian disatukan dengan testimoni dari keluarga yang pernah mendiami rumah di Elm Street tersebut. Sahabat anehdidunia.com kecerdikan Farrands dan Kasch yang menentukan untuk memili dokumentasi yang senyap membuat film ini menghasilkan kualitas keseraman yang tidak mengecewakan kompleks. Nuansanya senyap inilah yang memberi kesan begitu angker pada film ini dan sekaligus berhasil mengangkat sisi mistik dari legenda Elm Street meski tanpa imbas khusus ibarat layaknya pada Film Friday The 13th. Unsur angker inilah oleh banyak kritikus dipuji, sebab sanggup membangkitkan kembali kenangan ihwal sosok Freddy Kruger yang telah melegenda.


A Haunting in Connecticut (2005)



A Haunting in Connecticut merupakan kepingan dari sebuah seri film dokumenter Horor berjudul "The Haunting" yang tayang pada terusan Disckelewat / overy Chanel, semenjak tahun 2005. Seri dokumenter ini sendiri banyak mengabdikan kisah tempat-tempat mistis yang ada di Amerika, dengan mewawantriki narasumber setempat. Dokumenter yang sering mendapatkan kebanggaan berkat narasinya yang mempunyai ciri khusus ini, di buat dalam dua seri yaitu A Haunting in Connecticut dan A Haunting in Georgia. Keduanya di produksi setrik bergantian dengan mendokumentasikan sisi Horor dari dua tenpat-tempat mistis yang ada di Connecticut Dan Georgia.

Khusus untuk A Haunting in Connecticut, dokumenter garapan produser Larry Silverman ini memfokuskan diri untuk memvisualisasikan bencana mistik yang terjadi pada rumah milik Sarah Campbell. Rumah ini berdasarkan legenda yang ada merupakan saksi dari bencana mistis yang dialami ole keluarga Champbell pada tahun 1987 yang lalu. Sahabat anehdidunia.com film dokumenter ini sukses mencuri perhatian perhatian penonton bahkan semenjak episode pertamanya "The Dead House" tak hanya berhasil menyuguhkan kesan yang menyeramkan namun juga kisah yang bergotong-royong terjadi dilokasi yang mereka dokumentasikan. Ditambah lagi dengan narasi dari Anthony Call yang misterius membuat dokumenter ini kian mencekam, namun tetap yummy untuk dilihat. Hal ini terlihat dengan masih tetap tayangnya seri dokumenter ini hingga sekarang.


Killer Legends (2014)



Sedikit berbeda dengan film dokumenter dalam daftar ini yang mengangkat tema Horor dari kisah mistis dari suatu tempat. Killer Legends yang di di Sutradarai oleh Joshua Zeman ini lebih berfokus untuk mendokumentasikan banyak sekali kisah urban legend ihwal pembunuh-pembunuh yang melegenda di Amerika. Dengan gaya pengfilman layaknya sebuah pemeriksaan Zeman berhasil menyuguhkan kesan seram, meski tak melulu membahas soal kisah mistis. Dalam film ini Zeman menyuguhkan empat kisah pembunuhan misterius yaitu 'The Hookman,' 'The Candyman,' 'The Babysitter and Man Upstairs,' dan 'The Killer Clown.'

Keempat kisah urban legend yang melegenda di Amrikan ini berhasil Zeman suguhkan dengan cukup terang meski tak meninggalkan kesan misterius dan mistis di dalamnya. Salah satu kepingan film dokumenter ini yang berjudul 'The Babysitter and Man Upstairs,' bahkan mendapatkan banyak kebanggaan sebab dinilai sedikit menguak kebenaran ihwal kasus misterius dari pembunuhan babysiter yang melegenda di kota Missouri ini. Sahabat anehdidunia.com dalam dokumentasinya Zeman mempertanyakan ihwal di eksekusinya seorang laki-laki keturunan Afrika-Amerika, sehabis dijadikan tersangka atas kasus pembunuhan berantai dengan sasaran babysiter yang pernah terjadi di Missouri. Pria tersebut dinyatakan bersalah dan duhukum amti atas ajal Janett Christman yang meninggal dengan tragis di sebuah daerah penitipan anak sehabis terlebih dulu di lecehkan, padahan bukti yang ada belumlah cukup kuat.


Room 237 (2012)



Room 237 merupakan film dokementer karya sutradara Stanley Kubrick, yang digadang-gadang sebagai salah satu film dokumenter paling menyeramkan sepanjang masa. Kubrick bukanlah pemain gres di dunia film dokumenter, sebab pada tahun 1970 yang kemudian ialah tangan hirau taacuh di balik film The Shining. Sebua film fenomenal yang konon menyimpan pesan tersembunyi ihwal konspirasi pendaratan di bulan yang bergotong-royong hanya pura-pura Amerika untuk membuat tentangan Uni Soviet panik. Dan lewat Room 237, kejeniusan Kubrick kembali terlihat, meski mengangkat tema yang cukup berat, yaitu upaya genosida yang diduga dilakukan pada suku Indan orisinil Amerika, oleh para penjelajah Inggrs pada awal mula terbentuknya Amerika.

Dalam film ini Kubrick merangkai kisah tersebut dalam bermacam-macam argumentasi yang terjadi di sebuah kamar hotel bernomor 237. Di awali dengan argumentasi yang mengarah ihwal gagasan apa ihwal genosida pada bangsa Indian, fil ini kemudian mulai mengarah ke bermacam-macam obrolan rancu yang seolah saling tumpang tindih. Sebuah scene yang mungkin membuat banyak orang bingung, namun jikalau kita jeli bergotong-royong yang ingin disampaikan Kubrick melalui adegan abstrak tersebut yakni realita dimana kadang bermacam-macam argumen yang berbeda dari beberapa hasil ajaran orang justru membuyarkan kenyataan dari bencana yang sebenarnya. Sahabat anehdidunia.com semua itu kian diperkuat dengan aksen Indian dari tiap narasumber yang ada dan juga fakta bahwa segala desain dalam hotel tersebut berbau ornamen orang Indian. Tak hanya hingga di situ, Kubrick juga menggambarkan hotel daerah kamar 237 itu di bangun di atas tanah milik suku Indian. Uniknya segala petunjuk yang coba Kubrick kemukakan ini justru ia kemas dalam sebuah film bergaya dokumenter horor dengan suasana mencekam, sesuai dengan reputasi Kubrick senag menyembunyikan pesan belakang layar dalam balutan kisah horor yang mencekam.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa film dokumenter horor paling angker didunia ini. Semoga artikel ini sanggup memberi embel-embel acuan film berkualitas untuk di tonton, ketika sudah bosan dengan film-film fiksi yang ceritanya hanya begitu-gitu saja.

Referensi:
http://www.the-line-up.com/media/scary-documentaries/
https://en.wikipedia.org/wiki/Never_Sleep_Again:_The_Elm_Street_Legacy
https://en.wikipedia.org/wiki/A_Haunting
https://en.wikipedia.org/wiki/Killer_Legends
https://en.wikipedia.org/wiki/Room_237

Posting Komentar untuk "Film Dokumenter Horor Paling Menyeramkan Di Dunia"