Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Rel Kereta Api Paling Angker Di Dunia

Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi darat berbentuk rangkaian beberapa gerbong terpisah yang digerakan oleh sebuah lokomotif tunggal dan berjalan pada sebuah jalur atau Rel khusus yang di sediakan. Hingga sekarang Kereta Api juga menjadi moda trnsportasi darat yang paling cepat serta efisien dari segi jumlah penumpang. Beda halnya dengan Bus dan Angkutan darat lain, Kereta Api bisa mengangkut penumpang yang jauh lebih banyak, serta lebih cepat lantaran mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur Kereta Api atau yang biasa di sebut Rel ini biasanya terletak di wilayah pinggir kota atau setidaknya di wilayah yang tak banyak di gunakan sebagai pemukiman.

Hal ini dimaksudkan agar bunyi bising ataupun getaran akhir kereta yang lewat tak mengganggu kenyamanan orang yang ada di sekitarnya. Selain itu pemisahan Rel Kereta dari wilayah yang ramai juga dimaksudkan agar tak terjadi insiden, mengingat Kereta bukanlah kendaraan yang bisa berhenti setrik mendadak kalau hingga ada orang ataupun benda yang menghalangi laju Kereta Api. Nah untuk urusan Rel ini, selain letaknya jauh dari pemukiman kadang ada juga yang berada di tempat yang unik dan tiada duanya. Mulai dari Hutan, maritim bahkan ada yang menembus sebuah gedung, hal inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan informasinya dalam Jalur Rel Kereta Api Paling Seram Di Dunia versi anehdidunia.com


Hindenburgdamm - Jerman



Dikenal sebagai jalur pesiar, Hindenburgdamm merupakan jalur Kereta Api sepanjang 11 kilometer yang menghubungkan Pulau Frisian dengan kota Schleswig-Holstein, Jerman. Jalur Kereta Api yang resmi di buka pada tahun 1927 ini merupakan jalur yang sangat penting lantaran menjadi satu-satunya jalur yang menghubungkan Pulau Frisian yang terletak di utara maritim Jerman dengan daratan utama. Keunikan jalur ini yaitu pada letaknya yang ada di atas maritim sekaligus merupakan jalur Kereta Api pertama yang dibangun dengan membelah lautan. Jalur ini sendiri dibangun oleh Paul von Hidenburg untuk mengakomodir besarnya laju angkutan Kapal Feri dari Pulau Frisian ke daratan utama Jerman yang selalu terhambat ketika animo hambar akhir air maritim yang membeku. Karena itulah muncul wangsit untuk membuat semacam pondasi diantara maritim antara pulau Frisian dan daratan utama Jerman yang diatasnya kemudian dijadikan area untuk rel Kereta Api.

Rencana pembangunan ini kemudian dimulai pada tahun 1923 dan menghabiskan waktu 4 tahun hingga kesannya jalur Kereta Api Hindenburgdamm resmi di buka pada bulan April 1927. Sejak di bukanya jalur ini pribadi beroperasi penuh baik untuk angkutan umum maupun barang. Hal ini bisa kita lihat dari besarnya jumlah Kereta yang melalui jalur ini tiap harinya. Hingga ketika ini Hindenburgdamm dilewati tak kurang daro 100 Kereta setiap harinya dimana 50 diantaranya merupakan kereta kargo yang mengangkut mobil. Banyaknya Kereta yang mengangkut kendaraan beroda empat ini disebabkan lantaran pulau Frisian merupakan salah satu tempat yang dii jadikan tempat perakitan Mobil di Jerman. Tia tahunya tak kurang dari 450.000 Mobil diangkut dari pulau Frisian melalui jalur Hindenburgdamm.


Maeklong Market Railway - Thailand



Di Indonesia kita tentu sudah familiar dengan adanya pemukiman yang terletak di tempat sekitar pinggiran rel Kereta Api. Tapi bagaimana kalau jalur kereta yang ada di tengah-tengah pasar? terdengar abnormal bukan, tapi hal inilah yang akan kita lihat ketika berkunjung ke pasar Maeklong yang ada di Thailand. Karena di tempat ini terdapat sebuah jalur Kereta yang di sebut Maeklong Market Railway. Tak hanya ada di tengah pasar, Maeklong Market Railway bahkan hanya berjarak sekian centimeter dari lapak pedagang yang berjajar di sekitar rel kereta. Kondisi ini membuat para pedagang harus senantiasa waspada dan siap untuk merapikan dagangan mereka ketika ada kereta yang lewat. Namun lantaran sudah menjadi rutinitas harian, kita justru akan melihat pemandangan unik ketika ada kereta yang mlewati jalur Maeklong Market Railway, lantaran para pedagang yang ada terlihat begitu santai ketika ada kereta yang lewat. Jalur unik ini sendiri merupakan penggalan dari jalur penghubung antara kota Wongwian Yai, Bangkok dan Samut Songkram yang ada di sentra Thailand.


Brusio Spiral Viaduct - Swiss




Selama ini negara Swiss terkenal akan pemandangan alamnya yang indah, terutama pada lokasi-lokasi menyerupai gunung Alpen dengan wisata sky yang amat mendunia. Namun selain wisata Sky dan saljunya yang melimpah, Swis juga msaih menyimpan keindahan alam lain pada panorama hutan dan alamnya yang terlihat asri dan hijau. Hal inilah yang tampaknya disadari benar oleh pemerintah Swiss dalam pembangunan infrastruktur mereka yang kebanyakan di sesuaikan dengan kontur alam yang ada. Hal ini termasuk diantaranya yaitu ketika membangun jalul Kereta Api. Jalur Kereta di Swiss kebanyakan dibangun di area-area yang mempunyai pemandangan yang indah dan unik. Salah satu misalnya yaitu Brusio Spiral Vianduct (Jalur lingkar Brusio) yang merupakan sebuah jalur kereta unik berbentuk spiral yang dibangun mengitari sebuah pohon renta berukuran cukup besar. Jalur yang dibuka pada 1 Juli 1908 ini dibangun dengan desain yang unik bukan hanya lantaran mementingkan unsur keindahan saja, namun juga lantaran letak lembah di Brusio yang cukup curam dan berbahaya kalau rel kereta dibangun lurus menyerupai biasa. Dengan membuat rel berpentuk melingkar maka resiko Kereta untuk tergelincir jadi lebih rendah. Selain itu bentuknya yang unik ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Brusio Spiral Vianduct yang membuatnya menjadi salah satu rel kereta yang unik sekaligus indah di dunia ini.


Rail Transit No.2 - Cina



Menyusul kian besarnya kebutuhan masyarakat perkotaan akan transportasi massal yang cepat dan sempurna waktu. Belakangan ini mulai banyak di berdiri Monorail atau kereta listrik dengan rel tunggal yang terbukti telah berhasil mengatasi kemacetan di beberapa konta di dunia menyerupai misalnya yang terjadi di Singapura. Namun pembangunan Kereta dengan rel tunggal ini sering kali menemui hambatan pada ketersediaan lahan di perkotaan yang mennag sangat terbatas. Hal ini juga terjadi kota Chongqing, Cina, ketika mereka tetapkan untuk membangun lintasan Monorail, mengingat kian tingginya jumlah populasi kota ini pada tahun 2004 yang sudah mencapai 49 juta  jiwa. Tapi rencana pembangunan menerima hambatan pada keterbatasan ruang uruk membentuk jalur Monorail akibat, banyaknya bangunan gedung dan juga bukit yang mengitari wilayah Chongqing. Alhasil para Arsitek yang ditunjuk untuk merancang jalur Monorail ini dipaksa untuk berfikir keras, hingga kesannya mereka mempunyai wangsit yang cukup gila. Ide tersebut yaitu dengan membuat jalur Monorail yang menembus gedung-gedung yang ada di sekitar kota Chongqing. Jalur yang sekaligus dijadikan Stasiun Monorail ini di berdiri dengan melubangi lantai ke 5 dan 6 dari bangunan apartement berlantai 8. Jalur ini juga terbilang cukup muthahir lantaran di pasangi perangkat peredam bunyi yang membuat bunyi kedatangan Monorail tak lebih berisik dari bunyi mesin cuci. Penggunaan peredam bunyi ini dimaksudkan agar warga yang menempati bangunan apartement tak merasa terganggu dengan bunyi bising yang biasa dihasilkan oleh laju Monorail. Dengan adanya jalur unik ini, tak hanya mengurangi kemacetan di kota Chongqing, namun juga sekaligus membuat kota ini mempunyai ciri khas tersendiri lewat jalur Monorail unik mereka.


Rovos Railway - Afrika Selatan



Salah satu hal yang menyenangkan ketika menaiki Kereta adalh kita bisa melihat aneka macam pemandangan di sekitar rel. Pemandangan alam di sekitar rel ini kadang begitu indah dan kahirnya menjadi suatu kenangan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Hal inilah yang akan orang temui ketika menaiki kereta melewati Rovos Railway yang ada di Afrika Selatan. Jalur yang sebetulnya milik sebuah perusahaan Rovos ini mulai di buka pada 1989. Namun belakangan mulai di alih fungsikan menjadi kereta wisata yang melayani rute Pretoria ke Cape Town. Namun bagi orang yang berminat untuk mencoba rute Kereta unik ini, garus benar-benar meluangkan waktu mereka, lantaran jalur terpopuler di Afrika Selatan ini memakan waktu 3 hari untuk merampungkan perjalananya. Lamanya waktu tempuh ini lantaran Kereta yang melaju di Rovos Railway, biasanya hanya berkecepatan rendah diantara 20-30 km/jam. Kecepatan yang rendah ini, dimaksudkan agar orang yang melewati jalur ini sanggup menikmati indahnya Flora dan Fauna di sekitar jalur Rovos Railway yang memang begitu menakjubkan. Bagi mereka yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam, Rovos Railway tampaknya merupakan pilihan yang sempurna sebagai tujuan liburan, khususnya ketika bersama keluarga.


Napier Gisborne Railway - Selandia Baru



Napier Gisborne Railway yang ada di Selandia Baru mungkin bisa dibilang sebagai jalur Kereta terunik di dunia. Jalur Kereta ini merupakan satu dari sedikit jalur Kereta di dunia ini yang letaknya bersebelahan dengan Bandara. Grisbone sendiri sebetulnya merupakan Bandara untuk penerbangan lokal seluas kurang  lebih 160 hektar. Dalam area Bandara ini sendiri terdapat setidaknya tiga jalur Kereta yang letaknya sempurna berada di antara landasan pacu pesawat. Hal ini menghasilkan pemandangan yang unik tiap kali ada Kereta api yang lewat, sementara di ketika yang bersamaan ada pesawat yang sedang coba untuk lepas landas. Meski terdengar berbahaya, namun otoritas Bandara setempat telah mengatu sedemikian rupa agar Jalur ini tetap kondusif baik bagi Kereta maupun Pesawat yang lewat. Dalam kasus ini Kereta harus sedikit menyerah dan berhenti untuk menunggu persetujuan menara pengawas sebelum kesannya bisa masuk ke jalur Bandara. Berkat hukum yang ketat inilah, pada jalur ini sangat jarang terjadi insiden. Kaprikornus meski di gunakan untuk dua jenis angkutan yang berbeda, jalur pada landasan pacu bandara Gisbon tergolong sangat kondusif bagi Kereta dan Pesawat yang saling membuatkan lintasan.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa jalur Kereta paling abnormal dan unik yang ada di dunia ini. Sesuai dengan sejarahnya Kereta sejatinya merupakan penggalan penting dalam kemajuan zaman yang ada ketika ini. Dengan kemampuan Kereta yang bisa mengangkut Orang dan Barang dengan jumlah yang banyak dalam sekali jalan, telah setrik tak pribadi memermudah kehidupan manusia. Kaprikornus bagaimana masih ragukah untuk naik Kereta Api?

Referensi:
oddee.com/item_100025.aspx
awas-aja.com/2016/02/7-jalur-kereta-api-paling-menarik-dunia.html
telegraph.co.uk/news/2017/03/20/incredible-train-disappears-block-flats-chinas-mountain-city/
citizen6.liputan6.com/read/2338521/3-jalur-kereta-paling-unik-dan-aneh-di-dunia

Posting Komentar untuk "Jalur Rel Kereta Api Paling Angker Di Dunia"