Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia

Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia


Memasuki trend haji banyak calon jamaah haji yg ingin mengikuti haji khusus bakal tetapi malah 'terpeleset' mengikuti haji non kuota. Mereka mengira yg diikutinya haji khusus dan mengeluarkan uang hingga Rp100 juta.

 Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia
Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia

Padahal penyelenggara haji non kuota tidak terdaftar di Kementerian Agama, berpotensi menelantarkan jamaah. Karenanya, jamaah diimbau untuk mengenal dengan baik haji khusus dan haji non kuota.

Kepala Daker Jeddah, Ahmad Abdullah, menyampaikan haji menjelaskan ada beberapa perbedaan antara haji khusus dan haji non kuota. Pertama, haji non kuota tidak mendapatkan nomor porsi segimana didapatkan haji khusus dan haji reguler.

Kedua, haji non kuota tidak mendapatkan DAPIH (Dokumen manajemen perjalanan ibadah haji). Ketiga, haji non kuota tidak mendapatkan identitas berupa gelang perak yg berisikan nama, nomor kloter, dan nomor paspor.

Kabid Bidang Haji Khusus, Cecep Nursamsi, menambahkan, dalam visa yg diberikan untuk haji non kuota tidak terdapat forum penyelenggara ibadah haji.

Haji non kuota biasanya diorganisir beberapa orang yg mempunyai kenalan orang Indonesia yg sudah usang tinggal di Arab Saudi, untuk booking hotel di Madinah dan Makkah. Mereka juga punya kolega yg sanggup mendapatkan visa haji di Kedubes Arab Saudi.

Seperti trend haji tahun lalu, jamaah non kuota tidak mempunyai maktab selama di Arafah.
Menurut Abdullah, jamaah non kuota ini sangat berpotensi terlantar sebab penyelenggaranya tidak diketahui kementerian agama. Keliru satu langkah preventif yg dilakukan PPIH ialah dengan melaksanakan pengawasan dan pendataan terhadap penyelengara, semoga Saat jamaah terlantar, Kemenag tahu siapa yg bertanggung jawab. "Mereka kan juga saudara sebangsa juga," katanya

Alih-alih membatasi kurang dari seperseribu dari jumlah penduduk Indonesia, pemerintah Arab Saudi justru mempunyai kebijakan mengeluarkan calling visa melalui kedutaan besar yg berada di masing-masing negara. Dengan calling visa ini, setiap individu atau kelompok sanggup melaksanakan haji. Namun kelompok ini tidak tercatat atau datanya tidak utama masuk ke dalam Siskohat. Inilah kelompok yg disebut dengan jemaah haji non kuota, bahkan jumlahnya sanggup hingga ribuan.

Di Indonesia, jemaah haji non kuota ini menjadi perbincangan serius. Karena dengan menggunakan calling visa banyak sekali masalah selalu timbul belakangan ini. mulai dari kegagalan berangkat hingga keterlantaran mereka di Tanah Suci. Bahkan pemerintah Indonesia pun menilai bahwa haji non kuota telah mengganggu sistem perhajian Indonesia.

Betapa tidak, daftar tunggu yg begitu panjang untuk pergi haji, memicu calon jamaah untuk sanggup segera berangkat haji. Sementara dengan calling visa mereka tidak perlu menunggu begitu lama. Kontan saja, berapa pun biayanya, bahkan hingga puluhan dan ratusan juta sekalipun tak menjadi halangan bagi mereka yg sudah sangat ingin melaksanakan haji tahun itu juga. Padahal mereka bulum mendapatkan kepastian mengenai kapan berangkat, penempatan di Tanah Suci, hingga pemulangan ke Tanah Air. Berbeda dengan haji khusus (haji plus) atau regular yg mendapatkan jaminan dan perlindungan. Di satu sisi jemaah non kuota menjadi duri dalam regulasi, namun dua tahun terakhir ini semakin banyak haji non kuota yg beredar. Sehingga menjadikan info bahwa ada broker visa di Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia. Benarkah (?) Finally, Jalur non kuota bukanlah alternatif untuk haji Anda!

Kaprikornus Jika ingin melaksanakan haji bersabarlah mengantri, Saat ini haji plus antri 3 tahun dan haji reguler 11 tahun.

Daftar Haji/ Caranya Praktis Daftar Haji ONH Plus


Nah mulai sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi sebab Cheria Travel menunjukkan trik Mudah daftar umroh 2017 untuk anda semua yg ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Cheria Travel memang menunjukkan fasilitas dalam daftar umroh 2017 bukan?

Untuk mendapatkan info lebih rinci mengenai Caranya Praktis Daftar Umroh 2017 / Haji Plus ONH, silahkan hubungi saya.

Salam +Cheria Halal Wisata Tour Travel, Jika berminat hubungi segera cs saya.

Posting Komentar untuk "Mewaspadai Jalur Haji Non Kuota Di Indonesia"