Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

 Tanaman pisang kipas yaitu flora pohon yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

 Tanaman pisang kipas yaitu flora pohon yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)

 Tanaman pisang kipas yaitu flora pohon yang sering kita jumpai disekitar kita Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)
Tanaman Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)



Deskripsi  Tanaman Pisang Kipas

Tanaman pisang kipas yaitu flora pohon yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman pisang kipas ini biasanya ditemukan di halaman depan rumah, pekarangan dan tempat lainnya. Nama latin flora pisang kipas adalah Ravenala Madagascariensis Sonn. Sedangkan dalam bahasa Inggris flora pisang kipas ini mempunyai nama  Traveler's Tree. Nama ilmiah Ravenala berasal dari Malagasi ravinala yang berarti "daun hutan". Menurut sejarah asal undangan flora pisang kipas diperkirakan dari kawasan Madagaskar. Persebaran flora pisang kipas ini tersebar Madagaskar - Afrika dan di seluruh kawasan tropis. Ciri-ciri flora pisang kipas ini mempunyai daun  tersusun rapi yang mana ibarat dengan kipas. Fungsi dan kegunaan flora pisang kipas ini bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai flora ornamen pada taman atau flora hias. Namun yang tidak kita tahu ternyata flora pisang kipas ini juga mempunyai manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan banyak sekali macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Pisang Kipas

Indonesia : Pisang Kipas
Perancis : Arbre du voyageur 
Polandia : Palmeira do viajante 
Spanyol : Árbol del viajero 

Klasifikasi Tanaman Pisang Kipas

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Commelinidae
Ordo: Zingiberales
Famili: Musaceae
Genus: Revenala
Spesies: Revenala madagascariensis Sonn

Anatomi dan Morfologi Tanaman Pisang Kipas

Tanaman pisang kipas merupakan salah satu jenis flora dari keluarga flora pisang-pisangan (Musaceae). Tanaman pisang kipas ini flora hijau infinit (evergreen). Bentuk flora pisang kipas ini ibarat flora palem. Tanaman ini mempunyai daun yang terbuka, berbentuk ibarat kipas; biasanya tumbuh 9-30 m. Batang flora pisang kipas berbentuk silindris sanggup soliter, atau bercabang di pangkalan. Tanaman pisang kipas ini menghasilkan daun besar ibarat pisang yang masing-masing sanggup mempunyai panjang 2,5 - 4 meter dan lebar 80 - 150 cm di atas tangkai tangkai yang panjangnya 3-6 meter. Tanaman pisang kipas daunnya tersusun dalam bentuk kipas berjumlah 20 atau lebih daun.  Bunga flora pisang kipas berukuran kecil dengan warna putih pucat berbentuk ibarat kapal, berukuran sekitar 30 cm. Buah flora pisang kipas berwarna coklat, berkayu, berbentuk kapsul 3 lobed. Bijinya banyak, berwarna hitam, tertutup tipis dengan warna biru mengkilap dan berbulu. Cara berkembang biak flora pisang kipas ini dengan semai biji dan sanggup juga lewat tunasnya.

Bagian Tanaman Pisang Kipas Yang Digunakan

Biji

Kandungan Tanaman Pisang Kipas

Biji flora pisang kipas mengadung asam lemak, asam oleat dan asam palmitat ). Analisis fraksi sterol minyak biji mengungkapkan 7 sterol, terutama β-sitosterol, sedangkan 12 sterol telah diisolasi dari minyak arils, terutama stigmasterol (, 24-methyl-5α-cholest-7- en-3-β-ol, α-spinasterol  dan Δ-7-avenasterol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Pisang Kipas Untuk Kesehatan

  1. Biji flora pisang kipas sanggup dimakan.
  2. Minyak biji pisang kipas terkadang dipakai untuk memasak.
  3. Minyak yang berasal dari biji flora pisang kipas dipakai sebagai obat antiseptik.
Catatan

Konsumsilah herba flora pisang kipas ini dengan bijak dan sesuai takaran. Ibu hamil dan menyusui tidak dianjukan untuk mengkonsumsi herba flora ini.

Posting Komentar untuk "Manfaat Pisang Kipas (Ravenala Madagascariensis Sonn)"