Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)

Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv) - Sebuah amalan dan baik digunakan dalam kehidupan sehari-hari DIGDOYO, blog ini memang khusus membuat berbagai macam artikel tentang ilmu Ajian, olah kanuragan yang bisa kalian pelajari langsung Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv), kami telah mempersiapkan informasi yang kalian butuhkan untuk menguasainya. Silahkan ambil informasi yang kalian butuhkan tentang: Artikel Tanaman, yang kami buat dan pelajari dengan penuh keikhlasan.

Judul:Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)
link:Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)
Artikel Menarik:

Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)

 Tanaman sangitan yaitu tumbuhan semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)
Tanaman Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)


Deskripsi Sangitan

Tanaman sangitan yaitu tumbuhan semak yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tumbuhan sangitan ini biasanya dijumpai di tempat persawahan, didekat sungai dan ladang. Nama latin tumbuhan sangitan adalah Sambucus Javanica Reinv. Sedangkan dalam bahasa Inggris tumbuhan sangitan ini mempunyai nama  Chinese Elder. Menurut sejarah asal seruan tumbuhan sangitan ini aslinya berasal dari Indonesia. Ciri-ciri tumbuhan sangitan ini tumbuhan kecil perdu dengan bunga yang berwarna putih agak krem. Fungsi dan kegunaan tumbuhan sangitan bagi sebagian masyarakat dipakai sebagai pakan ternak alasannya dianggap sebagai tumbuhan liar. Namun yang jarang kita tahu ternyata tumbuhan sangitan ini juga sanggup dipakai tumbuhan obat sangitan dalam penyembuhan aneka macam macam pernyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Sangitan

Melayu : Sangitan, Kelak Nasi
Aceh : Abur 
Bengkulu : Babalat
Sunda : Kerak Nasi
Jawa Tengah : Brobos Kebo
Maluku : Sanitan
Tidore : Halemaniri

Klasifikasi Tanaman Sangitan

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Dipsacales
Famili: Caprifoliaceae
Genus: Sambucus
Spesies: Sambucus javanica Reinw.Ex Bl

Anatomi dan Morfologi Sangitan

Tanaman sangitan merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga tumbuhan honeysuckle (Caprifoliaceae). Tanaman sangitan ini termasuk tumbuhan semak  tahunan. Pohon sangitan sanggup tumbuh dari 1- 3 m.  Tanaman sangitan mempunyai ranting saling berdesakan dan membentuk perdu, tampak unik bab daunnya. Daun sangitan ini daunnya berukuran 2–3 cm, dengan ujung meruncing menciptakan daunnya semakin sempit dan helaiannya menyerupai menutup. Bunga sangitan berwarna putih agak krem di pucuk tumbuhan sehingga kelihatan menonjol. Tanaman sangitan mempunyai bentuk mahkota bunga menyerupai bintang, pertumbuhannya mengarah ke atas dan sekilas menyerupai payung. Habitat sangitan biasanya tumbuh di hutan primer atau sekunder, pedoman sungai, padang rumput di ketinggian 300 - 2.600 mpdl. Budidaya sangitan ini dengan cara menyamai bijinya.

Bagian Tanaman Sangitan Yang Digunakan

Daun, batang, dan akar.

Kandungan Tanaman Sangitan

Kandungan tumbuhan sangitan pada bab daun, batang dan akar mengandung minyak esensial, asam ursolik, beta sitosterol, alfa amyrin palmitat, KNO, dan tanin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Sangitan Bagi Kesehatan
  1. Manfaat daun sangitan berguna dalam pengobatan sakit ginjal.
  2. Khasiat daun sangitan untuk mengobati sakit beri-beri.
  3. Akar tumbuhan sangitan dipakai dalam pengobatan bengkak dan memar, tulang patah, reumatik, pegal linu, dan sakit kuning.
  4. Tanaman sangitan bermanfaat untuk mengobati  keram, nyeri tulang, memar, kulit terbakar, bercak hitam di wajah, 
  5. Tanaman sangitan mempunyai kegunaan untuk menghaluskan kulit dan merangsang saraf.
Catatan 

Konsumsilah herbal  sangitan ini dengan bijak dan sesuai takaran. Ibu hamil dihentikan untuk mengkonsumsi tumbuhan herbal ini alasannya sanggup mengakibatkan maut pada janin.


Sampai disini Artikel tentang Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)

Semogga postingan Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv) bisa bermanfaat bagi kalian semua, dilain waktu kita akan membahas selain topik tentang Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv) yang lebih menarik lagi, dari saya ucapkan banyak terima kasih karena kalian telah membaca sampai habis postingan ini.

0 Response to "Manfaat Sangitan (Sambucus Javanica Reinv)"

Posting Komentar